Berita Wisata

Pulau Lakkang berpotensi menjadi proyek pengembangan ekowisata mangrove

Pulau yang berada di tengah kota Makassar ini merupakan salah satu tempat wisata alam tersembunyi yang menyimpan keindahan alam yang memukau

Makassar (ANTARA) – Desa Wisata Pulau Lakkang berpotensi menjadi proyek pengembangan ekowisata mangrove baru, selain Ekowisata Mangrove Lantebung yang sebelumnya hadir di kota tersebut dari Makassar.

“Pulau yang berada di tengah kota Makassar ini merupakan salah satu tempat wisata alam tersembunyi yang menyimpan keindahan alam yang memukau,” kata Kepala Dinas Pariwisata Makassar Muhammad Roem, Senin di Makassar.

Ia mengatakan pengembangan wisata mangrove ke depan akan berada di Pulau Lakkang, pulau yang tumbuh di tengah daratan Kota Makassar karena memiliki banyak keunikan.

Lokasi di belakang kampus Universitas Hasanuddin yang dipisahkan oleh sungai kecil dari Pulau Lakkang dapat diakses dengan rakit atau perahu menyusuri Sungai Tallo.

Menurut Roem, Pulau Lakkang memiliki potensi pertanian, begitu juga tambak. Termasuk potensi budaya dan sejarah yang tak kalah menarik untuk dikunjungi.

“Desa wisata Lakkang terletak di sebuah pulau kecil di kecamatan Tallo kota Makassar,” katanya.

Desa Wisata Lakkang secara geografis terletak di tengah perkotaan Makassar, lokasinya berada di delta sungai Tallo dan Pampang yang merupakan salah satu sungai yang membelah kota Makassar.

Pulau Lakkang konon terbentuk akibat sedimentasi sungai selama ratusan tahun. Meski berada di tengah perkotaan, keindahan alam pulau ini masih sangat alami dan terjaga.

Roem mengatakan, karena lokasinya yang berada di dekat muara sungai, Desa Wisata Pulau Lakkang dikelilingi oleh berbagai vegetasi, sehingga juga berpotensi untuk pengembangan mangrove.

Sembari menjelajahi kawasan delta, pengunjung dapat mengagumi keindahan hutan nipah dan hamparan kolam ikan yang dikelola masyarakat setempat. Selain itu, terdapat pula hamparan sawah yang menjadikan pulau ini sebagai pulau mandiri pangan.

Baca Juga: Pulau Lakkang Akan Dirombak Jadi Destinasi Utama Makassar

Baca Juga: Pemkot Makassar Bangun Dermaga untuk Warga Pulau Lakkang
Ilustrasi – Suasana desa wisata Pulau Lakkang di tengah kota Makassar yang memiliki potensi alam, budaya dan sejarah. ANTARA/HO-Dispar Makassar/aa.

Reporter: Suriani Mappong
Penerbit : Ahmad Buchori
HAK CIPTA © ANTARA 2023

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button