Tempat Wisata

14 macam sambal nikmat di Waroeng SS, siap menggoyang lidah

Pecinta sambal pasti tahu kalau Waroeng SS menawarkan berbagai macam sambal yang nikmat. FYI: Waroeng SS atau Warung Pakar Sambal menyajikan berbagai macam sambal yang bersumber dari seluruh Indonesia.

Didirikan di Yogyakarta pada tahun 2002, Bapak Yoyok Hery Wahyono memutuskan untuk membuka perusahaan yang produk utamanya adalah sambal Indonesia.

Bagi pemiliknya, menggiling sambal merupakan hobi yang membawa keberuntungan. Karena itu, semangatnya untuk berbisnis semakin besar. Hingga saat ini, lebih dari 15 jenis sambal tersaji di Waroeng SS.

Sambal Pak Yoyok memiliki cita rasa yang khas. Jika Anda mencari rekomendasi, Anda dapat memeriksa informasi di bawah ini.

1. Sambal Bajak Laut

Sambal Bajak Laut

Sambal bajak merupakan salah satu produk Waroeng SS yang memiliki tingkat ketajaman sedang. Rasanya agak dominan hangat dan pedas, yang bisa digolongkan manusiawi.

Nah, Waroeng SS membuat inovasi baru dalam penyajian sambalnya Di Sini. Sambal bajaknya dibubuhi daun jeruk untuk aroma segar yang menggoda selera.

Berbicara tentang asal usul: Saus bajak laut ini memiliki sejarah yang panjang Kamu tahu. Menurut legenda, sambal ini sudah ada sejak abad ke-10 M. Nenek moyang menyajikan sambal ini kepada keluarganya yang bekerja membajak sawah. Oleh karena itu saus sambal ini disebut juga saus sambal

Cabai rawit, bawang putih dan bawang merah digunakan sebagai bahan. Kemudian tambahkan gula merah, gula pasir dan garam.

2. Sambal bawang

saus bawang

Sambal Bawang Waroeng SS merupakan produk yang laris manis. Biasa di Pulau Jawa, sambal jenis ini menggunakan bahan-bahan yang mudah ditemukan, seperti bawang merah, cabai keriting, dan cabai rawit.

Sambal bawang merupakan salah satu jenis sambal yang cocok dipadukan dengan berbagai masakan seperti masakan daging dan masakan lainnya. Nah, tingkat kepedasan Sambal Bawang Waroeng SS ini cukup pedas, cocok untuk kamu yang suka makanan pedas.

3. Sambal Gong So

Sambal Gongso

Sambal Gongso adalah saus tumis. gongso sendiri merupakan bahasa Jawa dan berarti “digoreng”. Populer di Jawa Tengah dan Jawa Timur, sambal jenis ini sering digunakan sebagai bumbu masakan ayam.

Di Waroeng SS hanya tersedia sambal gongso dan bisa ditambahkan ke lauk favorit seperti ikan goreng, ayam goreng atau menu lainnya.

Sambal Gongso tidak memiliki tingkat ketajaman yang tinggi. Rasa gurihnya mendominasi, jadi pasti menggelitik lidah yang baru saja mencicipi sambal khas Indonesia yang cenderung pedas.

4. Sambal belut

Sambal Belut

Jenis sambal di Waroeng SS mungkin tidak begitu familiar. Tetapi jika Anda melihatnya Bahan-bahanSebenarnya sambal ini merupakan sambal yang biasa dibuat oleh masyarakat Jawa.

Beberapa bahan yang digunakan untuk membuat sambal belut antara lain cabai merah keriting, cabai rawit, bawang putih dan bumbu lainnya.

Setelah semua bumbu siap, daging belut dipotong-potong dan diaduk rata. Sambalnya terasa lebih nikmat berkat daging belut yang mengenyangkan. Anda harus mencicipi sambal ini dan menikmatinya dengan lauk yang Anda suka.

5. Sambal Gobal Gabul

Sambal Gabul Dunia

Sambal Gobal Gabul merupakan sambal dengan penyajian yang unik. Satu porsi berisi 5 jenis sambal yang berbeda dan disajikan dalam lesung. Jenis sambal antara lain Sambal Bajak Laut, Sambal Teri, Sambal Terasi Matang, Sambal Rempelo Ati, dan Sambal Gudangan.

Sambal Gobal Gabul bisa menjadi pilihan menarik bagi Anda yang ingin mencoba rasa cabai yang berbeda dalam sebuah hidangan. Di semua itu Anda bisa mencicipi Sambal Gobal Gabul tempat penjualan Waroeng SS. Dijamin bikin kamu ketagihan.

6. Saus Kecap

Saus cabai, kecap

Bagi Anda yang suka makan ayam bakar atau ikan bakar, kecap adalah pelengkap yang pas untuk hidangan ini. Seperti namanya, kecap merupakan salah satu jenis sambal yang bahan utamanya adalah kecap manis.

Agar lebih harum dan rasanya lebih enak, kecap Waroeng SS menggunakan irisan bawang merah, cabai merah, dan jeruk nipis. Rasa jeruk membuat sambal lebih segar dan meminimalisir bau amis ikan atau ayam.

7. Sambal mangga muda

Sambal mangga muda

Sambal mangga muda akhir-akhir ini banyak disajikan di berbagai warung tenda dan tempat makan sebagai pendamping masakan ikan dan ayam. Sambal jenis ini disajikan dengan irisan mangga muda yang segar.

