Tempat Wisata

Tiket & Aktivitas CURUG CIGENTIS September 2022

Harga Tiket Masuk Air Terjun Cigentis: Rp 25.000 Jam: 07:00 – 17:00 WIB Telp: -Alamat: Mekarbuana, Tegalwaru, Karawang, Jawa Barat, Indonesia, 41362

Memang, Karawang bisa diidentikkan dengan kota yang penuh dengan aktivitas industri. Namun ternyata kota ini masih mempertahankan keindahan alamnya yang terjaga dengan baik. Salah satunya adalah Air terjun Cigentis yang terletak di kawasan Gunung Sanggabuana.

Objek wisata air terjun ini kerap menjadi pilihan wisata bagi warga sekitar. Bukan hanya karena kejernihan dan kesegaran air terjunnya, tetapi juga karena keindahan alam di sekitarnya.

tiket masuk

Kawasan wisata Curug Cigentis memberlakukan tiket masuk dengan harga terjangkau. Tiket ini berlaku untuk anak-anak dan dewasa.

Biaya masuk
tiket masuk Rp25.000

Baca: Tiket Masuk GUNUNG SANGGABUANA Karawang dan Beragam Mantranya

jam operasional

Air terjun ini dibuka untuk umum mulai pukul 07.00-17.00 WIB. Tempat ini selalu ramai dikunjungi wisatawan, terutama di akhir pekan.

jam buka
jam operasional 07.00 – 17.00 WIB

Objek wisata air terjun Cigentis

Cigentis, Jembatan CurugCurug Cigentis terletak di Gunung Sanggabuana, Karawang – Foto: Google Maps/Jhiung channel 28

Curug Cigentis merupakan salah satu rangkaian air terjun di kawasan Gunung Loji dan Gunung Sanggabuana. Kawasan ini berada di bawah pengawasan RPH Cigunungsari BKPH Purwakarta.

Air terjun ini memiliki ketinggian total sekitar 25 meter dan berada di ketinggian 1000 meter di atas permukaan laut. Sebagai tempat wisata, air terjun ini menawarkan panorama air terjun yang mempesona dengan pemandangan alam yang indah.

Baca: 3 Tempat Wisata Favorit di Karawang

Kisah di balik Cigentis

Air terjun CigentisCurug Cigentis memiliki ketinggian 25 meter – Foto: Google Maps/Siti Turiyati

Ada beberapa cerita terkait dan di balik keberadaan air terjun ini. Konon Gunung Sanggabuana, tempat air terjun ini berada, merupakan daerah yang tidak memiliki mata air atau sungai. Saat itu Wali Songo berdakwah di daerah Cigentis. Mereka dikawal sekelompok pengawal yang dipekerjakan langsung oleh Prabu Siliwangi.

Setelah Wali Songo terus berdoa kepada Allah SWT, tiba-tiba sebuah mata air muncul dari sebuah batu besar. Mata air tersebut kemudian membentuk air terjun yang dikenal hingga saat ini. Salah satu pengawal bernama Nu Geulis Nyi Gentis tiba-tiba melompat untuk menikmati air yang mengalir. Nama ini kemudian menjadi nama air terjun Cigentis.

Baca: Tiket dan Wahana Santasea Waterpark

Namun, sumber cerita ini masih dipertanyakan. Meski begitu, objek wisata ini tetap menjadi salah satu air terjun di Karawang yang memiliki pesona luar biasa.

Area air terjun Cigenti

Deretan kios dan gubukKios dan gubuk berjejer rapi di sepanjang jalan menuju air terjun – Foto: Google Maps/Moch Taufik Firdaus

Sebagai tempat wisata yang dikelola pemerintah, Curug Cigentis memiliki akses yang mudah dan fasilitas yang lengkap. Berkendara ke tempat wisata ini terasa nyaman karena kondisi jalan sudah beraspal. Selain itu, pemandangan persawahan dan pegunungan memanjakan mata.

