Tempat Wisata

Harga tiket, fasilitas, aktivitas seru, dll

Wisata Kawah Wurung Bondowoso – Jawa Timur memiliki keindahan alam yang menawan di sudut-sudutnya. Banyak daerah di Jawa Timur yang menjadi tujuan wisata seperti wisata di Malang, Lamongan, Batu dan lain sebagainya.

Salah satunya adalah Banyuwangi yang tidak mengenal kawasan bernama Sunrise Of Java ini. Mulai dari pantai-pantai cantik seperti Green Bay atau Teluk Ijo, Pulau Merah dan masih banyak lagi.

Banyuwangi tidak hanya memiliki pantai yang mempesona tetapi juga kawah gunung yang mempesona dilengkapi dengan keindahan Blue Fire yang hanya ada di dua tempat di dunia yaitu di Islandia dan tentunya di Kawah Ijen Banyuwangi.

Sedikit bergeser dari Kawah Ijen, ternyata selain lokasi Kawah Ijen juga terdapat kawah yang tidak kalah indahnya. Berbeda dengan kawah Ijen yang pada umumnya merupakan kawah belerang dimana-mana, kawah ini memiliki keindahan padang savana dengan bukit-bukit kecil di kanan kirinya, sebut saja kawah Wurung.

informasi Umum

Alamat: Desa Jampit, Kecamatan Sempol, Kegubernuran Bondowoso, Jawa Timur
Biaya masuk: 5.000IDR-50.000IDR
nomor telepon:-
jam operasi: 08.00 – 16.00 WIB
peta: Peta Google

Pesonanya yang cantik membuatnya mengintip Instagram.com @utamiipuriPesonanya yang cantik membuatnya mengintip Instagram.com @utamiipuri

Lokasi Kawah Wurung berada di perbatasan antara Banyuwangi dan Bondowoso. Pemandangan Kawah Wurung mirip dengan Sirah Kencong di Blitar.

Kawah Wurung dikatakan sebagai bagian dari Kawah Ijen, namun karena kawah ini tidak seaktif kawah pada umumnya, maka dinamakan Kawah Wurung. Cocok untuk Anda yang menyukai fotografi dan travelling.

Dijuluki Highland Paradise, wisata ini memiliki medan yang cukup sulit untuk menuju ke lokasi Kawah Wurung, jadi pastikan kendaraan Anda dalam kondisi prima jika memutuskan untuk mampir.

Sebelum Anda mencapai Kawah Wurung Anda juga akan menemui jalan menanjak dan bergelombang sepanjang 100 meter yang sering disebut dengan Rise of Love.

Ujung tanjakan adalah bukit berbentuk lingkaran yang biasa disebut Bukit Cincin. Nah, Bukit Ring ini mengelilingi Kawah Wurung.

Rute, lokasi dan harga tiket Kawah Wurung BondowosoRute, lokasi dan harga tiket Kawah Wurung Bondowoso

Rute dan lokasi Kawah Wurung Bondowoso

Secara administratif, Kawah Wurung terletak di Desa Jampit, Kecamatan Sempol, Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur. Dengan ketinggian 1500 mdpl, Kawah Wurung memiliki udara yang cukup sejuk, Anda pasti betah berada di sini.

Akses menuju Kawah Wurung terbilang mudah, hanya saja Anda harus melewati hutan berliku dan medan pegunungan. Saat berkunjung dengan kendaraan pribadi, pastikan kendaraan dalam kondisi baik. Karena begitu memasuki kawasan Sempolan, jalur yang ditempuh cukup menantang.

Rute menuju Kawah Wurung sebenarnya sama dengan rute menuju Kawah Ijen, namun jika Anda belum pernah ke Kawah Ijen, ikuti saja petunjuk di bawah ini.

  • Dari Bondowoso. Dari Bondowoso Anda bisa berkendara menuju Wonosari. Nanti akan bertemu pertigaan menuju Kawah Ijen dan menuju Situbondo, pilih saja arah menuju Kawah Ijen. Dibutuhkan sekitar 3 jam perjalanan menuju Desa Sempol dari pertigaan tersebut. Pemandangan berkendara yang mengiringi Anda adalah silih bergantinya perkebunan kopi dan pemukiman mirip perkebunan.
  • Dari Banyuwangi. Dari Banyuwangi, Anda bisa mengambil rute dari kota Banyuwangi kemudian menuju desa Licin. Setelah itu ambil arah menuju Kawah Paltuding-Wurung.
    Untuk memulai pendakian, ikuti saja jalur ilalang yang ada. Sekitar 15 menit Anda sudah bisa menikmati puncak dan pemandangan alam yang indah dengan jalur pendakian yang cukup mudah dan tidak terlalu terjal.