Rasa mangga yang masih muda membuat sambalnya lebih variatif. Sambal mangga muda tidak hanya pedas, gurih dan manis, tapi juga memiliki rasa asam yang menyegarkan. Oh ya, bahan yang digunakan dalam sambal ini adalah cabai rawit, cabai merah keriting, serta gula merah dan terasi untuk penyedap rasa.

Baca juga: Top 10 Tempat Makan Sayur Segar Paling Enak di Malang

8. Sambal nanas muda

Sambal nanas muda

Saus nanas muda ini populer di Kalimantan Timur dan Sumatera Utara. Di sana, sambal jenis ini sering digunakan untuk masakan daging. Nanas muda dalam sambal yang terdiri dari cabai rawit dan cabai merah keriting membuat rasa cabai lebih segar dan juicier.

Buah nanas tidak diiris tipis dalam saus ini, melainkan dipotong dadu. Kehadiran potongan nanas tersebut tidak hanya menambah cita rasa, tetapi juga membuat sambal lebih mudah untuk Anda cerna.

9. Sambal tahu

Tahu sambal

Apakah Anda tahu cara membuat sambal? Sangat mungkin. Waroeng SS membuktikannya. Tahu yang biasa disajikan sebagai lauk ini digunakan oleh Pak Yoyok, sang pemilik, sebagai bagian dari bahan sambal. Tahu ini dihaluskan dan dicampur dengan bahan cabai.

Bahan-bahan yang digunakan untuk membuat sambal antara lain cabai merah matang, bawang putih, cabai rawit untuk menambah panas, dan garam. Bumbunya mudah tapi rasanya luar biasa.

10. Sambal Tempe

sambal tempe

Selain sambal tahu, sambal tempe Waroeng SS juga wajib kamu coba. Sentuhan sambal ini membuktikan tempe bisa dijadikan menu baru yang nikmat menemani nasi.

Sambal Tempe menggunakan tempe matang yang kemudian diaduk dan dicampur dengan sambal. Yang lebih nikmat lagi adalah sambalnya yang dibuat dengan cabai rawit merah, bawang putih, dan cabai merah keriting, serta gula merah dan garam. Aroma tempe kedelai memberikan cita rasa yang nikmat dan menggugah selera.

11. Sambal Teri

Sambal Teri

Bagi Anda yang menyukai sambal dengan rasa pedas dan asin, sambal teri pasti cocok dengan selera Anda. Berasal dari Nusa Tenggara Timur, sambal ini memiliki tingkat kepedasan sedang.

Bahan saus ikan teri relatif sederhana, hanya cabai merah keriting, bawang merah, cabai rawit, tomat, dan garam.

Di beberapa tempat, sambal teri ditambah dengan jeruk purut dan daun kemangi membuat cita rasanya semakin harum. Jika anda penasaran dengan rasa Waroeng SS Ikan Teri Sambal, anda bisa memesannya di toko terdekat.

12. Sambal tomat

Saos tomat

Saus tomat yang dibuat oleh Waroeng SS merupakan perpaduan sambal terasi matang dan tomat segar. Cabe ini memiliki rasa yang tidak terlalu pedas dan memiliki rasa yang sedikit manis dan segar.

Saus tomat tidak hanya enak dengan ikan atau daging panggang, tetapi juga dengan sayuran panggang. Rasa saus tomat memperkaya cita rasa sayuran tumis. Saus tomat Waroeng SS memiliki rasa yang agak pedas. Selain itu, konsistensi sambalnya encer.

13. Sambal Terasi Ijo

Sambal Ijo Terasi

Jenis sambal ini merupakan salah satu sambal terbaik Waroeng SS.Semua bahan yang digunakan dalam sambal ini adalah cabe ijo keriting, cabe rawit keriting, ditambah gula pasir dan terasi matang.

Untuk menambah cita rasa, cabai hijau menggunakan perasan jeruk nipis yang memberikan variasi rasa. Sambal Terasi Hijau sangat cocok dengan berbagai hidangan seperti ikan berbumbu, ayam, sate, dan mie goreng.

14. Sambal cumi

Sambal cumi

Berkat unggahan media sosial, sambal cumi menjadi viral. Di masa lalu, hanya sedikit restoran yang menyajikan sambal cumi kepada pelanggannya. Sementara itu, sambal dengan potongan daging cumi ini mudah ditemukan.

Bagi anda yang menyukai rasa sambal pedas, sambal cumi merupakan sambal khas yang dapat memuaskan selera anda. Sambal cumi Waroeng SS memiliki kuah yang ringan, yang membuatnya berbeda dengan masakan cumi cumi resto lainnya.

Jadi sambal apa yang akan kamu pilih jika makan di Waroeng SS? Semua sambal dari tempat ini enak dan kaya rasa. Anda dapat memilih iringan apa pun untuk sambal. Ada berbagai lauk untuk dipilih makan di di Waroeng SS, seperti ayam kampung, ayam kampung, ikan, bebek, sapi, kulit ayam dan lain-lain.

Waroeng SS adalah tempat makan yang begitu rajinMemperbarui Menu. Menu baru selalu disajikan di sini dalam waktu tertentu. Anda bisa mengikuti informasi terbaru melalui media sosial dan langsung mulai mendapatkan sajiannya.

Source: keluyuran.com

Related Articles

Back to top button