Begitu sampai di kawasan wisata ini, pengunjung harus berjalan kaki menuju lokasi air terjun dari tempat parkir. Jaraknya sekitar 300 meter melalui jalan berbatu. Di sepanjang jalan terdapat kios-kios penjualan dan jajanan serta pondok-pondok peristirahatan. Jika lelah, Anda bisa istirahat dulu dan menikmati hijaunya alam sekitar.

Baca: Tiket Masuk CURUG PANGERA Bogor dan Aktivitas Wisata

Pesona air terjun Cigentis

Panorama air terjunCurug Cigentis diapit tebing berbatu dengan tumbuhan liar yang diawetkan – Foto: Google Maps/Kasidi Kasidi

Curug Cigentis adalah air terjun setinggi 25 meter. Air terjun ini memiliki debit air yang tinggi dan dikelilingi oleh tebing. Dinding tebing yang ditumbuhi berbagai tanaman liar membuat suasana menjadi asri dan sejuk.

Sumber aliran air air terjun ini berasal dari sungai kecil di atas tebing. Sungai ini merupakan gabungan dari berbagai mata air di Gunung Sanggabuana. Sanggabuana sendiri berarti “penopang alam semesta”. Nama ini mungkin berasal dari fakta bahwa daerah ini adalah titik tertinggi di Karawang.

Baca: Tiket Masuk dan Wahana WONDERLAND Karawang

Karena debit air yang tinggi, udara di sekitar air terjun terasa segar dari air panas. Air kemudian mengalir ke danau dan sungai dengan bebatuan licin yang berserakan. Pengunjung bisa bermain air dengan bebas di kawasan ini.

Aktivitas di Curug

tempat perkemahanWisatawan bisa berkemah di sekitar Curug Cigentis – Foto: Google Maps/Herekk Motorider

Wisatawan bisa menikmati keindahan alam di sekitar mereka sambil bermain air atau berenang di danau. Sungai yang mengalir di sekitarnya dihiasi bebatuan yang bertebaran yang bisa digunakan untuk melangkah dan beristirahat. Saat Anda bersantai, abadikan momen dan lihat melalui kamera dari sini. Tempat lain yang tak kalah menarik adalah jembatan di atas Sungai Cigentis dengan tulisan Curug Cigentis.

Baca: Tiket Masuk CURUG LEUWI HEJO Bogor & Aktivitas

Jika ingin bermalam, ada penginapan di sekitar Curug Cigentis. vila keluarga angkat Tersedia disini. Bagi pecinta suasana alam, diperbolehkan mendirikan tenda dan kemah di sekitar air terjun. Pengalaman bermalam ditemani suara pegunungan dan gemericik air tentunya akan menyegarkan jiwa dan raga.

Sistem air terjun Cigentis

Sebagai kawasan wisata di bawah pemerintahan Perhutani setempat. Area air terjun dilengkapi dengan pelayan dan fasilitas yang memadai. Fasilitas tersebut adalah parkir motor dan mobil, jalur pendakian yang baik, toilet, mushola dan sejumlah warung makan dan minum yang dilengkapi dengan pondok istirahat. Di sekitar air terjun terdapat berbagai akomodasi yang memungkinkan untuk bermalam, serta tempat perkemahan.

Akses dan lokasi air terjun Cigentis Cu

Jalan menuju tempat wisata ini dalam kondisi baik dengan beton cor dan aspal. Meski demikian, pengendara tetap harus berhati-hati di jalur tersebut. Di beberapa tempat terdapat tanjakan menanjak atau turunan yang curam, sehingga diperlukan kondisi kendaraan dan keterampilan mengemudi yang baik, terutama dengan penyesuaian rem.

Objek wisata air terjun ini terletak di Gunung Sanggabuana, tepatnya di Desa Mekar Buana, Kecamatan Tegalwaru, Kabupaten Karawang, Jawa Barat. Jaraknya sekitar 44 kilometer dari pusat kota Karawang dan dapat ditempuh dengan kendaraan roda empat maupun roda dua.

Source: travelspromo.com

Related Articles

Back to top button