Tempat Wisata

PUTUK TRUNO WATERFALL Pasuruan Tiket & Pesona Maret 2023

Harga tiket masuk Air Terjun Putuk Truno: Rp 15.000 – Rp 20.000. Jam buka: 08.00 – 16.00. Nomor Telepon : 0895 3505 22200. Alamat / Lokasi : Jl. Putuk Truno, Prigen, Pasuruan, Jawa Timur, Indonesia, 67157.

Kawasan Tretes di Pasuruan dikenal sebagai destinasi wisata yang populer. Kawasan di kaki Gunung Arjuno – Welirang ini dikenal sejuk dan memiliki pemandangan alam yang indah. Banyak juga tempat wisata berupa air terjun, seperti B. Air Terjun Kakek Bodo dan Air Terjun Putuk Truno.

Air Terjun Putuk Truno merupakan alternatif wisata air terjun yang tidak terlalu jauh dari hiruk pikuk kota. Air terjun legendaris ini tidak hanya mudah dijangkau, tetapi juga menawarkan pemandangan yang alami dan menakjubkan.

Tiket Masuk Air Terjun Putuk Truno Pasuruan

Tiket masuk kawasan wisata ini dibedakan untuk weekdays dan weekend atau hari libur. Namun, Anda tidak perlu khawatir karena harganya sangat terjangkau.

Biaya masuk
Hari biasa Rp 15.000
Hari Libur/Akhir Pekan Rp 20.000

Baca: Tiket Masuk PASURUAN SKY DOOR dan Wahana Seru

jam buka

Tempat wisata ini terbuka untuk umum dari pagi hingga malam hari setiap harinya. Wisatawan biasanya berduyun-duyun ke objek wisata ini pada akhir pekan dan hari libur.

jam operasi
Sehari-hari 08.00 – 16.00 WIB

Pesona air terjun Putuk Truno

Air Terjun Putuk TrunoAir Terjun Putuk Truno terletak di Kecamatan Prigen, Pasuruan – Foto: Google Maps

Baca: Tiket Masuk dan Wahana TAMAN SAFARI PRIGEN

Air Terjun Putuk Truno adalah salah satu dari sekian banyak tempat wisata populer di Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur. Ini adalah salah satu dari banyak air terjun di kaki Gunung Arjuno – Welirang. Namun lokasinya tidak terlalu jauh dari jalan raya dan cukup mudah dijangkau.

Dengan ketinggian 45 meter, air terjun ini menawarkan latar belakang alam yang mempesona. Aliran air yang deras diselimuti oleh hutan yang masih alami dan sejuknya udara dataran tinggi. Selain indah dipandang, Air Terjun Putuk Truno dipercaya juga bisa menghadirkan cinta yang langgeng dan langgeng bagi dua sejoli.

Kecantikan yang Dapat Diakses

Air terjun Putuk Truno Prigen memiliki tinggi 45 meterIndahnya pelangi sering terlihat di sekitar Putuk Truno – Foto: Google Maps/wiedy Aries

Baca: Tiket Masuk dan Aktifitas Air Terjun KAKEK BODO Pasuruan

Jika air terjun alami biasanya berada jauh di dalam hutan dan sulit dijangkau, hal ini berbeda dengan Air Terjun Putuk Truno. Meski dikelilingi hutan lebat, objek wisata ini mudah diakses. Pengunjung tidak membutuhkan energi tambahan, mis. B. trekking sepuluh menit, atau ketahanan fisik untuk melewati rute ekstrim.

Untuk menuju gerbang depan, wisatawan harus melalui jalan menanjak yang cukup terjal. Jalan ini sebenarnya mudah dilalui dengan kendaraan seperti mobil, bus, sepeda motor dan sepeda.

Namun, karena lebar dan tanjakan jalan cukup berat, bus mungkin perlu lebih berhati-hati dan memperhatikan kondisi rem. Tanjakan ini juga menarik untuk menguji ketahanan saat bersepeda.

taman alam

Dikelilingi oleh hutan hijauAir terjun yang dikelilingi lembah dan hutan alam – Foto: Google Maps/Ditta Alfianto

Baca: Tiket Masuk dan Wahana BHAKTI NATURAL AGRICULTURE Pasuruan

Saat memasuki area jalan menanjak, suasana hutan yang asri akan langsung menyapa Anda. Di tengah jalan, deretan pepohonan di cagar alam menyejukkan mata dan udara. Penat dan penat segera tergantikan dengan sejuknya suasana hutan yang menyejukkan hati.

