Berita Wisata

Wakil Bupati Lumajang: Wisata Perkemahan Glagah Arum dijalankan oleh pramuka

Lumajang (ANTARA) – Wakil Bupati Lumajang Indah Amperawati mengatakan objek wisata Bumi Perkemahan (Buper) Glagah Arum di lereng Gunung Semeru dikelola oleh Pramuka Kabupaten Lumajang.

“Wisata Buper Glagah Arum dikelola oleh Pramuka Lumajang. Meski begitu, para pedagang atau pelaku UMKM adalah warga sekitar yang berada di sekitar lokasi wisata,” ujarnya dalam keterangan tertulis kepada Lumajang, Senin.

Menurutnya, Glagah Arum merupakan satu-satunya tempat wisata alam yang menawarkan glamorous camping (glamping), yakni berkemah modern dengan memadukan esensi alam berupa pemandangan Gunung Semeru dengan sejumlah fasilitas lainnya. di Kabupaten Lumajang.

“Hampir setiap hari Buper Glagah Arum dipenuhi pengunjung, apalagi saat itu akhir pekan. Bukan hanya turis lokal dari Lumajang, tapi banyak mancanegara dari daerah, bahkan dari Jakarta yang datang ke sana,” ujarnya.

Ia menjelaskan, usaha wisata yang dijalankan oleh Pramuka Lumajang adalah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat setempat karena semua pedagang berasal dari Desa Kandang Tepus di Kecamatan Senduro.

“Pengunjung yang datang ke Bumi Perkemahan Glagah Arum membantu kegiatan Pramuka Lumajang. Semoga semakin dikenal masyarakat luas,” ujarnya.

Buper Glagah Arum menggelar perayaan HUT ke-1 pada Minggu (29/1) yang dihadiri Wakil Bupati Lumajang dan memberikan diskon khusus 10% kepada pengunjung.

Bumi perkemahan yang dikelola di atas tanah Perhutani ini memiliki luas 10,4 hektar. Selain untuk kegiatan pramuka, tempat tersebut juga dimanfaatkan untuk usaha berupa sarana penginapan Glamour Camping (Glamping) bagi wisatawan domestik maupun mancanegara.

Semakin banyak pengunjung ke lokasi wisata, semakin besar kemungkinan Buper Glagah Arum dapat menggerakkan pertumbuhan ekonomi masyarakat sekitar pascapandemi COVID-19.

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button