Berita Wisata

15 Rekomendasi Tempat Wisata di Semarang Tahun 2023

Jakarta

Semarang merupakan daerah yang memiliki banyak objek wisata. Wisata alam, hiburan dan wisata kota terlengkap di kota ini.

Namun mungkin sebagian dari Anda belum mengetahui wisata menarik yang ada di kota ini. Jangan-jangan, kalau ke Semarang selalu ke tempat yang sama.

Sekarang, detik.com merangkum beberapa tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi di tahun 2023 jika anda berada di Semarang. Agar anda tidak bingung saat berwisata di kota ini.

IKLAN

GULIR UNTUK MEMBATASI KONTEN

1. Taman Bunga Celosia

Ingin memanjakan mata dengan melihat berbagai tanaman, terutama bunga segar yang cantik? Berwisata ke Taman Bunga Celosia sepertinya menjadi pilihan terbaik jika Anda sedang berada di Semarang.

Selain menampilkan keindahan aneka bunga dan taman, di sini juga terdapat berbagai bangunan estetis yang bisa dijadikan latar foto cantik.

Wisata ini sudah dibangun sejak tahun 2017 namun masih menjadi obyek yang patut untuk dikunjungi. Memang, taman ini memiliki luas 8,6 hektar dan memiliki lebih dari 20 spot foto seperti Vertical Garden, Little Korea, Little Italy, Tropical Garden, bahkan berfoto bersama kawanan kelinci.

Biaya: Rp 25.000 (weekdays) dan Rp 30.000 (weekend)

Lokasi : Jalan Wisata Candi Gedong Songo, KM 0.5, Desa Candi, Kecamatan Bandungan, Kabupaten Semarang

Jam buka: 08:00 – 17:00 WIB

2. Hameau Semilir Ecopark

Taman Ekologi Dusun SemilirTaman Ekologi Dusun Semilir. Foto: (Brigida Emi Lilia/d’travelers)

Dusun Semilir Eco Park merupakan taman bermain yang memadukan berbagai objek wisata seperti wahana, spot foto instagenic, wisata kuliner, tempat belanja dan tempat menginap.

Konsep yang diusung adalah “one stop destination”. Tak ayal tempat ini memiliki berbagai macam barang dalam satu tempat. Hal inilah yang bisa mendorong banyak wisatawan untuk datang dan berlama-lama di tempat ini.

Untuk wahananya ada permainan ikonik yaitu seluncuran pelangi yang memiliki ketinggian sekitar 30 meter. Pengunjung bisa meluncur di atas pelangi ini menggunakan kereta luncur.

Seperti spot-spot lain yang sering dikunjungi, seperti spot foto yang instagramable. Ada beberapa tempat cantik seperti Alun-Europe yang memiliki nuansa unik seperti Eropa mini.

Biaya: Rp 30.000 – Rp 90.000

Lokasi: Jln. Soekarno – Hatta No.49, Ngemple, Bawen, Ngemplak, Kabupaten Semarang

Jam buka: 09:00 – 18:00 WIB

3. Danau Rawa Pening

danau rawa semarangDanau Rawa Pening Semarang. Foto: Nfadils/d’Traveler

Meski bukan objek wisata baru, Wisata Danau Rawa Pening tetap menjadi tempat indah di Semarang yang layak dikunjungi tahun ini. Hal ini karena Anda jarang menemukan keindahan tempat wisata ini dari tempat lain.

Objek wisata ini memiliki danau alami yang meliputi empat kecamatan di Kabupaten Semarang, yaitu kecamatan Ambarawa, Tuntang, Bawen, dan Banyubiru.

Hal yang menarik dari tempat ini adalah pemandangan alam yang tersaji dari perpaduan air danau, hamparan persawahan, dengan Gunung Merbabu dan Gunung Ungaran sebagai latar belakang yang menjadikan tempat ini sangat indah.

Selain itu, Anda juga dapat menikmati fasilitas lain seperti restoran terapung, penyewaan perahu, dan pemancingan.

Biaya: Rp 3.000 (weekdays) dan Rp 3.500.000 (weekend)

Lokasi: Jln. Lingkar Selatan KM 3, Ambarawa, Kabupaten Semarang

Jam buka: 08:00 WIB – 21:00 WIB

4. Bukit Cinta Rawa Pening

gembok cinta bukit cinta rawa pusingGembok Cinta Bukit Cinta Rawa Pening. Foto: (Nfadils/d’Traveler)

Setelah merasakan keindahan alam Rawa Pening, rasanya sayang sekali untuk melewatkan tempat ini tanpa mengabadikannya dengan berfoto atau selfie. Untuk itu, Anda harus mampir ke Bukit Cinta Rawa Pening yang menawarkan banyak spot selfie menarik dan membuat tempat ini semakin cantik.

