Tempat Wisata

RAGUNAN ZOO Tiket Lengkap & Zona Rekreasi Februari 2023

Biaya masuk ke Kebun Binatang Ragunan Jakarta: Rp 3.000 hingga Rp 75.000. Jam buka: 07.00 – 16.00 WIB. Nomor Telepon : (021) 7884 7114. Alamat / Lokasi : Jl. Harsono, Regunan, Jakarta Selatan, DKI Jakarta, Indonesia, 12550.

Kebun Binatang Ragunan Jakarta (Kebun Binatang Ragunan) bisa menjadi pilihan wisata ibu kota. Dengan koleksi lebih dari 2000 hewan dan 20.000 tumbuhan yang hidup di lahan seluas tak kurang dari 140 hektar. Kebun binatang yang didirikan pada tahun 1814 dengan nama Planten en Dierentin saat itu kota Jakarta masih bernama Batavia.

Meski berada di tengah kota padat penduduk. Memasuki area kebun binatang akan terasa cukup asik. Ini karena pepohonan di sekitar taman memberikan keteduhan. Berbagai jenis pohon dengan ukuran besar tersebar merata di area kebun binatang.

Harga Tiket Masuk Kebun Binatang Ragunan Jakarta

Kebun Binatang Ragunan menawarkan tiket masuk yang cukup murah. Metode pembayaran yang digunakan cukup unik. Karena menggunakan sistem pembayaran digital Jakcard. Berikut rincian harga lengkapnya

Biaya masuk Kebun Binatang Ragunan
Tiket dewasa Rp4.000
Tiket masuk untuk anak-anak Rp3.000
tiket kendaraan
sepeda motor Rp3.000
mobil Rp6.000
sepeda Rp 1.000
Bis sedang Rp 12.500
bis besar Rp 15.000
Pusat Primata Schmutzer
Tiket hari kerja untuk dewasa dan anak-anak Rp6.000
Tiket akhir pekan untuk dewasa dan anak-anak Rp 7.500
Tiket masuk kebun binatang anak/dewasa anak Rp 2.500
Train Zoo, satu roda Rp 10.000
Sepeda ganda, perahu angsa Rp 15.000
wisata rakit Rp6.000
Kartu Jakcard dengan saldo Rp 20.000 Rp45.000
Saldo kartu Jakcard Rp 50.000 Rp 75.000

Baca: Tiket Masuk JAKARTA AQUARIUM & 9 Tempat Wisata Seru

Beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum datang ke Kebun Binatang Ragunan:

  1. Pengunjung dari luar Jakarta diperbolehkan untuk berkunjung.
  2. Pakai masker dan ikuti semua protokol kesehatan di wilayah Ragunan.
  3. Tidak ada batasan usia untuk berkunjung.
  4. Wisatawan sudah bisa membeli tiket langsung di loket tiket.

Baca: Tiket Masuk Taman Margasatwa Ragunan, Jam Operasional, dan 10 Wahana

jam buka

Jam buka Ragunan
Selasa Minggu 07.00 – 16.00 WIB
Senin Liburan

Kebun Binatang Ragunan – zona binatang dan rekreasi

Kebun Binatang Ragunan memiliki ribuan koleksi satwa, selain tentunya tempat rekreasi menarik yang masih berada di dalam KBR. Beberapa jenis hewan adalah:

mamalia

Harimau Sumatera di Zona Mamalia Kebun Binatang RagunanHarimau Sumatera merupakan kumpulan hewan langka yang dilindungi pemerintah di Zona Mamalia.

Ada banyak mamalia di zona ini. Beberapa koleksinya seperti :

Beruang Madu, Harimau Sumatera, Siamang, Gorila, Babirusa, Tapir, Singa, Benggala/Harimau Putih, Bekantan, Monyet, Loris, Budeng Lutung, Monyet Kokah, Monyet Boti, Marmoset, Nilgai, Macan Tutul Sri Lanka, Jaguar, Sitatunga, Spotted Rusa, Anoa, Binturong, Simpanse, Banteng Jawa, Gajah Sumatera, Yaki, Tirus, Surili, Orangutan Kalimantan.

reptil

Kura-kura di Kebun Binatang RagunanAda berbagai jenis spesies reptil yang dipelihara di kandang atau akuarium. Foto: Google Maps/R Nurhidayat

Di kawasan ini wisatawan dapat menjumpai komodo, penyu kuping merah, ular sanca patola, ular sanca batik, komodo salvator, ular kobra, biawak lidah biru, biawak hitam, biawak Maluku, ular sanca beras putih dan biawak hijau.

Unggas & Burung

Pelikan di zona unggasAda spesies burung di zona unggas termasuk pelikan. Foto: Google Maps/Ali Ibrahim

Bagi pecinta unggas khususnya burung. Mengunjungi daerah ini adalah pilihan terbaik. Karena di zona tersebut terdapat berbagai jenis burung seperti :

Pelikan/Burung Undan, Flamingo, Elang Kepala Abu-Abu, Elang Irian, Kasuari Kasuari Tunggal, Perkici Coklat, Perkici Merah Punggung Kuning, Puyuh Mahkota Sengayan, Bangau Tongtong, Beo, Beo Kalung, Elang Bondol, Merak Biru, Kasuari Kaca Ganda, Kakatua Raja, Kakatua Jambul Belerang, Rangkong, Putra Mahkota, Merpati Bermahkota Victoria dan Burung Unta. Serta berbagai hewan lainnya di Kebun Binatang Jakarta.

Baca: Taman Safari Cisarua Bogor: Tiket Masuk dan Atraksi Satwa

Adapun zona rekreasi di kebun binatang ini antara lain.

Pusat Primata SCHMUTZER :

Zona khusus untuk menampung berbagai primata dari seluruh Indonesia. Perancangannya menggunakan konsep alam sehingga satwa-satwa tersebut seolah-olah berada di habitat aslinya. Pengunjung yang ingin menyaksikan dapat melihat melalui terowongan dan jembatan yang tersedia.

taman refleksi

Bagi yang ingin berolahraga atau sekadar berfoto, Anda juga bisa mengunjungi kebun binatang ini. Ada beberapa lapangan olahraga di taman. Waktu istirahat yang tepat di tempat ini adalah pagi atau sore hari untuk menghindari terik matahari.

Taman binatang untuk anak-anak

Untuk satu zona itu, sangat cocok untuk anak-anak. Karena di zona tersebut terdapat binatang yang disukai anak-anak. Di zona ini juga terdapat akuarium besar yang dihuni oleh 100 kg ikan arapaima dari Amazon.

Tentunya masih banyak atraksi lainnya di kebun binatang ini seperti: menunggang gajah, menunggang unta, taman perahu angsa dan masih banyak lagi. Tidak ada salahnya memilih kebun binatang ini sebagai destinasi wisata warga Jakarta.

Alamat & Kontak

Untuk informasi lebih lanjut dan kontak silahkan hubungi : Taman Margasatwa Ragunan di Jl. Harsono RM. Tidak 1, Ragunan, Pasar Minggu, Jakarta Selatan 12550 Indonesia Telp (021) 7884 7114 // Fax. (021) 780 5280 Email: [email protected].

Source: travelspromo.com

Related Articles

Back to top button