Tempat Wisata

Puncak Mowewe, berbagai spot foto keren dengan pemandangan alam memukau di Kolaka Timur

Melewati jalur Kolaka-Kendari, ada baiknya berhenti di Puncak Mowewe untuk beristirahat dan menikmati pemandangan yang indah. Bagaimana panoramanya?

harga tiket: Bebas, Waktu aktif: 24 jam, Alamat: J L. Axis Kolaka – Kendari Km.30 Mowewe, Horodopi, Kec. Mowewe, Kab. Kolaka Timur, Sulawesi Tenggara; Bahan pengikat: pemeriksaan situs

Tidak pernah ada kekurangan tempat wisata di Indonesia. Pengunjung dapat dengan mudah menemukannya di berbagai belahan nusantara. Salah satunya adalah Puncak Mowewe. Keindahan tempat wisata yang satu ini tentunya tidak bisa diabaikan begitu saja.

Wisata ini berlokasi di Sulawesi Tenggara, lebih tepatnya di Kolaka Timur. Wisata ini dikelola oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Kolaka Timur. ada banyak Pekerjaan menarik yang bisa dijadikan tempat berfoto.

Sebenarnya belum banyak orang yang tahu tentang wisata yang satu ini karena belum ada proses pemasarannya. Jika Anda mencari di internet, Anda tidak dapat menemukan terlalu banyak ulasan. Oleh karena itu, penjelasan berikut ini sangat membantu.

Daya Tarik Puncak Mowewe

Objek Wisata Puncak MoweweSumber gambar: Google Maps Alva Noviantono

Meski belum terkenal di Indonesia, puncak ini sudah menjadi tujuan wisata yang populer bagi masyarakat Kolaka. Pasalnya, tempat wisata tersebut memiliki beberapa objek wisata yang sangat layak untuk dikunjungi.

1. Memiliki tempat selfie

Tempat wisata ini berada di pinggir jalan sehingga mudah diakses. Daya tarik utamanya adalah Spot Selfie yang membuat banyak pengunjung datang kesana. ada banyak Pekerjaan foto selfie yang menarik.

Latar belakang pemandangan yang indah juga akan menonjolkan foto yang diambil di sana Instagramable. Jadi jika Anda suka mengambil foto dan bermain Instagram, Anda tidak boleh melewatkan tur ini.

2. Dikelilingi pepohonan dan sawah

Puncak Mowewe, Kolaka Timur, memiliki pemandangan yang luar biasa. Pemandangan alam yang indah dapat dilihat hampir di seluruh area. Di sekitar kawasan ini terdapat hamparan sawah hijau yang indah.

Tidak hanya itu, pepohonan rindang di sekitarnya juga membuat tempat ini terlihat sangat asri. Hal ini tentunya sangat cocok bagi pengunjung yang ingin rehat sejenak dari keseharian.

3. Banyak tempat istirahat

Tidak hanya pemandangan dan Spot Selfie Tentunya destinasi wisata yang satu ini juga memiliki tempat peristirahatan yang menenangkan. Pengunjung dapat memilih beberapa area tempat duduk untuk beristirahat setelah berkeliling area.

Biasanya tempat untuk foto-foto selfie jjuga sering digunakan sebagai tempat peristirahatan. Itu karena suasana di daerah itu sangat sejuk.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Puncak MoweweSumber gambar: Google Maps Harseto Batti

Kolaka Timur atau yang juga dikenal dengan Koltim merupakan salah satu kabupaten di Provinsi Sulawesi Tenggara. Terdapat 17 kabupaten di provinsi ini, namun Kolaka Timur merupakan daerah yang cukup banyak pariwisatanya.

Di antara sekian banyak tujuan wisata di Kalimantan Timur, Puncak Mowewe adalah yang paling terkenal di kalangan penduduk setempat. Meski tidak banyak orang di luar Sulawesi yang mengetahui tempat ini, puncaknya menjadi indah harta karun Harus.

Alamatnya Jalan Poros Kolaka, Kendari, Km.30 Mowewe, Kabupaten Kolaka Timur, Sulawesi Tenggara. Untuk menuju ke sana, pengunjung bisa menggunakan berbagai sarana transportasi karena letaknya di pinggir jalan utama.

Berangkat dari Kota Kolaka, pengunjung perlu menempuh perjalanan 45 menit untuk sampai ke sana. Tempatnya juga di pinggir jalan penghubung antar provinsi, jadi aksesnya juga sangat mudah.

