Tempat Wisata

Gunung Papandayan, Harga Tiket, Fasilitas, Atraksi, Aktivitas!

Gunung Papandayan – Surga Kota Garut! Kegiatan wisata yang jauh dari arus utama pasti menyenangkan. Karena Anda dapat mengharapkan banyak tantangan berbeda yang akan membuat perjalanan Anda semakin menyenangkan.

Anda harus segera mencoba melakukan berbagai jenis kegiatan wisata yang tentunya akan menjadi tantangan besar bagi Anda. Karena dengan begitu Anda akan memperoleh kepuasan tersendiri dari kegiatan wisata yang telah Anda lakukan. Dalam hal ini, kegiatan wisata di gunung tentu menjadi pilihan yang bisa Anda lakukan.

Bisa belajar lebih banyak tentang gunung akan membuat perjalanan yang Anda lakukan semakin menyenangkan.

Pintu masuk TWA PapandayanPintu masuk TWA Papandayan

informasi Umum

  • Alamat: Karamat Wangi, Cisurupan, Garut, Jawa Barat, Indonesia
  • Harga tiket masuk: Rp 20.000 – Rp 30.000
  • Jam buka: 07.00 – 17.00 WIB
  • Nomor telepon: 0262-2810036/0262-2810034

Lokasi Gunung Papandayan

Lokasi Gunung Papandayan sendiri berada diantara beberapa tempat wisata seperti PCG (Papandayan Camping Ground), Bukit Nangklak dan lain-lain.

Alamat TWA Gunung Papandayan berada di antara Desa Karamat Wangi dan Desa Sirnajaya, Kecamatan Cisurupan, Prefektur Garut.

Rute menuju TWA Gunung Papandayan

Wisatawan yang tertarik untuk berlibur di TWA Gunung Papandayan disarankan menggunakan kendaraan pribadi berupa mobil atau mobil. Karena selama ini belum tersedia jalur angkutan umum menuju tempat wisata populer di Garut ini.

Untuk itinerary anda harus melalui dari pusat kota Garut, menuju ke arah Cisurupan dan arah yang sama jika anda ingin pergi ke Pantai Santolo dan pantai lainnya di kawasan Garut Selatan.

Selama perjalanan kita akan melewati jalan penghubung yang bagus, namun karena berada di dataran tinggi maka jalan yang akan kita tempuh agak terjal. Jadi kendaraan yang Anda gunakan harus dalam kondisi first class.

Jam buka Taman Wisata Alam Gunung Papandayan

Bagi anda yang ingin ke sini bisa datang setiap hari dari senin sampai minggu, jam bukanya adalah :

  • Jam operasional sampai jam 5 sore
  • Buka 24 jam bagi yang ingin berkemah

Periksa juga: Talaga Bodas Garut

Biaya masuk ke Gunung Papandayan

Yang mau ke sini perlu menyiapkan tas untuk tiket masuk. Berikut adalah biaya untuk wisatawan yang ingin datang ke sini sesuai dengan wahana dan fasilitas untuk pengunjung lokal dan mancanegara.

tiket masuk
jenis tiket Harga
Hari biasa Liburan
Tiket masuk untuk wisatawan lokal Rp 20.000 Rp30.000
Tiket Masuk Turis Internasional Rp 200.000 Rp300.000
berkemah Rp35.000 Rp35.000
kendaraan roda 2 Rp 12.000 Rp 14.500
kendaraan roda 4 Rp 25.000 Rp30.000
kendaraan roda 6 Rp 110.000 Rp 125.000
sepeda Rp7.000 Rp9.000
Tiket Masuk Pelajar (Lokal) Rp 18.000 Rp 20.000
Terapi termal untuk orang dewasa Rp 20.000 Rp 25.000
Terapi air panas untuk anak-anak Rp 10.000 Rp 15.000
Parkir R2 mendaki/berkemah Rp5.000 Rp 15.000
Parkir R4 mendaki/berkemah Rp 10.000 Rp 25.000
Parkir R6 mendaki/berkemah Rp 15.000 Rp30.000

Fasilitas TWA Gunung Papandayan

Untuk melayani para pengunjung yang datang ke sini, pengelola tempat ini telah menyiapkan berbagai fasilitas pendukung di sekitar Taman Wisata Alam Gunung Papandayan dan bisa dikatakan sangat lengkap. Berikut beberapa fasilitas yang bisa Anda nikmati:

  • tempat parkir yang luas,
  • Toilet,
  • stand makanan dan minuman,
  • ruang sholat
  • Akomodasi,
  • menara observasi,
  • Paviliun,

daya tarik

Jika Anda ingin mengunjungi berbagai jenis gunung di Indonesia, ini adalah rencana yang cukup bagus. Karena itu berarti kamu adalah orang yang menyukai kegiatan anti mainstream dan kamu juga pasti menyukai kegiatan berpetualang.