Bagi traveler yang berkunjung ke sini akan bisa menikmati berbagai atraksi wisata yang dihadirkan, seperti berfoto di tempat selfie, bersantai di taman atau paviliun yang estetik, hingga menaiki perahu untuk berkeliling danau.

Perpaduan antara pemandangan indah yang ditampilkan pegunungan, lingkungan hijau, air danau yang melimpah, dipadukan dengan beberapa spot selfie yang menarik, membuat banyak orang ragu untuk tidak mengabadikan momen saat berada di sini.

Biaya: Rp 15.000

Lokasi: Kebondowo, Bukit Cinta, Kecamatan Ambarawa, Kabupaten Semarang

Jam buka: 07:00 WIB – 16:00 WIB

5. Ayanaz Gedong Songo

Ayanaz Gedong SongoAyanaz Gedong Songo. Foto: Andy Pattihua/d’Traveler

Wisata yang satu ini menjadi salah satu hits di Semarang, tempat ini memiliki banyak spot instagramable untuk berbagai kebutuhan selfie lho. Bahkan hingga saat ini, mereka juga menghadirkan 35 spot foto kekinian gratis maupun berbayar.

Spot foto favorit antara lain balon udara, tenda gelembung, tempat duduk yang estetik, dan yang paling favorit adalah lounge di tengah kolam.

Selain menampilkan berbagai spot selfie yang cantik, daya tarik tempat wisata ini adalah menyuguhkan pemandangan alam yang indah dan sejuk.

Bagi Anda yang ingin berwisata dapur, di sini pun Anda bisa memesan makanan dan minuman yang mereka tawarkan.

Untuk mengunjungi tempat wisata ini, Anda harus terlebih dahulu memasuki kawasan Candi Gedong Songo dengan membayar tiket Rp 10.000 (weekdays) dan Rp 15.000 (weekend). Kemudian, pengunjung harus membayar biaya tambahan jika ingin masuk ke objek wisata Ayanaz Gedong Songo.

Biaya: Rp 15.000 (anak-anak) dan Rp 25.000-30.000 (dewasa)

Lokasi : Candi Gedong Songo, Krajan, Banyukuning, Bandungan, Kab. semarang

Jam buka: 08:00 – 17:00 WIB

6. Taman Vanaprastha Gedong Songo

Taman Vanaprastha Gedong Songo merupakan salah satu tempat wisata menarik di kawasan Gedong Songo. Tempat ini fokus menyuguhkan tempat wisata alam yang kondusif untuk menyejukkan atau menghilangkan sejenak diri dari hiruk pikuk kota.

Di sini kamu bisa menemukan hutan pinus yang sejuk untuk piknik atau latar foto yang bagus.

Bagi Anda yang ingin menginap di kawasan ini, Anda bahkan bisa mendirikan tenda karena di sini terdapat area berkemah. Namun bagi Anda yang tidak ingin ribet, Anda juga bisa menginap di vila-vila yang banyak tersedia di kawasan ini.

Saat berkunjung ke sini, wisatawan harus membayar terlebih dahulu tiket masuk ke kawasan Candi Gedong Songo, yaitu Rp 15.000. Maka cukup bayar ekstra untuk bergabung dengan tur ini.

Biaya: tiket Rp 8.000

Lokasi: Jln. Di Candi Gedong Songo No. 16, Krajan, Banyukuning, Bandungan, Kabupaten Semarang

Jam buka: 08h00 – 18h00 WIB

7. Umbul Sidomukti

3. Umbul SidomuktiUmbul Sidomukti. Foto: kering

Apakah Anda suka mandi dan kolam renang di ketinggian? Mengunjungi Umbul Sidomukti adalah pilihan yang tepat jika Anda berada di Semarang.

Tempat wisata ini terletak di kaki Gunung Ungaran, sehingga Anda bisa menikmati udara segar sekaligus pemandangan alam Semarang yang indah di sini.

Selain berendam di kolam yang sejuk, Anda juga bisa bersantai di kafe sambil menikmati makanan dan minuman yang tersedia.

Dan bagi Anda yang berasal dari pelosok, Anda juga bisa menginap di villa atau resort yang mereka tawarkan.

Favorit saya saat berkunjung ke sini adalah datang ke Pondok Kopi Umbul Sidomukti yang memiliki keindahan luar biasa karena memiliki ketinggian 1.200 mdpl.

Biaya: Tiket masuk Rp 5.000 dan tiket renang Rp 20.000.

Lokasi: Jln. Umbul Sidomukti, Blanten Lor, Jimbaran, Bandungan, Kabupaten Semarang

Jam buka: 09:00 – 17:00 WIB

Berikutnya: Museum Kereta Api Ambarawa

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button