Berita Wisata

Pesona Pantai Ammani Pinrang, perpaduan antara keindahan pantai dan persawahan

Jakarta

Pantai Ammani Pinrang atau Pantai Harapan Ammani merupakan salah satu tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi di Kabupaten Pinrang, Sulawesi Selatan. Pantai ini menawarkan pemandangan alam yang indah dan kombinasi pemandangan pantai dan sawah.

Kabupaten Pinrang terletak 185 km sebelah utara kota Makassar. Berbatasan dengan Kabupaten Polewali Mandar, Tana Toraja, Enrekang dan Pare-Pare.

Kabupaten ini memiliki berbagai tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi. Mulai dari wisata pantai, wisata gunung, wisata budaya hingga wisata minat khusus.

Salah satu tempat wisata yang paling populer di Bumi Lasinrang adalah mengunjungi Pantai Harapan Ammani. Apalagi di akhir pekan, tempat ini selalu ramai dikunjungi orang maupun wisatawan dari luar daerah.

Di tempat ini pengunjung bisa menikmati aneka kuliner masakan seafood sambil menikmati pemandangan laut yang indah, oleh karena itu lokasi Pantai Ammani Pinrang sangat cocok untuk wisata keluarga.

Panorama alam yang indah

Pantai Harapan Ammani menawarkan nuansa liburan yang cukup lengkap. Selain menjadi tempat yang menawarkan pemandangan alam yang memukau, tempat wisata ini juga menawarkan tempat kuliner.

Pemandangan alam yang disajikan berupa hamparan pantai dan laut yang luas dan tenang. Airnya jernih dan biru, cocok untuk bersantai.

Di sisi lain, terdapat hamparan sawah yang hijau dan alami. Pengunjung juga bisa menikmati dua pemandangan alam yang menakjubkan di satu tempat.

Pantai Ammani PinrangPantai Ammani Pinrang (Foto: pinrkab.go.id)

Di tempat ini juga terdapat berbagai tempat menarik untuk berfoto dan berfoto.selfie senang. Cocok untuk menghasilkan foto yang instagenic untuk dibagikan di media sosial.

Saat senja, panorama alam lain akan hadir di ufuk barat. Matahari yang kembali ke sarangnya akan menyuguhkan tontonan alam yang anggun dan mempesona.

Semburat jingga langsung memenuhi langit Pinrang. Pemandangan matahari terbenam di tempat ini tidak kalah dengan pantai-pantai lain di sekitarnya.

Sayangnya, satu hal yang kurang dari tempat ini adalah kebersihan pantainya yang masih kurang terjaga. Sampah masih berserakan dimana-mana.

Masih banyak pengunjung yang membuang sampah sembarangan. Diharapkan ke depannya pihak pengelola setempat dapat lebih memperhatikan kawasan yang memiliki potensi wisata yang luar biasa ini.

Kawasan wisata kuliner di pinggir pantai

Salah satu yang paling digemari di Pantai Harapan Ammani Pinrang adalah tempat nongkrong kuliner yang lengkap. Di sini terdapat puluhan gazebo dan warung makan yang menyajikan berbagai menu kuliner.

Menu yang paling banyak tentunya adalah aneka hidangan seafood seperti ikan bakar, udang, kepiting dan berbagai jenis seafood lainnya, untuk menu minuman ada es krim kelapa muda yang segar dan nikmat.

Dari segi rasa, menu yang berbeda di tempat ini cukup enak. Ikan segar dan bahan makanan laut disiapkan di tempat.

Harga yang ditawarkan juga cukup terjangkau. Dari Rp 15.000 saja. Selain itu, ada juga menu paket mulai dari Rp250.000 hingga Rp400 untuk 7 hingga 15 orang.

Di setiap gazebo juga terdapat tempat karaoke yang bisa digunakan pengunjung. Namun karena hal tersebut, tidak jarang pengunjung lain terganggu dengan banyaknya sound system yang keras di berbagai gardu pandang.

Berbagai wahana dan fasilitas lainnya

Kawasan Pantai Harapan Ammani Pinrang juga menawarkan sejumlah fasilitas yang bisa dimanfaatkan. Hal ini tentunya untuk mengedepankan kepuasan dan kenyamanan pengunjung.

Berbagai wahana tersebut antara lain ATV, Banana Boat, Ban Float, Jet Ski, dan lain-lain. Wahana ini bisa disewa pengunjung dengan harga terjangkau mulai dari Rp 25.000.

Jika ingin bermain air, pengunjung juga bisa berenang di pantai. Ombak yang tenang cukup ramah anak dan keluarga. Meski begitu, Anda tetap perlu memperhatikan keselamatan dan saat ombak sedang tinggi setiap saat.

Selain itu, fasilitas umum lainnya yang tersedia antara lain mushola, gazebo, dan toilet. Semua fasilitas tersebut dapat dinikmati secara gratis oleh setiap pengunjung yang datang.

Bagi pengunjung yang ingin bermalam dan menikmati liburan lebih lama, tempat ini juga menawarkan vila dan hotel di sekitar pantai. Harga yang ditawarkan juga terjangkau.

Untuk akomodasi di sekitar pantai, harganya berkisar antara Rp250.000 hingga Rp500.000 per malam. Fasilitas yang disediakan juga cukup lengkap seperti AC, kamar mandi, dan kasur.

Lokasi, rute dan tiket masuk Pantai Ammani

Bagi yang ingin berkunjung ke Pantai Harapan Ammani Pinrang, lokasinya ada di Desa Mattiro Tasi, Kecamatan Mattior Sompe, Kabupaten Pinrang. Jaraknya sekitar 27 kilometer dari pusat kota Pinrang.

Akses dan rute menuju pantai ini cukup mudah. Dari pusat kota Pinrang, pengunjung bisa menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat. Jaraknya sekitar 40 menit dengan mobil. Agar lebih mudah, pengunjung bisa menggunakan GPS penunjuk arah di smartphone.

Pantai ini buka setiap hari selama 24 jam. Bahkan pengunjung bisa bermalam di berbagai hostel yang ada di tempat ini.

Harga tiket masuknya tetap gratis. Pengunjung cukup membayar biaya parkir sebesar Rp 15.000 untuk mobil.

Demikian sedikit ulasan tentang Pantai Ammani Pinrang. Tertarik untuk berkunjung?

Simak video “Bersantai sambil menikmati senja di Pantai Pangandaran”
[Gambas:Video 20detik]
(edr/alk)

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button