Tempat Wisata

Tiket & Atraksi SITU RAWA GEDE Februari 2023

Harga Tiket Masuk Situ Rawa Gede: Rp 10.000-Rp 20.000. Jam buka: 24 jam. Nomor telepon : -. Alamat/Lokasi: Sirnajaya, Sukamakmur, Bogor, Jawa Barat, Indonesia, 16830.

Tak hanya terkenal dengan koleksi air terjunnya, Bogor juga memiliki destinasi wisata alam lainnya yang tak kalah menarik, seperti: Lokasi Rawa Gede. Telaga alami yang berada di Kabupaten Sukamakmur ini belakangan ini semakin populer.

Karena menawarkan relaksasi murni dengan harga yang wajar. Dari berlayar mengelilingi danau dengan perahu hingga berkemah dan bermain di air terjun kecil, semuanya bisa dilakukan di sini.

Tiket masuk ke Situ Rawa Gede

Situ Rawa Gede memberlakukan tiket masuk bagi mereka yang berusia di atas 5 tahun. Ada biaya parkir serta biaya tambahan lainnya untuk menunggang kuda atau berkemah.

Biaya masuk
tiket masuk Rp 20.000
tiket berkemah Rp 10.000
tiket kendaraan Rp5.000
Tiket Kendaraan Mobil Rp 10.000

Baca: Tiket Masuk dan Wahana Taman Buah MEKARSARI

jam operasi

Kawasan wisata ini buka setiap hari. Bagi pengunjung yang berkemah, tempat ini buka 24 jam.

jam buka
pos utama 07.30-17.00
Pos Dua 24 jam

Kegiatan di Situ Rawa Gede

Pemandangan Situ Rawa Gede BogorDanau dengan latar perbukitan Puncak dan hutan pinus – Foto: Google Maps/Bonaventura KR

Situ Rawa Gede merupakan kawasan rawa di Desa Sirnajaya, Kecamatan Sukamakmur, Kabupaten Bogor. Pengelolaan dilakukan secara gotong royong antara organisasi kepemudaan dan warga setempat dengan dukungan pemerintah.

Hingga saat ini kawasan wisata danau ini masih terus dikembangkan untuk memaksimalkan potensinya sebagai tujuan wisata. Meski demikian, sudah ada berbagai aktivitas di sini, antara lain wisata danau, berkemah, dan mandi di bawah air terjun alami.

Baca: 29 TEMPAT WISATA DI BOGOR Paling Spektakuler

berlayar dan memancing

Situ Rawa Gede berada tepat di belakang perbukitan Puncak. Sesampainya di sana, pengunjung langsung disuguhi pemandangan danau yang indah dengan perbukitan, persawahan dan beberapa air terjun kecil di sana-sini sebagai latar belakang. Suara alam akan enak didengar – kicau burung, berbagai spesies serangga, dan angin sepoi-sepoi yang menggoyang dedaunan di pepohonan.

Setelah menikmati keindahan alamnya, pengunjung dapat memilih aktivitas yang cocok untuk menikmati danau secara langsung. Tersedia pilihan perahu atau sepeda air bagi yang ingin mengarungi danau dan merasakan sejuknya angin Situ Rawa Gede tepat di atas air. Perahu sangat cocok untuk rombongan pengunjung, sedangkan sepeda air adalah pilihan yang cocok untuk mereka yang datang sendiri, bersama pasangan, atau dengan keluarga kecil.

Baca: Tiket Masuk Jungleland Sentul dan 12 Wahana yang Wajib Dicoba

Apakah Anda suka memancing? Anda juga bisa memancing di danau ini. Tidak ada kesempatan untuk menyewa peralatan memancing, jadi disarankan untuk membawa perlengkapan sendiri. Berbagai ikan hidup di danau ini, termasuk mujair dan mujair. Ikan ini juga bisa diberi makan langsung dengan makanan yang bisa dibeli dari kios-kios di sekitar danau.