Perbukitan hijau Kawah Wurung di atas IjentamansaricomPerbukitan hijau Kawah Wurung di atas Ijentamansaricom

Harga Tiket Masuk Kawah Wurung Bondowoso

Tempat wisata di Kawah Wurung ini termasuk tiket masuk yang sangat murah. Anda hanya perlu merogoh kocek Rp 5.000 untuk pengangkut sepeda motor dan Rp 10.000 untuk yang membawa mobil. Sangat murah bukan? Jadi kalau singgah di Kawah Ijen, jangan lupa mampir ke Kawah Wurung juga.

Biaya masuk ke Kawah Wurung
Tiket Turis Domestik Rp5.000
Tiket wisata internasional Rp 20.000
sebelum pernikahan Rp300.000
aktivitas komersial Rp 1.500.000
ATV 30 menit Rp 50.000
tenda per malam Rp 50.000
Sepeda gunung setiap jam Rp 10.000
Karcis parkir kendaraan
tiket motor Rp 2.000
tiket mobil Rp4.000
Sebelas/tiket bus mini Rp 10.000
Tiket Penjemputan/Truk Rp 20.000

Kawah Wurung melalui Instagram.com @abrahamyusuffKawah Wurung melalui Instagram.com @abrahamyusuff

jam operasi

Tempat wisata alam di Bondowoso ini buka dari pagi hingga malam hari. Anda bisa datang ke sini setiap hari. Namun tentunya Anda harus memperhatikan kondisi cuaca saat datang ke sini.

Dalam kondisi cuaca hujan cukup sulit untuk tetap berada di jalan menuju lokasi. Kami menyarankan Anda untuk tidak datang ke sini saat hujan.

Tidak disarankan juga untuk datang ke kawah ini pada sore hari karena kita akan melewati daerah yang sangat sepi, terpencil, penerangan redup dan melintasi daerah pegunungan.

jam operasi
Setiap hari 08.00 – 16.00

Fasilitas yang tersedia

Fasilitas apa saja yang tersedia di lokasi ini? Untuk membuat pengunjung merasa nyaman selama berlibur di objek wisata kawah di Bondowoso, pihak pengelola telah menyiapkan fasilitas pendukung seperti toilet dan mushola.

Untuk tempat makan sendiri, warga sekitar sudah menyiapkan warung makan yang siap membantu perut keroncongan Anda.

Jangan lupa untuk membawa mantel atau payung juga, karena area ini merupakan area terbuka sehingga sulit mencari tempat berteduh.

Area padang rumput yang indah via Instagram.com @lliinndaaa_Area padang rumput yang indah via Instagram.com @lliinndaaa_

Kegiatan seru di Kawah Wurung

Beragam aktivitas seru bisa kita lakukan di kawah yang memiliki luas total sekitar 1000 hektar ini, namun hanya 100 hektar saja yang dijadikan sebagai pusat tujuan wisata.

Selain menikmati keindahan sabana yang membentuk kawasan yang luas dan memanjakan mata, masih banyak aktivitas seru lainnya yang bisa kita lakukan di sini.

Sekelompok hewan ternak mencari makanan di padang rumput hijau melalui Google Maps @13 EntertainmentSekelompok hewan ternak mencari makanan di padang rumput hijau melalui Google Maps @13 Entertainment

Bahkan, wisatawan terkadang ditemani sapi atau rusa yang bermain di padang rumput mencari makan. Untuk lebih jelasnya mengenai hal-hal seru yang bisa dilakukan di kawah ini, simak ulasannya di bawah ini:

Berpose di spot foto siap pakai Instagram

Spot Foto Instagenic Kawah Wurung via Instagramc.om @adindalesthariSpot Foto Instagenic Kawah Wurung via Instagram.com @adindalesthari

Panorama alam yang begitu indah dari kawah ini menjadikannya begitu indah saat kami posting di akun media sosial kami. Berpose di berbagai spot foto Instagramable di sini menjadi salah satu aktivitas yang wajib dilakukan.

Belum lengkap rasanya jika berlibur ke Kawah Wurung tanpa mengabadikan momen tersebut dengan kamera ponsel. Bahkan bisa dibilang setiap jengkal padang rumput ini begitu indah dan bisa dijadikan background foto.

Tidak jarang wisatawan datang ke sini untuk mengambil foto postwedding atau prewedding karena keindahan pesona padang rumputnya.

