Berita Wisata

Naiknya harga BBM, jumlah kunjungan wisatawan ke Taman Laut Carita

NONSTOPNEWS.ID – Kenaikan harga BBM pada awal September lalu terbukti sangat berpengaruh terhadap kunjungan wisatawan ke Pantai Carita Sea Park di Pandeglang, Banten.

Menurut Iwan (35), salah satu petugas yang membawahi wisata pantai yang dikelola Perum Perhutani, bahwa kenaikan harga BBM yang diumumkan langsung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) sangat mempengaruhi tingkat kunjungan wisata pantai. , yang terletak di pesisir Kecamatan Carita, Pandeglang, jumlah pengunjung cenderung menurun dan sepi.

“Sangat tenang, wadhunya sangat berpengaruh, biasanya bisa mencapai 500 hingga 1.000 pengunjung, kali ini tidak sebanyak itu,” katanya di sebuah tempat wisata, Minggu (25/9/2022).

Dibandingkan jumlah kunjungan wisata tepi laut ke Sea Park beberapa waktu lalu pasca hilangnya Covid-19, jumlah pengunjung Sea Park kali ini mengalami penurunan drastis, mencapai 70% kunjungan sebelum harga BBM. meningkat.

“Wah efeknya sangat besar, penurunan kunjungan wisatawan bisa sampai 70%, kalau paska covid banyak,” kata Iwan yang juga berasal dari daerah tersebut.

Senada dengan itu, Sani (60), seorang pedagang kecil yang menjual dagangannya di resor Carita Sea Parta, mengatakan keuntungannya dari produk perjalanannya juga menurun, alasannya karena sepi pengunjung.

Ibu setengah baya ini juga membandingkan biaya transportasi yang harus dikeluarkannya untuk sampai ke tempat wisata di pantai, tempat ia menjajakan dagangannya. “Ya, saya tinggal di sebelah Puskesmas di desa sebelah, jika saya datang ke sini di angkot, sebelum harga BBM naik, ongkosnya hanya Rp 5.000. Sekarang saya harus membayar dua kali lipat, Rp 10.000.” Dia komplain.

Ibu Sani kemudian mengatakan bahwa dia siap untuk menurunkan harga jual barang dagangan yang dia tawarkan kepada para pekemah Sea Park, meskipun dia mengakui keuntungannya tidak besar, yang penting barang dagangan yang terjual dapat memenuhi biaya pengembalian. pulang setelah selesai berdagang di tempat wisata.Pantai ini biasanya ramai pada hari libur nasional atau hari minggu seperti hari ini.

“Kami sudah syuting sejak pagi Pak, berapa banyak hal yang penting untuk kembali ke angkot, saat ini hanya Rp 5.000 kini berubah menjadi Rp 10.000,” katanya kepada Nonstopnews.id, Minggu siang, 25/9/2022. (Ali)

IKUTI BERITA LEBIH LANJUT DI BERITA GOOGLE

Source: nonstopnews.id

Related Articles

Back to top button