Tempat Wisata

Wisata Religi Paling Hits Mengisi Liburan!

Masjid Tiban Malang – Siapa yang belum pernah mendengar mitos tentang kejadian Masjid Tiban Malang dan asal-usulnya? Meskipun wisata religi yang berbasis di kabupaten Turen Malang banyak diperdebatkan bahwa Masjid Tiban Turen dibangun oleh sekelompok makhluk gaib yaitu Jin tanpa sepengetahuan warga setempat. Apakah itu benar?Tentu saja tidak.

informasi Umum

Alamat: Jln. Wakhid Hasyim vs Anggur No.10 Desa Sananrejo Kecamatan Turen Kabupaten Malang Jawa Timur
Biaya masuk: Gratis
jam operasi: 24 jam
peta: Peta Google

Masjid Tiban MalangMasjid Tiban Malang

Masjid ini ternyata adalah pesantren dengan nama Pesantren Salafiyyah Bihaaru Bahri Asali Fadlaailir Rahmah atau Bi Ba’a Fadlrah yang artinya lautan madu.

Pesantren ini dibangun oleh santri sekitar 250 orang yang didukung oleh warga setempat. Jadi masih percaya mitos bahwa Masjid Tiban dibangun oleh jin?

Pembangunan Masjid Tiban Turen Malang sebenarnya tidak seperti pembangunan bangunan pada umumnya, pembangunan Masjid Tiban dilakukan secara tertutup dan dibuka ketika hampir selesai sehingga masyarakat menyebutnya Masjid Tiban.

Lokasi dan Akses Wisata Masjid Tiban Malang

Masjid Tiban terletak di Jln. Wakhid Hasyim vs Anggur No.10, Desa Sananrejo, Kecamatan Turen, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Dari segi konektivitas jalan, Anda tidak perlu khawatir lagi karena akses jalan menuju Masjid Tiban sudah beraspal mulus meski agak jauh dari pusat Kota Malang.

Untuk rutenya, Anda bisa memulai perjalanan dari kota Malang atau dari Lawang ke kecamatan Turen. Saat Anda menjumpai pertigaan setelah sampai di Turen, Anda tinggal mengikuti petunjuk arah yang sudah diberikan di rambu Masjid Tiban.

Jika masih bingung maka bisa mengandalkan bantuan Google Maps karena lokasi Masjid Tiban sudah ditandai di Google Maps.

Harga tiket masuk Masjid Tiban Malang

Kabar baiknya, tiket masuk wisata Masjid Tiban ini gratis alias gratis. Sebagai pengunjung, Anda hanya membayar biaya parkir. Anda akan dipotong Rp 2.000 rupiah untuk sepeda motor dan sekitar Rp 5.000 untuk mobil.

Hanya dengan membayar biaya parkir anda bisa menikmati wisata Masjid Tiban sampai lelah. Anda juga bisa berbelanja di sini, karena pesantren juga sedang didirikan di sini. Jadi banyak tempat oleh-oleh, jajanan khas Malang dan masih banyak lagi.

Fasilitas Masjid Tiban Malang

Fasilitas yang bisa Anda temukan di objek wisata religi di Malang ini sangat lengkap, mulai dari kolam renang yang dilengkapi perahu kecil khusus untuk pengunjung anak-anak.

Selain itu juga terdapat beberapa hewan peliharaan seperti monyet, kelinci, ayam, rusa dan burung di fasilitas wisata Masjid Tiban. Tidak perlu khawatir dengan masalah toilet dan kamar mandi karena sudah disediakan di sini.

Masjid 10 lantai ini memiliki bagian tersendiri dengan fasilitas yang lengkap. Masjid ini kini tidak hanya digunakan sebagai tempat ibadah saja karena masyarakat dari luar kota Malang rela datang jauh-jauh untuk menikmati wisata religi karena berbagai fasilitas yang ada di dalamnya membuat masyarakat rela jauh-jauh untuk menikmatinya.

