Tempat Wisata

Tiket CURUG DAGO Bandung & Beragam Aktivitas Januari 2023

Biaya masuk ke Air Terjun Dago: Rp 15.000. Jam buka: 08.00 – 17.00. Nomor telepon : -. Alamat: Jl. Dago Corner, Dago, Coblong, Bandung, Jawa Barat, Indonesia, 40135.

Air terjun merupakan tempat wisata yang sering berada di tempat terpencil, misalnya di hutan. Kapan Air Terjun Dago, padahal di bandung, lokasinya jadi pelosok. Butuh tenaga ekstra untuk bisa masuk ke air terjun.

Meski demikian, air terjun ini tetap tidak kehilangan pesonanya. Selain itu, pengunjung juga dapat mengakses objek wisata ini melalui berbagai jalan. Salah satunya dengan menyusuri jalan menuju kompleks Citra Green Dago.

Biaya masuk

Tiket masuk ke objek wisata ini sangat terjangkau. Namun, harganya berbeda untuk turis domestik dan mancanegara.

Biaya masuk ke air terjun Dago
tiket masuk Rp 15.000

Baca: Tiket Masuk dan Atraksi BANDUNG ZOO

Jam buka air terjun Dago

Tidak boleh terlambat untuk mengunjungi kawasan wisata air terjun ini. Karena di dalam hutan dan lumayan gelap sampai ke tempat parkir.

jam operasi
Setiap hari 08.00 – 17.00 WIB

Suasana kawasan air terjun Dago

kawasan wisata air terjun dagoPrasasti di dekat air terjun. Foto: Gmap/Irfan Rosdi

Dibandingkan air terjun lain di Jawa Barat, air terjun ini tergolong kecil. Ketinggian air terjun ini hanya sekitar 12 meter. Meskipun demikian, menuangkan air masih deras dan terlihat indah dipandang mata.

Alam yang masih alami sangat membantu untuk menghabiskan waktu di sekitar air terjun. Suara air terdengar sangat menyegarkan. Ditambah desis angin yang menerpa dedaunan.

Baca: Tiket Masuk TEBING KERATON Bandung dan Beragam Aktivitas Wisata

Di pinggir danau sudah dipagari untuk mencegah pengunjung terjun ke danau, apalagi berenang. Air terjun ini mengalir dan membelah dua tebing bebatuan. Dimana bebatuan di belakangnya juga terlihat berwarna hijau, menandakan lumut yang menutupinya sangat lebat.

Bangunan prasejarah

prasasti raja thailandPrasasti raja Thailand. Foto: Gmap/Ritchie Sebastian

Saat berkunjung ke Curug Dago, pengunjung akan menjumpai dua buah saung berwarna merah. Bukan istal atau paviliun, tapi bangunan bersejarah. Yang telah ada selama ratusan tahun.

Gubuk pertama berisi prasasti batu oleh Raja Chulalongkorn (Rama V) dari Thailand tertanggal 19 Juni 1896. Gubuk ini dibuat saat kunjungan kedua Raja Rama V. Di dalamnya terdapat prasasti batu dan foto Raja Rama V.

Baca: Tiket Masuk dan Aktivitas Wisata Curug Maribaya

Di gubuk sebelah terdapat prasasti Raja Prajadhipok (Rama VII) bertanggal 12 Agustus 1929. Raja Rama VII datang ke kawasan air terjun ini untuk melihat prasasti Raja Rama V. Dan gubuk ini, seperti gubuk sebelumnya, dicat merah.

Trekking ke air terjun

jalan menuju air terjunTaman bermain di Curug Dago. Foto: Gmap/Iden Wildensyah

Pengunjung wajib melakukan trekking jika ingin mengunjungi Curug Dago. Jika Anda datang dengan mobil Anda harus turun sedikit lebih jauh dan berjalan melalui jalan kecil di tepi sawah. Jarak dari tempat parkir ke loket tiket kira-kira 250 meter.

Kemudian pengunjung bisa turun ke bawah hingga menemukan papan bertuliskan “Curug Dago Prasasti”. Ada taman bermain mini di depan papan yang terlihat baru. Anak-anak bisa bermain di sini sebelum atau sesudah air terjun.

Baca: Tiket Masuk Taman Hutan Raya Juanda dan Aneka Kegiatan Wisata Alam

Untuk menuju air terjun, pengunjung harus menuruni anak tangga yang agak terjal. Tapi jangan khawatir, kondisinya bagus dengan pijakan beton dan pegangan tangan semen yang kuat. Tamasya ini terbayar ketika pengunjung tiba di air terjun yang alamnya masih sangat hijau.

Air terjun Dago yang tercemar

Meski menyimpan keindahan dan benda bersejarah, kini kondisinya tercemar. Penyebabnya adalah limbah rumah tangga yang mengalir ke sungai. Selain itu, kotoran ternak yang mengalir ke sungai mencemari air terjun.

Untuk itu, pengunjung dilarang berenang atau mandi di air terjun. Karena airnya bisa menyebabkan berbagai penyakit kulit. Airnya juga berwarna coklat tua, menandakan sudah tidak bersih lagi.

Sungai Cikapundung dialiri air terjun ini. Tentu saja, sungai juga semakin tercemar dan menjadi masalah lingkungan yang perlu diselesaikan. Bahkan, pengelola menemukan 30 tempat pembuangan sampah yang dialirkan langsung ke Curug Dago.

Baca: Tiket Masuk Dago Dream Park dan Aneka Wahananya

perabot

Berbeda dengan wisata air terjun lainnya, pengunjung tidak akan menemukan banyak fasilitas di sini. Jika berencana berlama-lama di sini, pengunjung bisa membawa perbekalan sendiri. Ada juga warung makan di sekitar area air terjun.

Lokasi Air Terjun Dago

Tempat wisata ini terletak di Jalan Dago Pojok, Dago, Kecamatan Coblong, Kota Bandung. Kawasan wisata air terjun ini berjarak 8 kilometer dari pusat kota Bandung. Dapat dicapai dalam waktu sekitar 30 menit dengan mobil.

Source: travelspromo.com

Related Articles

Back to top button