Tempat Wisata

Bukit Menoreh, destinasi wisata alam sarat nilai sejarah di Kulon Progo

harga tiket: Rp5.000 Waktu aktif: 24 jam, Alamat: daerah. Kulon Progo, DI Yogyakarta; Bahan pengikat: pemeriksaan situs

Ada banyak objek wisata menarik di Yogyakarta, khususnya di kabupaten Kulon Progo. Salah satu yang wajib Anda kunjungi adalah Bukit Menoreh di Kulon Progo dengan keindahan alam yang mempesona. Pepohonan rindang dan semak belukar tampak menghiasi kawasan ini. Belum lagi keberadaan berbagai jenis hewan, terutama burung dengan suara jeritan.

Keistimewaan Perbukitan Menoreh terlihat dari banyaknya wisatawan yang mengunjunginya, terutama pada saat liburan. Lokasinya yang jauh dari kota membuat suasana sejuk dan menyenangkan. Pepohonan rindang di sepanjang pinggir jalan tidak hanya berfungsi sebagai tempat berteduh, tetapi juga menyerap polusi udara. Begitu melangkah ke atas bukit ini, sudah pasti penat dan penat Anda akan hilang untuk sementara.

Bukit Menoreh memiliki banyak destinasi wisata. Beberapa yang paling terkenal adalah Puncak Suroloyo, Air Terjun Kedung Pedut, Tumpeng Menoreh dan masih banyak lagi. Pada waktu-waktu tertentu juga ada atraksi budaya yang disuguhkan oleh seniman lokal, yang bisa menjadi salah satu hiburan bagi wisatawan.

Daya tarik Bukit Menoreh

Objek wisata Bukit MenorehSumber gambar: Google Maps Kristanti Merdian

Anda tentu setuju bahwa setiap tempat wisata pasti memiliki daya tarik tersendiri. Begitu juga Bukit Menoreh yang setiap harinya banyak dikunjungi wisatawan domestik maupun mancanegara. Dari sekian banyak pesona memikat, inilah yang paling menonjol!

1. Keindahan alam Bukit Menoreh

Banyak wisatawan yang terpesona dengan keindahan alamnya. Dikenal juga dengan Pegunungan Menoreh, bukit ini pasti akan menenangkan dan menghibur hati Anda. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, berbagai jenis pohon tumbuh subur di kawasan ini. Semak dan tanaman dengan bunga yang indah juga tumbuh dan juga menghiasi sekitarnya.

Sejauh mata memandang, hamparan perbukitan hijau terlihat sangat jelas. Kontur tanah yang tidak rata juga menambah keindahan. Meski berada di atas ketinggian, Anda juga bisa melihat keindahan sungai, gua, dan tebing yang selalu menghiasinya. Spesies hewan yang mungkin Anda jumpai di Bukit Menoreh antara lain biawak, landak, monyet, dan elang jawa.

2. Benteng Pangeran Diponegoro

Dengan kontur medan yang sebagian menanjak dan terjal, kawasan ini sangat cocok sebagai tempat pertahanan. Begitu pula Pangeran Diponegoro dalam melawan penjajah Belanda. Dia dan pasukannya membangun pertahanan yang tidak bisa ditembus musuh saat itu.

Bersamaan dengan itu, Pangeran Diponegoro menyusun strategi untuk mengalahkan musuh. Atraksi ini mungkin tidak terlalu istimewa bagi Anda yang tidak terlalu menghargai nilai sejarah. Namun jika sebaliknya, Anda dapat melihat dengan jelas bagaimana puncak bukit dapat digunakan sebagai benteng pertahanan.

3. Beragam atraksi seru dan lengkap

Alasan utama kenapa banyak wisatawan yang rela menghabiskan waktu seharian mengunjungi Bukit Menoreh adalah karena banyaknya wisata yang seru. Puncak Suroloyo merupakan salah satu yang hits dan terpopuler. Bagaimana tidak, dari puncak ini Anda bisa melihat deretan gundukan yang menyerupai patung Buddha yang sedang tidur.

Konon, ada yang tak kalah indahnya, yaitu tumpeng gores. Dikatakan tumpeng karena terdapat gundukan yang mirip sekali dengan tumpeng, dengan bentuk mengerucut di bagian atasnya. Meski tidak bisa didaki, pengelola telah membangun tempat khusus di sebelahnya untuk menikmati keindahan Bukit Tumpeng.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Bukit MenorehSumber gambar: Twitter Kabar baik dari Indonesia

Untuk mengunjungi objek wisata populer ini, silahkan datang ke Desa Sidohajo, Kecamatan Samigaluh, Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta. Meski berada di kawasan perbukitan, tidak sulit menemukan tempat wisata tersebut. Perjalanan memakan waktu sekitar 50 menit dengan kendaraan bermotor. Waktu ini dibutuhkan untuk menempuh jarak sekitar 30 kilometer.

Perjalanan termudah menuju Bukit Menoreh adalah dari pusat kota Jogja. Anggap saja Anda sedang berada di Malioboro, arahkan kendaraan ke Jalan Magelang dan berakhir di Sidomulyo. Lanjutkan perjalanan ke Jalan Moh. Yusuf sampai ketemu Jalan Mayor Kusen. Tak jauh dari sana, silakan belok kiri menuju Jalan Sudirman, tepatnya setelah melewati Tugu Proklamasi Soekarno-Hatta.

Wahananya sudah dekat, lurus terus sampai di Jalan Raya Borobudur hingga sampai di pertigaan Jalan Diponegoro. Belok kanan, Anda seharusnya bisa melihat perbukitan yang indah dari titik ini. Lurus terus dan perhatikan rambu-rambu yang ada di sekitar jalan raya hingga tiba di objek wisata.