Sehingga pengunjung dapat mencari lokasinya di Peta Google mudah untuk mencapai tempat wisata ini. Biasanya pengendara yang menempuh jalur poros Kolaka-Kendari beristirahat di tempat ini. Mereka beristirahat sejenak sebelum melanjutkan perjalanan.

Biaya masuk wisata alam

Meski menjadi wisata ikonik di Sumatera Utara, pengunjung tidak dipungut biaya sama sekali alias gratis untuk masuk ke tempat wisata ini.

Nah, bagi pengunjung yang suka selfie, tempat ini tentu sangat cocok karena tidak perlu mengeluarkan biaya apapun untuk mendapatkan foto terbaik.

Aktivitas menarik di Puncak Mowewe

Aktivitas menarik di Puncak MoweweSumber gambar: Google Maps Ilham Chanif

Setelah mengetahui pesona dan kelebihan tempat wisata Puncak Mowewe, kini wisatawan juga perlu mengetahui aktivitas apa saja yang bisa dilakukan saat berkunjung ke sana.

1. Mempertimbangkan lanskap sekitarnya

Hal utama yang biasa dilakukan pengunjung saat datang ke sana adalah menikmati pemandangan di kawasan tersebut. Tentunya saat angin berhembus, suasana di sana bisa lebih menenangkan.

Bagi pengunjung yang ingin keluar sejenak dari rutinitas, tempat ini wajib dikunjungi. Kapan lagi bisa melihat panorama indah dari puncak terkenal di Kolaka ini kan?

2. Istirahat

Sebagian besar pengunjung yang mencapai puncak adalah para penunggang kuda yang beristirahat setelah menempuh perjalanan jauh. Hal ini dikarenakan letaknya yang berada di jalur lintas provinsi.

Oleh karena itu, bagi pengunjung yang datang ke Kolaka dan menuju Kendari melalui jalur Kolaka atau sebaliknya, sebaiknya istirahat terlebih dahulu di kawasan ini.

Nikmati pemandangan yang mempesona sambil beristirahat sejenak. Wisatawan juga bisa makan atau minum sambil duduk di tempat peristirahatan yang ada di kawasan tersebut.

3. Mencari anggrek

serat anggrek Dendrobium bermanfaat merupakan jenis anggrek yang mudah ditemukan di Sulawesi Tenggara, khususnya di Kolaka. Bagi penduduk setempat, bunga anggrek lebih dikenal dengan sebutan sorum.

Anggrek tidak tumbuh di tanah, melainkan di pohon yang tinggi. Warnanya juga kuning keemasan yang membuat tanaman ini lebih unik dari yang lain. Itu sebabnya disebut juga tanaman Tuhan.

Biasanya, penduduk setempat memproduksi tanaman tersebut sebagai bahan baku pembuatan kain. Diantaranya adalah songkok, tikar tradisional dan tikar kalosara atau anyaman berbentuk persegi. Kepang digunakan dalam upacara adat.

4. Ambil gambar

Banyak Spot Selfie ditemukan di kawasan wisata. Bukan sekedar tempat berfoto, noda Selain itu juga digunakan pengunjung untuk bersantai atau beristirahat sambil menikmati pemandangan sekitar.

Jadi jika ingin rehat sejenak dari kota dengan suasana alam yang sejuk, tak ada salahnya untuk berkunjung. Dengan begitu pengunjung bisa berpikir lebih santai dan mendapatkan foto yang bagus untuk diunggah ke media sosial.

Pengunjung juga bisa menyeruput kopi atau menyantap makanan ringan sambil menikmati pemandangan sawah yang terhampar luas di kawasan tersebut.

Namun, tetap jaga tempat wisata tersebut agar tetap terjaga dengan baik. Jangan tinggalkan sampah di sana dan jangan merusak fasilitas karena akan sangat mengurangi daya tarik kawasan tersebut.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas Puncak MoweweSumber gambar: Google Maps Harseto Batti

Padahal, tempat wisata ini masih perlu mendapat perhatian lebih dari pemerintah daerah agar lebih banyak orang yang mengenalnya. Fasilitas yang tersedia disana juga tidak begitu lengkap seperti wisata lain yang lebih terawat.

Terdapat beberapa fasilitas umum seperti rest area, toilet dan warung. Jadi istirahatlah dengan nyaman di sana sambil menikmati jajanan yang dijual warga setempat.

Pemerintah diharapkan mampu merevitalisasi Puncak Mowewe agar lebih menarik bagi wisatawan. Areal perlu diperluas agar dapat dibangun fasilitas yang lebih lengkap. Melewati Kolaka-Kendari, wisatawan tidak akan rugi jika mampir ke tempat wisata ini.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Back to top button