Tempat Wisata

Tiket & Aktivitas Stone Garden Bandung Januari 2023

Harga tiket masuk Stone Garden Citatah: Rp 14.000 – Rp 300.000. Jam buka: 05.00 – 18.00 WIB. Nomor telepon : -. Alamat: Desa Gunung Masigit, Cipatat, Bandung Barat, Jawa Barat, Indonesia, 40554.

Obyek wisata berupa situs batu semakin populer sejak Stonehenge terkenal di Inggris. Ditambah beberapa tour di Indonesia yang membuat replika Stonehenge seperti Jogja dan Bandungan. Dan ternyata, tanpa harus membuat replikanya, Jawa Barat juga memiliki situs batunya sendiri Pemandian taman batu.

Kawasan wisata ini berupa daratan bebatuan yang tidak beraturan. Formasi batuan yang tidak beraturan ini justru terlihat indah dan membentuk taman alami. Selain Bandung Rock Garden, ada tempat wisata lain di kawasan yang sama, yakni Goa Pawon.

Baca: 49 Tempat Wisata di Bandung Lengkap

Biaya Masuk Bandung Rock Garden

Tiket masuk kawasan wisata ini sangat murah. Anda bisa mendapatkan harga tiket masuk hanya dengan membayar Rp 14.000. Jika pengunjung ingin berkemah, mereka juga akan dikenakan tarif khusus. Jumlahnya disesuaikan dengan durasi berkemah.

Biaya Masuk Bandung Rock Garden
Tiket masuk untuk wisatawan lokal Rp 14.000
Tiket Masuk Turis Internasional Rp 27.000
sebelum pernikahan Rp300.000
Pemodelan/Iklan Rp300.000
rekaman film Rp 18.000.000/proyek
Merekam klip video Rp7.000.000/proyek
tiket berkemah Rp 20.000
Karcis parkir kendaraan
Karcis parkir motor Rp5.000
tiket parkir Rp7.000
Tiket Taman Wisata Rp30.000
Tiket Parkir Bus Rp30.000
Karcis parkir motor Rp20.000/malam
tiket parkir Rp 15.000/malam

Baca: Tiket Masuk dan Aktivitas SANGHYANG HEULEUT Bandung Barat

Jam buka taman batu

Untuk berkunjung ke kawasan wisata ini Anda bisa memilih hari apa saja. Karena tempat wisata ini buka setiap hari. Buka dari jam 5 pagi sampai 6 sore.

jam buka
Setiap hari 05.00 – 18.00 WIB

Bagi yang ingin ke sini, berikut beberapa kegiatan wisata yang bisa dilakukan.

Nikmati hamparan formasi bebatuan yang menakjubkan

Bisa dikatakan Stone Garden Bandung merupakan objek wisata baru bagi masyarakat Jawa Barat dan sekitarnya. Pasalnya, tidak banyak atraksi bebatuan seperti ini. Jika ada, itu hanya replika. Sementara itu, bongkahan batu alam tentu saja lebih indah di sini.

Perbukitan adalah habitat monyet gunungKawasan wisata yang menjadi habitat monyet gunung. Foto Gmap – hendra prasaja

Batuan ini diperkirakan terbentuk sejak Miosen sekitar 20-30 juta tahun yang lalu. Daerah tersebut awalnya merupakan dasar laut dan batuan tersebut adalah terumbu karang. Dari sini dapat disimpulkan bahwa Bandung dulunya merupakan wilayah laut.

Yang kemudian menyingkir dan dihuni oleh manusia. Temuan di Gua Pawon yang terletak di bawah taman batu memberikan bukti yang jelas. Bukti tersebut berupa jejak-jejak kehidupan manusia di gua-gua yang berusia 9.500 tahun.

Baca: HUTAN PINUS CIKOLE Pal 16 Tiket Masuk dan Kegiatannya

Kawasan wisata ini memiliki luas kurang lebih 2 hektar. Alat-alat manusia prasejarah banyak ditemukan di daerah ini. Alat-alat yang ditemukan merupakan alat-alat kehidupan sehari-hari.

Stone Garden sendiri merupakan gunung kapur, meski dulunya merupakan dasar laut. Di sini pengunjung dapat belajar tentang penggalian batu kapur di daerah tersebut. Dari atas, pengunjung bisa mengamati perpaduan warna putih perbukitan kapur dengan hijaunya pepohonan.

Keunikan dari berbagai jenis batuan

Hamparan bebatuan Stone Garden CitatahLuasnya bebatuan di sekitar wisata. Foto: Gmap/syaiful anwar

Menurut praktisi pendidikan dan budaya Jepang Chisaki Baba, taman batu harus dilestarikan. Pasalnya, tempat wisata ini unik dan menakjubkan. Yang membuatnya unik adalah karst atau bebatuannya

Chisaki menjelaskan bahwa karst di sini harus dilindungi. Keberadaan unik ini hanya ada di Indonesia. Padahal, benua lain seperti Eropa dan Amerika tidak ada yang sebanding.

Baca: Tiket Masuk PUNCAK BINTANG Bandung & 6 Atraksi

Gua Pawon juga tidak kalah menakjubkan

Gua Citatah Kebun Batu PawonPengunjung yang datang ke sini tidak boleh lupa untuk mengunjungi Gua Pawon yang tak kalah eksotiknya. Foto: Google Maps / Iona Carina

Masih dalam satu kawasan yang sama dengan kawasan wisata ini yaitu Gua Pawon. Gua Pawon sendiri terbentuk pada zaman dahulu. Sebelumnya, orang tua berfungsi sebagai tempat tinggal.

Lokasi Gua Pawon berada di bawah taman batu. Di Gua Pawon, pengunjung bisa melihat bukti peninggalan sejarah yang masih ada.

Baca: Tiket Masuk GREEN CANYON Pangandaran & Top 3 Aktivitas

Berkemah di taman batu

Pengunjung dapat merasakan pengalaman berkemah di Stone Garden. Nikmati keindahan jutaan bintang di langit malam. Serta udara sejuk yang terus menyelimuti kawasan ini di ketinggian 700 mdpl.

Selain itu, pengunjung juga bisa menyaksikan indahnya matahari terbit di pagi hari. Kilaunya seindah menyapu kabut pagi.

Saat senja tiba, pengunjung bisa menunggu matahari terbenam. Menyaksikan jingga mega perlahan berubah menjadi warna hitam malam.

Baca: Tiket Masuk MOKO BUKIT Bandung & 5 Aktivitas

Temukan foto dan video

Dua batu besar yang cocok dijadikan objek fotoDua batu besar yang cocok dijadikan objek foto. Foto Gmap – Alfianto Yustinova

Pemandangan indah ini menggoda beberapa pengunjung untuk mengambil foto dan video. Ada yang menjadikan tempat wisata ini sebagai tempat foto prewedding. Ada juga yang menjadikan kawasan perbukitan ini sebagai lokasi syuting.

Tidak dapat disangkal, karena objeknya indah dan saat kabut datang, terkesan misterius. Beberapa band lokal juga dijadikan lokasi video klip tersebut.

Lokasi taman batu bandung

Kawasan wisata ini terletak di Desa Girimulya, Desa Gunung Masigit, Kecamatan Cipatat, Bandung Barat. Dari pusat kota Bandung, objek wisata ini dapat ditempuh dalam waktu 1-2 jam perjalanan.

Source: travelspromo.com

Related Articles

Back to top button