Berita Wisata

Air terjun Madakaripura Probolinggo akan dibuka dalam waktu dekat

TIMESINDONESIA, PROBOLINGGO – Wisata Air Terjun Madakaripura di Desa Negororejo, Kecamatan Lumbang, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur masih ditutup. Karena cuaca yang semakin baik, pemerintah Kabupaten Probolinggo berencana akan mengoperasikan kembali tempat wisata alam tersebut dalam waktu dekat.

Pengelola Destinasi Wisata Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Probolinggo, Musa mengatakan sejumlah kepala daerah telah berkunjung ke lokasi wisata tersebut. Dalam waktu dekat, pemerintah akan menggelar rapat koordinasi terkait rencana pembukaan kembali wisata air terjun Madakaripura.

Iklan

Rapat koordinasi dijadwalkan minggu depan. Tentunya, kata dia, selain membahas rencana pembukaan wisata, ada beberapa hal penting lain yang juga perlu dikoordinasikan dan dipersiapkan sebelum aksi dibuka. Terutama dalam hal persiapan keselamatan pengunjung.

Rencana dibukanya kembali air terjun tertinggi di Pulau Jawa itu karena cuaca mulai sejuk. Namun, penyusunan strategi pengamanan ke depan harus lebih matang. Agar tidak ada lagi korban.

“Harus lebih banyak koordinasi antara Pemkab Probolinggo dengan Perhutani nanti. Karena itu perlu koordinasi yang matang agar saat dibuka nanti tidak terjadi lagi hal yang tidak diinginkan,” ujarnya, Sabtu (14/1/2023).

Jika nanti cuaca memburuk, lanjutnya, pihaknya pasti akan tutup. Sebab, kondisi iklim ekstrem yang tidak menentu tak boleh menyisakan duka bagi para wisatawan. Karena itu, sebagai antisipasi bersama, kunjungan harus ditutup.


“Kalau nanti cuaca memburuk, harus ditutup. Karena kita tidak mengharapkan hal yang tidak diinginkan. Begitu juga untuk pembukaannya, kita juga harus benar-benar mempersiapkan diri, termasuk rambu-rambu dan satpam yang ada di tempat. membuat pengunjung merasa aman saat berwisata,” jelasnya.

Sebelumnya, seorang turis asal Surabaya meninggal saat mandi di bawah air terjun saat berkunjung ke Air Terjun Madakaripura. Korban meninggal dunia setelah kepalanya tertimpa batu dari tebing yang dialiri air putih pada Rabu (14/12/2022) lalu.

Akibat kecelakaan itu, objek wisata Air Terjun Madakaripura terpaksa ditutup sementara.

Tidak butuh waktu lama wisata tersebut dibuka kembali, tepatnya menjelang akhir tahun 2022. Namun pembukaan wisata tersebut tidak berlangsung lama, setelah BMKG merilis potensi kondisi cuaca ekstrem di sejumlah daerah di Jawa Timur. . . Sehingga objek wisata air terjun Madakaripura sampai saat ini harus ditutup kembali.

**) Ikuti berita terbaru KALI Indonesia di dalam berita Google

Klik link ini dan jangan lupa follow.

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button