Tempat Wisata

Curug Bibijilan, air terjun berundak yang dikelilingi hutan pinus cantik di Sukabumi

harga tiket: Rp5.000 Waktu aktif: 08.00-18.00 WIB, Alamat: Cimerang, Kec. Purabaya, Cab.Sukabumi, Jawa Barat; Bahan pengikat: pemeriksaan situs

Sukabumi memiliki beragam keindahan alam yang memukau sebagai tujuan wisata, salah satunya Curug Bibijilan. Secara geografis kawasan ini masih dicirikan oleh kondisi alam yang asri dan menarik untuk ekspor. Beragam destinasi alam, mulai dari air terjun, pantai hingga perbukitan, bisa menjadi alternatif liburan.

Air terjun atau air terjun merupakan tempat wisata di Sukabumi yang sangat digemari oleh masyarakat. Banyak wisatawan dari dalam maupun luar kota yang datang untuk menikmati keindahannya. Bagi Anda yang menyukai wahana air dan petualangan yang memompa adrenalin, wisata ini sangat direkomendasikan.

Curug Bibijilan merupakan destinasi air terjun terbaik di Jawa Barat. Keindahannya yang luar biasa menjadi daya tarik terbesar bagi pengunjung. Selain itu, kawasan wisata ini juga dilengkapi dengan banyak wahana yang membuat liburan semakin seru.

Daya tarik Curug Bibijilan

Daya tarik Curug BibijilanKredit foto: Instagram Suhematsunaga

Selain sebagai tempat yang masih terasa alami, wisata di Sukabumi memiliki banyak daya tarik. Berikut ulasan keunikan wisata air di Bibijilan.

1. Air terjun 14 langkah

Nama unik air terjun ini berasal dari bahasa sunda yang berarti “muncul”. Namanya karena pancaran air yang menyembul dari dalam bebatuan. Air di Curug Bibijilan berasal dari Gua Buniayu dengan aliran yang mengalir deras.

Dari kejauhan terlihat seolah-olah air keluar dari bebatuan besar dengan percikan putih. Batugamping tersebar tidak merata sehingga mengganggu aliran air. Namun, hal ini justru menambah pesona keindahan air terjun.

Ada 14 level, setiap level unik dan memiliki karakteristik yang berbeda. Pada umumnya wisatawan hanya berada di air terjun tingkat pertama dan kedua. Untuk naik ke level yang lebih tinggi, disarankan menggunakan pemandu wisata karena medannya yang ekstrim.

Setiap tingkat memiliki aliran air yang bersih dan relatif kuat. Anda juga bisa menikmati segarnya air pegunungan di kolam alami.

2. Dikelilingi oleh hutan pinus yang indah

Ketinggian Curug Bibijilan sekitar 100 meter dengan air berwarna biru kehijauan yang indah. Dari ketinggian air terjun ini Anda bisa melihat hutan pinus yang mengelilingi air terjun.

Hutan pinus yang asri mengelilingi air terjun membuat tempat ini terasa lebih sejuk. Selain pemandangan air terjun, pemandangan alam yang hijau menyegarkan mata para wisatawan. Suasana alam semakin pekat dengan suara gemericik air dan kicauan burung liar di tempat wisata tersebut.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Curug BibijilanKredit foto: Instagram Nandi

Sukabumi merupakan daerah di Jawa Barat dengan destinasi alam yang menarik. Untuk mencapai Curug Bibijilan Anda harus melewati jalan akses yang agak panjang. Meski demikian, pesonanya tak pernah gagal memikat pengunjung.

Alamat destinasi wisata ini berada di Kampung Lebak Nangka yang tidak jauh dari Gua Buniayu. Tepatnya berada di desa Kerta Angsana yang termasuk dalam kecamatan Nyalindung Jawa Barat.

Dari pusat Sukabumi, dibutuhkan waktu sekitar 1 jam berkendara menuju Curug Bibijilan. Akses jalan menuju lokasi dapat diakses dengan kendaraan roda dua dan empat. Anda dapat mengarahkan kendaraan menuju Goa Buniayu hingga menemukan pintu masuk menuju air terjun.

Dalam perjalanan Anda akan melintasi hutan pinus sekitar 1,5 km. Setelah itu menuruni bukit dengan akses jalan beraspal dan berhenti di Pos Jaga 2. Setelah Pos Gua Buniayu 2, jalan kaki beberapa menit saja menuju air terjun.

Selain menggunakan kendaraan pribadi, wisatawan juga bisa menggunakan kendaraan umum. Untuk mencapai Curug Bibijilan, Anda dapat menggunakan angkutan umum dan bus.