Jembatan Warna-Warni di Situ Rawa GedeMenyeberangi sebagian Situ Rawa Gede dengan jembatan apung – Foto: Google Maps/jaka suganda

Jika Anda hanya ingin bersantai tanpa terlalu banyak aktivitas, cobalah menyeberangi danau melalui jembatan apung. Jembatan bambu yang ditopang tong warna-warni ini juga sering dijadikan spot foto. Tidak perlu khawatir lelah karena jaraknya tidak terlalu jauh.

Bersantai di kolam renang

Berbagai kolam dibuat di sekitarnyaPengunjung dapat menikmati kolam renang, kolam terapi ikan, dan kolam dayung – Foto: Google Maps/basecamp gojek kramat aris

Ingin mencoba aktivitas menarik lainnya? Cobalah mampir ke kolam renang, kolam dayung atau kolam terapi ikan. Pengunjung tidak bisa berenang di Danau Situ Rawa Gede, namun pihak pengelola telah menyediakan kolam untuk berenang sesuka hati.

Di sebelah kolam renang terdapat kolam dengan ikan terapi yang bisa menghilangkan sedikit penat. Sambil mulut ikan menggelitik kaki, pengunjung bisa bersantai menikmati sejuknya udara laut.

Baca: Wisata Situ Ciburuy di Sejuknya Telaga Hijau

Kolam lain yang bisa digunakan untuk relaksasi yaitu paddling pool. Kolam ini cukup unik karena berada tepat di bawah air terjun kecil. Ya, kolam dayung ini berisi air yang mengalir dari air terjun ini. Bisa dibayangkan betapa segarnya air yang ada di dalamnya bukan?

berkemah dan berkumpul selfie

Pengunjung memancing di danauAda perkemahan di sekitar Situ Rawa Gede – Foto: Google Maps/doel’ Liionk

Bagi pecinta alam yang ingin bermalam, Situ Rawa Gede juga memiliki lahan sendiri. Tanpa mengeluarkan banyak biaya, pengunjung dapat membawa dan mendirikan tenda di sekitar danau yang ada. Penyewaan tenda dan peralatan belum tersedia, jadi pastikan untuk membawa sendiri.

Tenggelam di langit malam yang penuh bintang, Anda akan merasakan perasaan menghabiskan malam dengan damai. Pengunjung tidur ditemani suara angin malam dan hewan-hewan yang hidup di kawasan tersebut. Suhu udara di kawasan ini turun terutama setelah hujan, jadi jangan lupa membawa penghangat ekstra seperti selimut dan jaket.

Baca: Tiket Masuk dan Wahana Taman Wisata Situ Gintung

Jangan lupa untuk mengabadikan momen kunjungan Anda ke Situ Rawa Gede. Selain pemandangan landscape yang indah, ada beberapa air terjun alami yang bisa menjadi tempat menarik untuk selfie atau selfie selfie. Ada juga berbagai fasilitas cantik yang sengaja dibuat untuk fotografi, seperti Taman Cinta dan air mancur.

Tanaman Rawa Gede Situ

Fasilitas di tempat wisata ini adalah tempat parkir, toilet, mushola, tempat istirahat dan warung makan yang dilengkapi dengan saung. Fasilitas utama adalah perahu, area berkemah, kolam renang, kolam dayung, kolam terapi dan taman.

Lokasi Situ Rawa Gede

Obyek wisata ini terletak di Desa Sirnajaya, Kecamatan Sukamakmur, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Tempat ini dapat dicapai dengan sepeda motor atau mobil. Jaraknya sekitar dua jam perjalanan dari Jakarta (Jalan Tol Jagorawi – Citeureup – Sukamakmur), namun Anda juga bisa menggunakan sepeda motor dengan rute Cibubur – Cipanas Puncak – Sirnajaya. Dari Bogor, pengendara bisa memilih jalur Sentul atau Jonggol, sedangkan sepeda motor bisa melalui Cimahpar – Leuwi Hejo – Citeureup.

Source: travelspromo.com

Related Articles

Back to top button