Jika iya, maka Anda wajib datang ke kota Garut agar nantinya bisa menikmati keindahan Gn. Karena di Garut terdapat beberapa gunung salah satunya Gunung Papandayan.

Gunung Papandayan sendiri merupakan gunung yang cukup familiar bagi para pendaki karena di gunung ini Anda akan merasakan keindahan yang luar biasa. Dan tentunya ketika sudah sampai di gunung ini, nantinya Anda akan sangat puas dengan perjalanan panjang yang Anda tempuh untuk sampai ke sana.

aktivitas yang menyenangkan

Jika mau, tentu saja Anda bisa melakukan berbagai macam hal, yang pasti akan sangat menyenangkan. Berbagai kegiatan yang dapat dilakukan di Gunung Papandayan

1. Mendaki Gunung Papandayan

Mendaki Gunung Papandayan via Google Maps @Mamen CyclingMendaki Gunung Papandayan via Google Maps @Mamen Cycling

Salah satu hal yang menarik dan tentunya jauh dari mainstream untuk dilakukan di Gunung Papandayan adalah panjat tebing. Di sini Anda nantinya berkesempatan untuk melakukan pendakian santai, di mana Anda pasti bisa menikmati keindahan alam sekitar.

Dengan begitu, saat Anda mendaki, Anda mendapatkan kepuasan atas apa yang sudah Anda ketahui. Selama proses pendakian anda akan melihat berbagai hal seperti berikut ini :

  • Pemandangan indah
  • Sumber air bersih
  • Jalanan sangat mudah untuk Anda lewati
  • Pepohonan hijau di kejauhan sangat indah

2. Menjelajah Kawah Gunung Papandayan

Jika Anda berkesempatan mencapai puncak Gunung Papandayan, Anda bisa melihat kawahnya nanti.

Kawah tersebut merupakan hasil letusan gunung berapi aktif yang membentuk kawah yang dijadikan objek wisata.

Anda harus tahu bahwa Anda dapat menikmati pemandangan kawah dengan sangat nyaman. Anda bahkan bisa melakukan sendiri kegiatan seperti berikut ini di sekitar kawah gunung Papandayan, antara lain:

  1. Berfoto di area kawah
  2. melihat lebih dekat ke kawah
  3. Kawah aman untuk dikunjungi dalam situasi tertentu

3. Berkemah penuh kesenangan

Camping penuh keseruan via Google Maps Yulia AgnisCamping penuh keseruan via Google Maps Yulia Agnis

Salah satu hal yang harus dilakukan selanjutnya ketika sampai di Gunung Papandayan adalah berkemah. Di sana kamu bisa menikmati serunya camping yang pastinya akan membuat kamu dan teman-teman menikmati suasananya.

Memiliki suasana yang tenang dan kondisi lingkungan yang aman bagi Anda sebagai tempat perkemahan menjadi salah satu daya tarik dari mountain trekking yang satu ini.

Sehingga Anda bisa memanfaatkan kegiatan camping yang bisa Anda lakukan. Dimana nantinya anda akan berkesempatan untuk lebih dekat dengan teman-teman anda yang melakukan kegiatan camping bersama anda.

Dalam kegiatan berkemah yang dilakukan, Anda dapat melakukan kegiatan sebagai berikut:

  • Bakar kayu bakar bersama
  • Berkumpul dan bernyanyi
  • Mainkan permainan yang menyenangkan

4. Menyaksikan Balap Sepeda Trail Gunung Papandayan

Selain itu, tentunya Anda juga bisa menyaksikan balapan motor trail di Gunung Papandayan. Dengan jalur yang sangat menantang yang harus dilalui oleh setiap motor trail tentunya akan membuat anda terkagum-kagum.

Sehingga Anda dapat benar-benar menikmati pertunjukan sepeda trail yang Anda tonton. Dengan begitu, tentunya akan ada sensasi tersendiri yang bisa Anda dapatkan saat berkunjung ke kawasan wisata Gunung Garut.

