Berita Wisata

Menjelajahi keindahan Labuhan Merak, destinasi wisata andalan baru Situbondo

Liputan6.com, Situbondo – Kabupaten Situbondo kini memiliki destinasi wisata pantai andalan baru, selain pantai Pasir Putih. Inilah yang disebut Wisata Pantai Labuhan Merak.

Destinasi wisata Labuhan Merak terletak di Dusun Labuhan Merak, Desa Sumberwaru, Kecamatan Banyuputih, Situbondo. Dusun yang berada di kawasan konservasi Taman Nasional Baluran ini kini mulai dikenal wisatawan.

Di pantai Labuhan Merak atau lebih dikenal dengan wisata Merak-Baluran ini terdapat beberapa destinasi wisata pantai yang masih sangat alami.

Objek wisata Pantai Merak- Baluran selalu berada dalam satu kawasan dengan Pantai Sijile, Pantai Bilik, Pantai Merak, Pantai Lempuyang, Pantai Kakapa, Pantai Balanan, Pantai Sirondo dan Pantai Batu Hitam.

Bagi Anda yang ingin berlibur ke Labuhan Merak yang terletak di sisi utara Taman Nasional Baluran ini hanya berjarak satu jam perjalanan menggunakan mobil atau kendaraan roda dua dari kota Situbondo.

Sebelum memasuki kawasan pantai Labuhan Merak, wisatawan terlebih dahulu akan masuk melalui gerbang masuk Taman Nasional Baluran di kawasan Karang Tekok. Kemudian, Anda harus mengambil jalur kiri (tepat di jalan pantura menuju Banyuwangi).

Lima menit pertama perjalanan dari pintu masuk arah wisata Merak-Baluran, pengunjung akan sampai di stasiun jagawana pengelola Taman Nasional Baluran Watunumpuk. Di stasiun ini, Anda sekaligus akan diarahkan untuk membeli tiket masuk. Harga tiket masuknya cukup murah, Rp 6.000 per orang.

Kemudian Anda bisa melanjutkan perjalanan sejauh 7 kilometer melewati hutan belantara Taman Nasional Baluran. Selama perjalanan, akses menuju Labuhan Merak dibangun di atas jalan makadam.

Di kawasan Pantai Pasir Putih Situbondo banyak terdapat kuliner khas bernama Sate To’ot yang artinya lutut ayam.

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button