Tempat Wisata

Pantai Teluk Awur, pantai yang indah, tujuan wisata populer di Jepara

Pantai Teluk Awur salah satu objek wisata bahari terpopuler di Jepara, Jawa Tengah. Wisata pantai yang menawarkan pemandangan indah, beragam olahraga air, dan dermaga yang menjadi spot foto populer bagi pengunjung.

harga tiket: Gratis, Waktu aktif: 24 jam, Alamat: Telukawur, Kec. Tahunan, Kab.Jepara, Jawa Tengah; map: Cek lokasi

Beban kerja yang terlalu besar dan menumpuk pasti akan membuat Anda lelah. Itulah mengapa sesekali perlu berlibur ke tempat-tempat yang bisa sedikit menenangkan Anda. Liburan akhir pekan bersama keluarga tentu merupakan ide yang sangat bagus. Ada banyak tempat wisata yang bisa Anda kunjungi.

Salah satunya terletak di Pantai Teluk Awur di Jepara. Tempat ini sudah sangat populer di kalangan penduduk Jepara. Selain itu, tempat wisata ini merupakan salah satu tujuan wisata termurah namun juga keindahan yang dimilikinya begitu memukau. Wisata laut ini menawarkan hal-hal menarik untuk dilakukan di sana.

Selain itu, pemandangan alam yang disuguhkan juga akan mengajak Anda untuk bersantai sejenak. Di bawah ini akan kita bahas lebih detail mengenai atraksi, fasilitas, harga tiket, rute dan lain-lain dari tempat wisata pantai teluk avur ini.

Atraksi Pantai Teluk Awur

Tempat wisata pantai Teluk AvurFoto dari Twitter wisata favorit

Tidak dapat dipungkiri bahwa pantai ini memiliki daya tarik yang begitu kuat sehingga pantai yang belum dikelola secara maksimal ini masih dapat menarik banyak pengunjung yang datang. Berikut adalah beberapa tempat wisata yang termasuk Pantai Teluk Awur.

1. Festival tradisional

Daya tarik pertama adalah festival tradisional sering diadakan di tempat wisata ini. Festival ini umumnya diadakan pada hari-hari suci seperti hari Syawal dan Idul Fitri. Jika Anda datang ke pantai ini pada saat festival, Anda akan melihat semaraknya perlombaan pesta.

Pesta sayembara adalah suatu kegiatan yang di dalamnya diadakan sayembara sedekah di tempat ini. Setiap tahun Anda pasti akan menemukan festival-festival ini di kawasan pantai ini.

Festival ini dimaksudkan untuk mengungkapkan rasa syukur dan rasa syukur masyarakat kepada Tuhan Yang Maha Esa. Tentunya kegiatan ini mendorong wisatawan untuk datang karena penasaran seperti apa keseruan acaranya nanti.

2. Panorama alam yang indah

Setiap tempat wisata pasti memiliki daya tarik berupa panorama alam yang indah. Begitu juga di Pantai Teluk Awur Jepara ini. Pantai yang putih dan lembut serta kontur yang landai membuat pantai ini begitu menarik. Di tempat ini Anda bisa menikmati pemandangan sambil melakukan aktivitas lainnya.

Pantai ini tidak hanya memiliki pasir putih, tetapi juga ditumbuhi mangrove di tepinya. Pohon mangrove yang berguna untuk menahan proses abrasi menambah keindahan pantai yang satu ini.

3. Kepercayaan masyarakat terhadap manfaat air

Daya tarik lain yang menarik banyak wisatawan ke pantai Teluk Awur adalah properti yang dikaitkan dengan air di tempat ini. Manfaat air putih berupa kemampuannya untuk menyembuhkan berbagai penyakit.

Oleh karena itu, beberapa orang yang datang ke tempat ini dengan tujuan untuk mandi di pantai datang untuk memanfaatkan airnya. Bagi Anda yang penasaran, Anda bisa mencoba mandi di tempat ini.

Alamat, Rute Lokasi dan Harga Tiket Pantai Teluk Awur

Alamat Pantai Teluk AwuFoto oleh Google Maps Rina Mufa

Menemukan tempat wisata ini tidak terlalu sulit karena pemerintah setempat telah menyelesaikan penunjuk arah menuju Pantai Teluk Awur di Jawa Tengah. Aksesnya juga cukup mudah. Pantai ini berada di dekat kota Kudus, hanya membutuhkan waktu setidaknya satu jam untuk mencapai pantai kota Kudus.

Sedangkan jika Anda berangkat dari pusat kota Semarang, Anda akan membutuhkan waktu sekitar dua jam untuk mencapai tempat ini. Tentunya untuk memudahkan, Anda perlu membawa kendaraan pribadi ke tempat ini.

Dari segi harga tiket yang harus Anda bayar, sangat terjangkau. Seperti disebutkan di atas, Pantai Teluk Awur adalah salah satu tujuan wisata termurah. Anda tidak akan menghabiskan banyak uang saat mengunjungi tempat ini.

Jika Anda mengunjungi tempat ini pada hari yang aktif dari Senin hingga Kamis Anda tidak akan dikenakan biaya tiket sama sekali. Dengan kata lain, Anda bisa masuk ke pantai ini secara gratis. Namun jika anda datang pada hari Jumat, Sabtu dan Minggu anda akan tertarik dengan tiket dengan harga yang sangat murah yaitu Rp 2.000 per orang.