Berikut adalah gambaran umum dari setiap lantai dan fasilitas yang ada di dalamnya:

  • Lantai 1: tempat istirahat dan berdoa
  • lantai 2: counter, ruang istirahat, dapur dan ruang makan
  • lantai 3: mushola, kebun binatang mini, akuarium
  • lantai 4: tempat keluarga pengurus pondok pesantren
  • lantai 5: mushola
  • lantai 6: Ruang istirahat siswa
  • Lantai 7 & 8: Toko dan kios pesantren yang dikelola santri
  • lantai 9: ruangan dengan interior seperti lereng gunung
  • lantai 10: gua dan bagian atas ruangan dengan interior puncak gunung

Kunjungi juga: Air Terjun Coban Sewu Malang

Informasi tentang Masjid Tiban Malang

Berikut beberapa fakta tarian Masjid Tiban yang harus Anda ketahui:

1. Masjid ini dibangun sejak tahun 1978

Fakta pertama tentang Masjid Tiban Malang adalah proses pembangunannya dimulai pada tahun 1987.

Bangunan masjid yang memiliki 10 lantai ini berdiri begitu tinggi dan menjulang membuatnya begitu mewah dan megah. Dengan konsep yang matang dan landasan yang kokoh, mampu bertahan hingga saat ini.

2. Dibangun oleh Santri

Fatwa masjid ini selanjutnya adalah masjid ini didirikan oleh para santri, sehingga mitos yang berkembang bahwa masjid ini dibangun dalam waktu satu malam karena dibangun oleh jin menjadi terbantahkan.

Karena diketahui masyarakat setempat bahwa masjid ini dibangun oleh para santri Salafiyah Bihaaru Bahri Asali Fadlaailir Rahmah yang letaknya masih satu tempat dengan masjid.

3. Tidak ada desain gambar

Fakta selanjutnya yang harus Anda ketahui adalah masjid ini didesain tanpa gambar. Padahal, desain itu sendiri tidak akan ada tanpa campur tangan desainer interior dan eksterior. Desain bangunan masjid sendiri didapatkan dari mata batin yang didapatkan setelah melakukan sholat Istikharah.

4. Menyatukan konsep seni lintas budaya

Desain bangunan Masjid Tiban sendiri dibangun dengan memadukan konsep seni lintas budaya di dunia. Kita bisa melihat aksen ornamen dari Turki, Mesir, India, dan Rusia. Dengan kombinasi ini, dimungkinkan untuk membuat dekorasi, di dalam dan di luar ruangan, yang menarik perhatian.

5. Butuh Rp 800 miliar

Tidak tanggung-tanggung, masjid setinggi 10 lantai ini dibangun dengan biaya hingga 800 miliar, sungguh angka yang fantastis. Dana sebesar itu dibutuhkan untuk proses pembangunan dari awal hingga akhir.

6. Sumber Pendanaan

Bicara soal sumber dana 800 miliar, menurut salah satu pengurus Pondok Pesantren Bihaaru Bahri ‘Asali Fadlaailir Rahmah, KH Ahmad Hasan, dana pembangunan masjid ini berasal dari beberapa sumber dana pembangunan. Selain uang pribadinya, ada juga dana yang berasal dari sumbangan mahasiswa dan donatur.

Galeri foto

Potret ketinggian Masjid Tiban MalangPotret Masjid Tiban Malang dari ketinggian di atas Liputan6
Foto via Tribunnews.com
Potret Masjid Tiban Malang via Youtube
tempat foto
Foto melalui Tempo
Masjid 10 Lantai di Malang dia Diadona
Foto melalui Diarysivika
Matahari terbenam di Masjid Tiban di atas Detakkum
Masjid Tiban melalui Youtube

* * * * *

Nah gimana guys penasaran sama Masjid Tiban ini, ternyata bentuk bangunan dengan dominasi warna putih dan biru ini begitu mewah.

Selain jalan-jalan, kamu juga bisa belajar agama di sana gaes, dengan mengikuti berbagai kegiatan sebagai mahasiswa, baik kamu tinggal maupun tidak.

Tidak ada salahnya untuk mampir sejenak untuk melihat betapa megahnya bangunan Masjid Tiban yang konon pernah dibangun oleh kawanan Jin hanya dalam waktu satu malam, seperti Candi Roro Jonggrang yang banyak diperbincangkan para prajurit.

Jika Anda berencana untuk mampir, terutama bagi Anda yang menyukai seni fotografi, abadikan momen Anda karena terdapat ukiran-ukiran indah di setiap dinding masjid. Jangan lupa ajak teman, orang tersayang atau keluarga karena kalau sendirian kurang seru kalau kesini.

Kunjungi juga: Pantai Bajul Mati di Malang

Source: tempatwisataseru.com

Related Articles

Back to top button