Tempat Wisata

Tiket, Lokasi & Atraksi PANTAI TANJUNG KELAYANG Januari 2023

Tiket masuk Pantai Tanjung Kelayang : Rp 8.000. Jam buka: 24 jam. Nomor telepon : -. Alamat : Desa Sinar Baru, Sungailiat, Bangka, Bangka Belitung, Indonesia, 33212.

Pantai Tanjung Kelayang salah satu dari sekian banyak deretan pantai istimewa di Bangka Belitung. Tak heran jika masuk dalam Kawasan Ekonomi Khusus (KEK). Kawasan pantai telah dikembangkan sebagai tempat wisata khusus, yang bahkan termasuk dalam 10 Bali Indonesia. Dengan pemandangan yang sangat indah khas pantai di negara tropis.

Pantai ini terletak di antara Jalan Karimata dan Jalan Gaspar. Lokasinya juga berada di depan pantai timur Sumatera yang menawarkan keindahan matahari terbit. Pasir putih dan laut biru menjadi daya tarik utama pantai ini. Belum lagi berbagai wahana dan hiburan yang lengkap.

Harga tiket masuk pantai Tanjung Kelayang

Berwisata di Pantai Tanjung Kelayang tidak akan menguras kantong Anda. Karena tiket masuknya sangat terjangkau, meski ada resor dan hotel mahal di dekatnya. Namun, pengunjung yang datang hanya untuk melihat-lihat tetap diperbolehkan dan hanya membayar tiket masuk.

Biaya masuk
tiket masuk Rp 8.000

Baca: TANJUNG HIGH BEACH Belitung Tiket & Beragam Aktivitas

Jam buka pantai Tanjung Kelayang

Tempat wisata ini buka sepanjang hari, wisatawan bisa menikmati pantai dari pagi hingga malam hari. Waktu yang tepat untuk menikmati pantai dan bersantai adalah pagi dan sore hari. Pada siang hari wisatawan bisa mencobanya lompat pulau di sekitar pantai.

jam operasi
Setiap hari 24 jam

Keindahan Pantai Tanjung Kelayang yang menakjubkan

Pantai Tanjung KelayangPantai Tanjung Kelayang. Foto: Gmap/Tjan Sanak Huma

Pantai Tanjung Kelayang memang pantas menyandang predikat pantai indah negeri tropis. Di sini wisatawan disuguhi pemandangan laut biru yang luas bersusun. Mulai dari biru kehijauan di pantai, biru muda dan biru tua di tengah lautan. Jika diperhatikan dengan seksama, airnya terlihat begitu jernih hingga dasar pantai terlihat jelas.

Kawasan pantai ini memiliki hamparan pasir putih yang sangat halus. Wisatawan dapat dengan nyaman berjalan tanpa alas kaki di atasnya. Butiran pasir halus membelai kaki Anda dengan lembut. Dan terasa hangat saat menginjak pasir yang kering.

Batu granit berbagai ukuran tersebar di sekitar pantai. Batuan coklat muda hingga hitam ini dikatakan telah ada selama 65 hingga 200 juta tahun. Seolah tak termakan usia, batu-batu ini berdiri kokoh melawan ombak. Bahkan, permukaannya terlihat mulus seolah tak pernah tergerus ombak yang setiap saat menerpa.

Baca: Tiket, Atraksi dan Fasilitas Pantai Parai Tenggiri Bangka

Temukan kesenangan dengan lompat pulau

Mercusuar di Pulau LengkuasMercusuar di Pulau Lengkuas. Foto: Gmap/Muhammad Iftor

Salah satu hal seru yang bisa dilakukan di Pantai Tanjung Kelayang adalah lompat pulau. Ini adalah kegiatan menjelajahi pulau-pulau kecil di sekitar pantai. Ada beberapa pulau yang bisa dikunjungi, salah satunya adalah Pulau Kepayang. Berbeda dengan Tanjung Kelayang, Pulau Kepayang tidak sepi dari bebatuan granit.

Di pulau ini wisatawan bisa berjemur, bersantai atau bermain pasir pantai. Selanjutnya Anda bisa menuju ke Pulau Lengkuas yang populer di kalangan banyak wisatawan. Di sini berdiri mercusuar setinggi 50 meter yang berusia ratusan tahun. Wisatawan bisa berfoto dengan latar belakang mercusuar.

