Berita Wisata

Inilah 5 tempat wisata di Aceh yang paling populer, mulai dari wisata sejarah, religi hingga wisata alam

JURNALACEH.COM- Destinasi wisata di ujung barat Indonesia alias Aceh ini memang didominasi oleh keindahan alam. Dan juga dihiasi laut biru yang indah, apalagi Aceh terletak di antara Samudera Hindia dan Selat Malaka.

Selain itu, Aceh juga terkenal dengan penerapan Syariat Islam di berbagai sektor, sehingga Aceh mendapat julukan Serambi Makkah.

Jika menengok ke belakang, Aceh pernah mengalami bencana dahsyat yang merenggut banyak nyawa pada tahun 2004, yaitu tsunami yang menyebabkan punahnya sektor pariwisata.

Baca Juga: Rekomendasi Tempat Wisata di Lampung, Paling Banyak Dikunjungi dan Cocok Banget untuk Penyembuhan

Saat ini, Aceh mulai bangkit kembali. Memang destinasi wisatanya semakin maju. Berikut JurnalAceh.com telah merangkum dari berbagai sumber 5 destinasi wisata yang wajib dikunjungi jika ke Aceh:

1. Masjid Raya Baiturrahman
Yang pertama mengenai wisata religi jelas mengunjungi Masjid Raya Baiturrahman yang sudah ada sejak tahun 1600-an.

Masjid Raya Baiturrahman Aceh dibangun pada masa pemerintahan Sultan Iskandar Muda, dengan tujuan sebagai pusat pengajaran ilmu agama. Masjid ini mampu menampung hingga 1900 jamaah, di luar masjid terdapat taman yang asri.

Baca juga: 5 Rekomendasi Wisata Kuliner Khas Cirebon yang Bikin Lidah Bergetar

Saat tsunami 2004 lalu, Masjid Raya Baiturrahman merupakan salah satu bangunan yang tetap berdiri kokoh dan digunakan sebagai tempat berlindung, sekaligus berlindung dari air.

Sejak dibangun, masjid kebanggaan masyarakat Aceh ini telah mengalami renovasi hingga 5 kali serta beberapa kali perluasan area. Dan tentunya lebih cantik.

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button