Pengunjung harus memasuki jalur dari tempat parkir. Bukan jalan tanah merah yang licin, melainkan jalan berbatu yang dihiasi tanaman hias di kanan kirinya. Pengunjung tidak perlu khawatir dengan faktor keamanan dan kenyamanan.

Harap dicatat bahwa jalan ini adalah hutan di sisi kanan sedangkan sisi lainnya adalah jurang. Jangan sampai lengah dan terperosok ke dalam perangkap terpesona dengan keindahan panorama hutan dan tebing di sekitar Anda! Jika lelah, istirahatlah di tempat yang telah ditentukan.

Keindahan Tersembunyi

Bilik fotoPosisi air terjun yang berada di tengah tebing membuatnya tampak seperti harta karun – Foto: Google Maps/Chrysanti Indriani

Baca: Tiket Masuk Kebun Raya Purwodadi dan Aneka Taman

Tidak butuh waktu lama untuk sampai ke lokasi air terjun. Setelah 10 menit berjalan kaki, pengunjung sudah sampai di air terjun Putuk Truno. Air terjun setinggi sekitar 45 meter ini muncul dari atas tebing dengan posisi agak tersembunyi. Itu terletak seolah-olah di antara pengepungan berat dinding batu yang bergulung-gulung yang dihiasi dengan hutan alam yang lebat.

Dengan arus yang deras, air terjun ini terkesan berbahaya jika didekati. Tapi hati-hati, air yang jatuh menciptakan danau dangkal di dasarnya. Dihiasi oleh persebaran bebatuan alam, danau ini memiliki air yang sangat jernih dan bersih.

Obyek wisata ini dikelola dan dirawat dengan baik agar tetap bersih dan nyaman untuk rekreasi. Ada pondok-pondok untuk piknik sambil menikmati keindahan air terjun dari jauh. Ada juga anjungan bambu yang menawarkan pemandangan terbaik dari air terjun ini.

Baca: 9 Tempat Wisata Pilihan di Pasuruan

Legenda cinta abadi

taman di sekitar air terjun Putuk Truno PrigenWisatawan bermain dan bersantai di sekitar air terjun – Foto: Google Maps/Tintus Ardi

Keberadaan air terjun ini tak lepas dari legenda dan mitos yang diturunkan dari generasi ke generasi. Pasangan yang mandi di bawah air terjun ini diyakini memiliki hubungan cinta yang langgeng. Konon, karena Putuk Truno adalah tempat menyatunya cinta Joko Taruno, pangeran Majapahit, dan Putri Sri Gading Lestari, putri penguasa Madura.

Baca: Tiket Masuk dan Wahana Taman Dayu Waterpark Pasuruan

Alkisah, Raja Hayam Wuruk dan seorang selir memiliki seorang putra bernama Joko Taruno. Pangeran Majapahit ini kemudian jatuh cinta dengan seorang putri bernama Putri Sri Gading Lestari. Ayah sang putri, Raja Arya Wiraraja, tidak menyetujui hubungan tersebut. Sang putri dibuang untuk bertapa di Coban Baung, sebuah air terjun di Purwodadi.

Joko Taruno pun bersemedi pada Putuk Truno agar mendapatkan kekuatan untuk membebaskan diri dan kembali bersama sang putri. Dengan kegigihannya, Joko Taruno berhasil dipertemukan kembali dengan kekasihnya dan membawanya ke Putuk Truno. Dari legenda inilah muncul mitos bahwa air terjun Putuk Truno bisa mempererat cinta sejoli.

Perabot

Fasilitas tempat wisata ini lengkap dan memadai. Tempat parkirnya luas, di sekitar air terjun terdapat kamar kecil, gubuk dan beberapa warung makan. Ada juga platform untuk selfie yang menawarkan pemandangan indah dan Cocok untuk instagram.

Lokasi Air Terjun Putuk Truno Prigen

Air Terjun Putuk Truno terletak di Jalan Putuk Truno, Kecamatan Prigen, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur. Lokasi dapat dijangkau dengan kendaraan pribadi roda dua dan roda empat. Jalanan yang sempit pasti menjadi masalah bagi mereka yang ingin datang berombongan dengan bus besar.

Source: travelspromo.com

Related Articles

Back to top button