Setelah berhenti di terminal bus tujuan, anda bisa melanjutkan ke tempat tujuan dengan ojek. Jika Anda berhenti di Monumen Kampus Rindu Alam, Anda perlu berkendara kurang lebih 2 km untuk sampai ke lokasi.

Pengunjung harus berhati-hati karena harus berjalan melewati hutan pinus. Apalagi jalur menuju air terjun cantik ini berlumpur dan licin sehabis hujan.

Jalur menuju tempat tersebut juga dihiasi dengan tebing-tebing yang terjal, sehingga Anda perlu berhati-hati saat berjalan. Agar lebih aman, wisatawan bisa memanfaatkannya Bahan pengikat atau pemandu jalan menuju air terjun.

Biaya masuk wisata alam

Harga tiket masuk Curug Bibijilan sangat terjangkau sehingga banyak wisatawan yang berlibur ke sini. Untuk masuk ke destinasi tersebut Anda hanya perlu membayar Rp8.000 per orang ditambah biaya parkir kendaraan Rp5.000-10.000. Biayanya tentu sangat terjangkau dengan pesona alam luar biasa yang masih terjaga.

Jika Anda akan berlibur bersama rekan atau keluarga, perhatikan jam buka objek wisata tersebut. Destinasi ini buka setiap hari mulai pukul 08.00 hingga 18.00 WIB.

Pastikan berlibur ke tempat ini saat cuaca cerah, karena kawasan air terjun tutup saat musim hujan. Karena debit air yang semakin besar dan akses jalan yang licin dapat membahayakan pengunjung.

Kegiatan seru yang bisa dilakukan di Curug Bibijilan

Aktivitas seru di Curug BibijilanKredit foto: Instagram Kusti Wulan

Setelah mengenal atraksi dan tempatnya, selanjutnya akan dibahas aktivitas menarik di Curug Bibijilan. Ada banyak kegiatan yang bisa dilakukan di tempat seperti di bawah ini.

1. Berenang dan bermain air

Di tingkat air terjun terdapat kolam alami yang berisi air jernih dan segar. Dimana wisatawan bisa berenang dan bermain air di kolam tersebut. Kedalaman kolam berbeda-beda pada setiap tingkatannya, ada yang dalam dan ada pula yang dangkal.

Pengunjung harus memperhatikan aliran air di kolam sebelum berenang. Jika terlihat sulit, disarankan untuk tidak berenang. Hal ini untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan di Curug Bibijilan.

Anda juga bisa bermain air untuk menikmati sejuknya air selama berada di air terjun. Duduk di pinggir kolam sambil merenungi keindahan air terjun. Bagi wisatawan yang beruntung, Anda bisa melihat monyet di area air terjun.

2. Flying fox dan outbond

Bagi Anda yang menyukai aktivitas memompa adrenalin, Anda juga bisa mendapatkannya di Curug Bibijilan. Yang Bisa Dilakukan Turis keluar tantangan atau berpartisipasi dalam kegiatan rubah terbang. Untuk itu, persiapkan fisik dan mental Anda untuk mengikuti berbagai aktivitas menarik di lokasi.

3. Berkemah

pengunjung bisa berkemah di lokasi yaitu mendirikan tenda dan menikmati keindahan alam hingga larut malam. Anda bisa mendirikan tenda di antara hutan pinus yang siap memanjakan mata.

4. Berburu foto

Berfoto di Curug Bibijilan adalah suatu keharusan. Pesona alam yang indah bisa menambah feed Media sosial yang menarik. Ada deretan Pekerjaan yang bisa diabadikan seperti air terjun, telaga, hutan pinus dan masih banyak lagi.

Fasilitas yang tersedia di area air terjun

Fasilitas air terjun BibijilanKredit foto: Instagram ujang dereded12

Curug Bibijilan terbilang lengkap dari segi fasilitas umum yang disediakan. Fasilitas tersebut tentunya membuat wisatawan semakin betah berlibur.

Di dalam lokasi terdapat toilet umum, mushola dan tempat parkir kendaraan yang luas. Kawasan ini juga menawarkan gazebo yang bisa digunakan pengunjung untuk beristirahat. Ada juga warung makan yang menawarkan berbagai macam makanan dan minuman.

Bagi sebagian orang, liburan bukan lagi menjadi kebutuhan sekunder, melainkan salah satu kebutuhan yang sangat mendesak. Dilihat dari ulasan diatas, Curug Bibijilan sangat cocok untuk dimasuki Daftar Keinginan Liburan ketika liburan tiba.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Back to top button