Pada hari-hari besar seperti Idul Fitri, harga tiketnya bisa mencapai Rp 10.000. Namun, harganya masih sangat terjangkau. Jika Anda datang ke tempat ini dengan kendaraan sendiri, tidak ada biaya parkir kendaraan roda dua. Biaya parkir hanya untuk kendaraan roda 4 sebesar Rp 5.000.

Hal menarik yang bisa dilakukan di Pantai Teluk Awur

Aktivitas di pantai Teluk AvurFoto dari Twitter berdoa untuk

Ada banyak jenis kegiatan yang bisa Anda lakukan di tempat ini. Beberapa kegiatan tersebut dibahas di bawah ini.

1. Menikmati matahari terbenam

Pemandangan alam saat matahari terbenam selalu mampu memukau mata siapapun yang melihatnya. Apalagi jika melihat pemandangan dari Pantai Teluk Awur. Pemandangan matahari terbenam yang ditawarkan pantai ini sangat luar biasa.

Anda akan bisa melihat langit dengan semburat jingga yang dijamin akan membuat Anda terpana saat melihatnya. Suasana di pantai yang begitu tenang sangat mendukung kegiatan yang satu ini.

Suara deburan ombak dan suara angin pasti akan menenangkan suasana sunset yang cukup menenangkan pikiran anda. Tentunya, apalagi jika Anda datang ke tempat ini untuk menikmati sunset bersama pasangan, Anda akan mendapatkan momen dan hadiah yang sangat spesial.

2. Nikmati kelezatan kuliner

Aktivitas lain yang tak kalah seru di pantai ini adalah menikmati sajian kuliner. Di tempat ini Anda akan melihat banyak kios yang menjual berbagai macam makanan khas.

Jadi jika Anda sudah seharian bermain di pantai maka Anda bisa puas menikmati makanan di warung-warung sekitar. Berbagai macam menu makanan laut ditawarkan.

Anda tinggal memilih mana yang tepat untuk Anda. Jika Anda hanya ingin hang out, Anda bisa melakukannya di kafe tepi pantai ini. Duduk santai di kafe sambil menikmati pemandangan alam Pantai Teluk Awur Jepara.

3. Nikmati berenang dan wahana air

Aktivitas di pantai Teluk AvurFoto dari Twitter @juristhegreat

Terlepas dari percaya atau tidaknya mitos bahwa air di tempat-tempat ini efektif, Anda tetap harus mencoba berenang di pantai. Karena saat mandi di pantai anda bisa merasakan kesegaran air pantai yang jernih. Selain airnya yang jernih, pantainya juga begitu bersih.

Jadi tidak perlu takut gatal nantinya. Anda juga bisa menikmati beberapa wahana yang ditawarkan. Seperti Jet Sky, Flying Fish Boat, Banana Boat dan masih banyak lainnya. Tentu saja, untuk menikmati wahana tersebut, Anda harus mengeluarkan biaya lain.

4. Kegiatan Memancing

Bagi Anda yang senang memancing di tempat ini, Anda juga bisa menyalurkan hobi ini. Pantai Teluk Awur dikenal memiliki banyak jenis ikan yang menarik. Sehingga wajar jika banyak orang yang datang ke tempat ini hanya untuk memancing.

Jika tidak ingin suasana terlalu ramai dengan pemancing, Anda bisa datang di hari selain hari libur. Karena sebenarnya tempat ini akan dipenuhi banyak pemancing saat ini. Anda bisa membawa perlengkapan sendiri dari rumah atau membelinya di toko alat pancing yang terletak di kawasan pantai yang indah ini.

Akomodasi murah dekat Teluk Awur Jepara

Akomodasi pantai Teluk AwurFoto oleh Google Maps Jepara Marina Beach Bungalows

Bagi Anda yang tertarik untuk bermalam di kawasan tersebut, Anda bisa memilih salah satu dari tiga akomodasi terdekat berikut ini.

1. Marina Jepang

Untuk menginap di tempat ini Anda harus membayar 500.000 rupee dalam satu malam. Tentu saja Anda mendapatkan peralatan yang lengkap dengan harga ini. Seperti layanan kamar, restoran dan lain-lain.

2. Hotel Pantai Jepara

Hotel ini lebih murah, yaitu sekitar 365.000 untuk semalam. Beberapa fasilitas yang bisa Anda dapatkan seperti tempat parkir yang luas, wifi, restoran dan lain-lain. Kamar-kamar di tempat ini sangat nyaman sehingga Anda bisa membaginya dengan keluarga Anda.

3. Vila Tepi Teluk

Harga per malam adalah Rp 550.000. Fasilitas yang disediakan juga cukup lengkap, seperti area bebas rokok, restoran, kolam renang, Wi-Fi dan lain-lain yang menunjang kenyamanan para pengunjung.

Fasilitas yang tersedia di Pantai Teluk Awur Jepara

Fasilitas Pantai Teluk Awur JeparaFoto dari Twitter Garindocom

Fasilitas di Pantai Teluk Awur Jepara cukup memadai. Anda tidak akan kesulitan menemukan tempat parkir, warung makan, toilet umum dan fasilitas lainnya yang dapat menunjang aktivitas Anda selama berlibur di kawasan pantai yang indah ini.

Pantai Teluk Awur di Jepara, Jawa Tengah menawarkan keindahan wisata bahari yang begitu menakjubkan. Anda yang belum sempat mengunjungi tempat ini disarankan untuk meluangkan waktu saat liburan untuk mengunjunginya.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Back to top button