5. Kunjungi Edelweißfeld

Mengunjungi Padang Edelweis melalui Google Maps Daniel HeryantoMengunjungi Padang Edelweis melalui Google Maps Daniel Heryanto

Selain itu, kegiatan yang pasti akan memberikan banyak kesenangan saat Anda melanjutkan perjalanan Gunung Papandayan adalah kunjungan ke Edelweißfeld. Di sana tentu saja Anda akan takjub dengan apa yang Anda lihat di Edelweißfeld.

Di sana nantinya Anda akan berdiri di tengah-tengah banyak pohon edelweis yang akan mekar indah pada musimnya. Ketika Anda datang ke sini Anda dapat melakukan berbagai hal seperti berikut:

  • Ambil foto di antara pohon bunga edelweiss
  • Temukan berbagai jenis pohon bunga edelweiss
  • Nikmati keindahan Edelweißwiese dengan tenang

6. Mengunjungi Hutan Mati Gunung Papandayan

Kunjungan ke Hutan Mati Gunung PapandayanKunjungan ke Hutan Mati Gunung Papandayan

Selain itu, salah satu hal menarik lainnya yang bisa Anda lakukan di Gunung Papandayan adalah mengunjungi hutan mati. Tempat ini disebut hutan mati karena pepohonan disana sebenarnya adalah pohon yang sudah kering dan mati.

Di sana kamu bisa mengambil foto yang sangat keren dengan latar belakang hutan mati. Tentu tidak bisa dipungkiri bahwa hasil foto akan sangat indah, karena hasil asli perpaduan alam yang serasi membawa keindahan pada foto Anda.

Ada juga danau yang sangat indah di Gunung Papandayan yang bisa Anda kunjungi jika ke sana. Anda dan teman-teman bisa jalan-jalan santai ke danau. Keindahan danau pasti akan membuat perjalanan Anda semakin menyenangkan.

Sehingga nantinya anda bisa benar-benar menikmati keindahan danau yang anda kunjungi. Anda bisa melakukan aktivitas foto di danau yang ada di Gunung Papandayaan sehingga menghasilkan foto yang sangat bagus.

7. Kolam renang

Kolam renang melalui iNewsKolam renang melalui iNews

Kegiatan seru yang bisa kita lakukan di TWA Papandayan adalah berenang di kolam air panas yang asyik. Lokasi kolam renang ini berada di dekat Taman Edelweis. Air kolam renang ini berasal langsung dari pegunungan.

Kolam renang ini tidak hanya untuk orang dewasa, anak-anak pasti senang bermain air di sini karena airnya tidak terlalu panas, juga udara di TWA Papandayan cukup dingin, jadi asyik sekali berenang di sini.

Ada dua kolam air panas yang bisa dinikmati wisatawan, yaitu kolam khusus dewasa dan juga kolam untuk anak-anak.

Karena sumber airnya dari pegunungan, maka kandungan belerang di dalam airnya cukup tinggi, sehingga sangat bermanfaat untuk mengobati penyakit kulit dan berbagai penyakit lainnya.

Bagi yang tidak berenang, pengunjung bisa bersantai sambil melihat rombongan di gazebo tepi kolam, bersantai, atau menikmati makanan yang kami bawa.

Bagi wisatawan yang berencana berenang di sini, jangan lupa membawa baju ganti. Pengalaman berenang di sini akan menjadi momen yang tak terlupakan karena kita diajak berenang di tempat yang nyaman.

Kunjungi juga: 22 Kolam Renang Paling Seru di Garut

8.Pondok Saladah

rumah saladrumah salad

Selain itu, kita juga bisa singgah di Pondok Saladah yang lokasinya berada di dekat Hutan Mati. Tempat ini juga menjadi tempat terbaik yang sayang untuk dilewatkan, terutama bagi pecinta alam yang suka berkemah. Guna menunjang kegiatan camping di sini, pihak pengelola telah menyediakan berbagai fasilitas penunjang di area camping, tersedia box dan toilet.

Di sekitar perkemahan ini juga terdapat ladang edelweis Tegal Alun, salah satu ladang edelweis terbesar di Indonesia. Di sini Anda memiliki pemandangan yang unik; hamparan edelweis yang sangat luas.

Menyimpulkan

Mungkin hanya itu yang bisa dikatakan tentang berbagai hal yang dapat dilakukan di Gunung Papandayan. Semoga bisa menjadi referensi menarik untuk mengisi waktu liburan Anda. Cari tahu tempat wisata kekinian lainnya di seluruh Indonesia dan luar Indonesia dengan terus mengunjungi Tempatwisataseru.com.

Source: tempatwisataseru.com

Related Articles

Back to top button