Ada banyak ide foto di padang rumput ini, Anda bisa berpose di bawah satu pohon besar di tengah padang rumput yang rimbun atau Anda juga bisa berfoto di gazebo yang terlihat seperti menara tinggi. Sampai disini, pengunjung bisa berfoto sambil menikmati suasana dari atas.

Menawarkan pemandangan yang berbeda

Nikmati padang rumput kuning di musim kemarau via Google Maps @andrian pratamaNikmati padang rumput kuning di musim kemarau via Google Maps @andrian pratama

Oh ya, cerita tentang padang rumput hijau yang luas di atas jika anda datang ke sini saat musim hujan, namun lain ceritanya jika anda datang ke sini saat musim kemarau.

Saat musim hujan, Anda bisa melihat padang rumput hijau subur yang menutupi hampir seluruh area kawah, sedangkan saat musim kemarau, padang rumput berubah warna menjadi coklat karena hampir mengering.

Dua fenomena ini sebenarnya menjadi daya tarik tersendiri ya karena saat kita kesini, kita disuguhkan dua pemandangan yang berbeda di waktu yang berbeda dalam satu tahun, namun keduanya tetap terlihat keren lho untuk kamu jadikan tempat berfoto.

Bersepeda ke berkemah

Camping seru di sekitar Kawah Wurung via Google Maps @Diana Rizki LatifahCamping seru di sekitar Kawah Wurung via Google Maps @Diana Rizki Latifah

Aktivitas seru selanjutnya yang bisa Anda lakukan saat berkunjung ke objek wisata alam ini adalah Kawah Wurung dengan bersepeda, berjalan kaki melewati jalanan berbatu, panjat tebing, menuruni dan berkendara melewati lekukan bukit yang memompa adrenalin.

Jika tidak membawa sepeda, Anda bisa menjelajahi seluruh kawasan ini dengan berjalan kaki menggunakan jalur yang tersedia.

Biar liburanmu makin seru, jangan lupa bawa tenda ke sini untuk camping. Sensasi tidur di luar ruangan dengan cara ini tentu akan memberikan pengalaman tersendiri, terutama bagi pecinta alam.

Suasana kawah yang berada di ketinggian 1500 mdpl ini akan memberikan kesejukan tersendiri. Jangan lupa mengurus izin jika ingin berkemah di sini.

Wisatawan juga jangan lupa untuk membawa perbekalan air yang cukup, mengingat di tempat ini tidak ada sumber air bersih.

Area berburu di sebelah padang rumput

Temukan foto-foto instagramable di Kawah Wurung melalui instagram.com @surya_kavySpot foto Instagramable di Kawah Wurung melalui instagram.com @surya_kavy

Siapa bilang liburan ke Kawah Wurung hanya disuguhkan dengan pemandangan padang rumput? Karena jauh dari padang rumput banyak spot keren lho.

Ada banyak tempat keren untuk dijelajahi ketika Anda datang ke sini. Nah, salah satu yang terbaik adalah tempat terkenal bernama Tanjakan Cinta.

Tanjakan Cinta sendiri merupakan tanjakan sekitar 100 meter yang harus dilalui pengunjung untuk sampai ke puncak bukit yang mengelilingi kawah.

Sesampainya di puncak, wisatawan akan disuguhi pemandangan indah berupa deretan perbukitan yang mengelilingi kawah, atau yang dikenal dengan Bukit Ring. Selama perjalanan menuju kawah, pengunjung disuguhi pemandangan hutan pinus, perkebunan kopi, dan taman bunga yang menawan.

Perhatikan pemandangan

Lihat pemandangan dari gardu pandang Pandang untuk melihat seluruh area kawah melalui Google Maps @Taufik MaulanaLihat pemandangan dari gardu pandang Pandang untuk melihat seluruh area kawah melalui Google Maps @Taufik Maulana

Jangan lupa naik ke gardu pandang kawah Wurung ya, dari atas gardu pandang wisatawan bisa menikmati pemandangan yang sangat spektakuler seluruh kawasan kawah dari atas.

* * * *

Demikian ulasan tentang objek wisata alam Kawah Wurung Bondowoso yang dapat kami sajikan untuk anda. Semoga bisa menjadi referensi liburan untuk anda dan rombongan. Jangan lupa untuk membagikan artikel ini kepada orang lain agar kawah ini semakin populer.

Kunjungi juga: Wisata alam yang indah di kawah Ijen

Source: tempatwisataseru.com

Related Articles

Back to top button