Berita Wisata

Ingin berlibur ke pantai, cek ramalan cuaca akhir pekan ini

Ingin berlibur ke pantai, cek ramalan cuaca akhir pekan ini
Kapal tersebut membawa wisatawan ke Pulau Pahawang beberapa waktu lalu. Lampost.co/Putri Purnama

Bandar Lampung (Lampost.co) – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Laut Lampung menyatakan akhir pekan ini (14-15 Januari 2023) seluruh wisata bahari di Pesawaran aman untuk dikunjungi.

“Untuk gelombang di tempat wisata lepas pantai seperti Pulau Tegal Mas, Gigi Hiu Pahawang dan Kelumbayan diperkirakan terjadi gelombang ringan hingga sedang,” kata Prakiraan Cuaca Stasiun Kelautan BMKG Suci Eka W, Jumat, 13 Januari 2023.

Eka mengatakan untuk Pulau Pahawang, Tegal Mas, dan Pantai Marina, ombak diperkirakan rendah dengan ketinggian 0,5 hingga 1,25 meter dengan cuaca cerah dan mendung. Sementara itu, gelombang di Pulau Pahawang, Pantai Tanjung Setia, Teluk Kiluan dan Gigi Hiu Kelumbayan diperkirakan sedang dengan ketinggian 1,25 hingga 2,5 meter dengan hujan ringan l siang dan sore hari.

“Kategori ombak masih aman bagi wisatawan yang ingin berlibur ke pantai pada pekan ini,” ujarnya.

Sementara itu, berdasarkan analisis Badan Meteorologi BMKG Lampung, sebagian Lampung masih berpotensi hujan siang dan sore. Namun, untuk Bandar Lampung, cuaca diperkirakan cerah hingga akhir pekan.

“Berdasarkan analisis, masukan uap air dari wilayah Samudera Hindia ke wilayah Lampung tidak signifikan artinya tidak memberikan kontribusi dalam proses pembentukan awan hujan di wilayah Lampung. Namun terdapat pergeseran angin dan konvergensi yang juga memicu peningkatan pembentukan awan hujan di beberapa wilayah pada sore dan malam hari.” Pengelola data dan informasi stasiun cuaca BMKG, Rudi Harianto.

Berikut beberapa wilayah Lampung yang bisa turun hujan di akhir pekan:

Jum’at tanggal 13 Januari 2023 di wilayah Lampung bagian barat, tengah, selatan dan utara pada malam hari.

Sabtu, 14 Januari 2023 di wilayah Lampung Barat, Tengah dan Selatan pada sore dan malam hari.

Minggu, 15 Januari 2023 di wilayah barat dan selatan Lampung, pada sore dan malam hari.

Deni Zulniyadi

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button