Biaya masuk ke objek wisata

Tiket Menoreh HillKredit foto: Google Maps IG Widie

Untuk destinasi wisata alam Bukit Menoreh yang mempesona di Kulon Progo ini anda tidak perlu mengeluarkan biaya yang mahal, anda hanya dikenakan tiket masuk 5.000 rupiah untuk hari aktif. Sedangkan untuk hari libur naik dua kali lipat menjadi 10.000 rupiah tepatnya.

Biaya lain yang harus dikeluarkan adalah parkir kendaraan. Tidak terlalu mahal dan masih memenuhi standar objek wisata. Ada biaya sewa tanah sebesar 5.000 rupiah untuk mobil dan 2.000 rupiah untuk sepeda motor.

Aktivitas menarik di Bukit Menoreh

Aktivitas di Bukit MenorehSumber gambar: Twitter khas jogja

Dengan luas lahan yang luas dan banyaknya objek wisata yang disediakan, tentunya banyak aktivitas menarik yang bisa dilakukan. Kegiatan wajib yang harus dilakukan oleh semua wisatawan yang berkunjung ke Bukit Menoreh adalah menikmati pemandangan dan keindahan alam. Selain itu, aktivitas ini sangat layak dilakukan di lokasi!

1. Tracking Mendaki Bukit yang Seru

Jalan apa pun yang Anda ambil sebagian besar curam. Tidak hanya saat Anda berkendara ke tempat parkir, tetapi juga saat Anda pergi ke alun-alun. Perjalanan yang terkadang turun membutuhkan kehati-hatian. Jika jarang, bersiaplah untuk terpeleset.

Namun, kendala bagi wisatawan tersebut seolah tak pernah ada. Semuanya seakan sirna dengan keindahan dan panorama alam yang diberikan. Perjalanan menjadi semakin seru ketika Anda berulang kali ditemani oleh berbagai suara binatang. Bahkan jika Anda beruntung, sekelompok monyet dapat terlihat dari jarak dekat.

2. Mengunjungi Puncak Suroloyo

Salah satu spot impian yang selalu ramai hingga saat ini adalah Puncak Suroloyo. Salah satu pesonanya sudah disebutkan, yaitu siluet Buddha tidur yang terlihat jelas dari puncaknya. Selain itu, ada hal lain yang tak kalah menarik dari segi panorama alam yang terlihat jelas dari salah satu spot wisata Bukit Menoreh.

Ini terdiri dari tiga titik atau titik pandang yang digunakan sebagai pertapaan. Setiap gardu pandang yang disebut juga gazebo ini menawarkan pemandangan alam yang berbeda. Salah satunya bisa melihat megahnya bangunan Candi Borobudur.

Di tempat lain menawarkan panorama alam empat gunung sekaligus, yakni Gunung Merapi, Merbabu, Gunung Sumbing, dan Gunung Sindoro. Sedangkan titik terakhir biasanya digunakan untuk menikmati panorama alam yang indah dari Pantai Glagah. Tentunya semua pemandangan terlihat jelas saat cuaca bagus, dalam arti cuaca cerah.

3. Kunjungan ke objek wisata Kalibiru

Usai menikmati pemandangan alam dari atas bukit, saatnya berpindah ke tempat lain jika masih ada waktu. Tempat yang selalu ramai dan tak kalah menarik di Bukit Menoreh Kulon Progo adalah wisata Kalibiru. Jangan tertipu oleh objek wisata ini, Anda tidak berada di sungai kecil atau sungai. Kalibiru juga merupakan salah satu tempat wisata yang berada di atas ketinggian.

Pengelola membangun beberapa view point untuk melihat panorama alam dari atas bukit yang indah ini. Pada titik ini Waduk Sermo dengan ciri khas tepiannya yang melengkung dapat terlihat dengan jelas. Waduk ini digunakan sebagai sarana utama untuk mengairi persawahan dan juga sebagai suplai air bagi masyarakat Jogja, khususnya Kulon Progo.

3. Cari spot foto dengan background alam

Kegiatan lain yang bisa dilakukan saat mengunjungi Bukit Menoreh adalah fotografi. Anda tentu tidak ingin meninggalkan aktivitas foto ini, begitu juga dengan semua wisatawan yang datang ke sini. Apalagi banyak spot cantik dengan pesona alamnya masing-masing.

Dari satu sudut Anda dapat memiliki gunung sebagai latar belakang. Di sisi lain, pemandangan alam berupa rimbunnya pepohonan di hutan belantara juga tak kalah menarik. Kontur perbukitan yang khas juga cocok sebagai latar untuk menghiasi setiap bidikan.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Objek wisata Bukit MenorehKredit foto: Google Maps aries san94

Fasilitas di kawasan Bukit Menoreh bisa dibilang cukup, bahkan lebih dari cukup. Seperti halnya tempat wisata lainnya, terdapat toilet yang bisa membersihkan sendiri. Ada juga mushola sebagai tempat ibadah yang terbuka untuk siapa saja kapan saja. Selain itu, lahan parkir yang luas merupakan fasilitas yang harus diperhatikan oleh pengelola.

Bagi Anda yang ingin merasakan kelezatan kuliner khas Jogja, tersedia banyak warung dengan harga menarik. Selain menunya, ada juga minuman yang wajib kamu nikmati seperti kopi, teh atau ginger ale. Karena banyaknya objek wisata yang tersedia, pihak pengelola juga menyediakan penginapan bagi mereka yang belum selesai berlibur.

Sungguh menakjubkan apa yang ditawarkan Bukit Menoreh di Kulon Progo. Lokasinya yang berupa perbukitan membutuhkan kondisi fisik yang baik dari setiap wisatawan selama perjalanan. Jadi pastikan Anda tetap sehat sebelum mengunjungi situs tersebut.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Back to top button