Selain mercusuar, keunikan pulau Lengkuas adalah adanya kolam air alami di tengah pulau. Wisatawan bisa mencicipi segarnya air kolam ini. Selain itu, wisatawan bisa pergi ke Pulau Berlayar. Karena di sini terdapat batu yang bentuknya seperti layar kapal yang sedang dikencangkan.

Baca: Harga Tiket PANTAI Bangka MATRAS, Aktivitas dan Lokasi

Permainan air yang seru di pantai

Pantai Tanjung Kelayang memiliki karakteristik ombak yang tenang. Bersamaan dengan itu di pantai, airnya masih relatif dangkal. Tidak banyak bebatuan jadi mungkin lebih aman untuk berenang. Wisatawan tidak hanya bisa berenang di perairan dangkal, tetapi juga bermain pasir di pantai.

Jika menyukai sesuatu yang lebih seru, wisatawan bisa mencoba wahana jet ski. Dengan harga sekitar Rp 300.000 untuk sesi gaming.

Baca: Tiket Masuk dan Kegiatan Pantai Batu Bedaun Bangka

Pemandangan matahari terbit dan terbenam yang indah

Senja di Tanjung KelayangSenja di Tanjung Kelayang. Foto: Gmap/KL ENZO

Fajar dan senja adalah waktu yang tepat untuk bersantai di pantai. Karena saat ini matahari terbit dan terbenam. Wisatawan bisa duduk-duduk di pinggir pantai dengan atau tanpa alas duduk. Menghadap matahari dan menyaksikan detik-detik matahari muncul atau terbenam.

Bagi mereka yang menginap di resor atau hotel tepi pantai, mungkin lebih mudah untuk datang saat subuh saja. Jika tidak menginap, bisa langsung naik kapal, karena pantai buka 24 jam sehari. Langit yang awalnya gelap perlahan mulai terbelah dengan sinar matahari yang cerah. Diiringi kicauan burung pagi seakan menyambut terbitnya matahari.

Sore hari, wisatawan bisa bersantai setelah beraktivitas. Sambil menikmati kuliner di pinggir pantai dan menyaksikan sunset. Suasana menjadi tenang, angin panas berubah menjadi angin dingin, pertanda malam akan segera tiba.

Baca: PANTAI RAMBAK, Tiket & Atraksi Bangka

Lokasi kegiatan Sail Indonesia

Pada bulan Oktober, pantai ini menjadi tujuan kegiatan Sail Indonesia. Saat ini, kapal layar berlabuh di pantai ini. Suasana semakin hidup, pemandangan pantai semakin ramai dengan kapal layar unik ini. Menjadi pemandangan yang indah tersendiri dan ditunggu-tunggu oleh masyarakat maupun wisatawan.

Baca: PANTAI TUING Tiket Murah ke White Sands yang Menakjubkan

Sejarah Nama Pantai Tanjung Kelayang

Batu berbentuk kepala burungBatu berbentuk kepala burung. Foto: Gmap/Peter Koster

Penamaan pantai ini pun tidak sembarangan, bahkan ada cerita yang dipercaya oleh masyarakat setempat. Pantai seluas 324,4 hektar ini memiliki batu karang yang terlihat seperti kepala burung dari sudut tertentu. Dalam bahasa Belitung, kepala burung disebut “kelayang”. Hal inilah yang melatar belakangi penamaan pantai ini.

Cerita lain menyebutkan bahwa dahulu di kawasan pesisir ini banyak terdapat komodo. Atau orang lebih familiar dengan nama Schwalbe. Saking banyaknya burung, orang menyebutnya Pantai Tanjung Kelayang.

Fasilitas di Pantai Tanjung Kelayang

Obyek wisata ini sudah memiliki fasilitas umum yang cukup memadai seperti tempat parkir, toilet, dan mushola. Ada juga restoran, hotel, dan resor yang bisa disewa wisatawan. Dan kemudian ada ampiteater sebagai tempat pertunjukan yang sering berlangsung di pantai ini.

Lokasi pantai Tanjung Kelayang

Wisata Pantai Pasir Putih ini berlangsung di Keciput, Sijuk, Kepulauan Bangka Belitung. Jarak dari kota Tanjung Pandan sekitar 28 kilometer. Dengan waktu tempuh kurang lebih 30 menit dengan mobil.

Source: travelspromo.com

Related Articles

Back to top button