Tempat Wisata

11 Pantai di Pulau Sumba yang Indah dan Populer

Setiap pantai di Pulau Sumba memiliki pesona yang berbeda. Begitu juga dengan rekomendasi pantai di Sumba berikut ini!

Pulau Sumba memiliki banyak sekali kawasan wisata bahari yang bisa dikunjungi oleh wisatawan. Dari sekian banyak tempat wisata yang ada di kawasan ini, wisata pantai menjadi pilihan yang paling banyak diminati wisatawan. Maka dari itu, sebelum anda menghabiskan liburan disini, ada baiknya anda mencari tahu terlebih dahulu mengenai beberapa pantai yang ada di pulau sumba dan pesonanya masing-masing.

Salah satu kesamaan dari sebelas pantai ini adalah kejernihan air lautnya yang menakjubkan. Bahkan ada sebagian orang yang mengatakan bahwa keindahan air laut di sini tak kalah dengan keindahan air laut di Maldives. Jadi anda tidak perlu merogoh kocek terlalu dalam untuk menikmati keindahan air laut.

Hanya dengan mengunjungi beberapa wisata pantai ini, wisatawan sudah bisa menikmati keindahan alam dan suasana sejuk layaknya di luar negeri. Selain itu, mereka dapat menikmati berbagai jenis kegiatan yang sangat menyenangkan. Oleh karena itu, jangan lupa untuk mengingat nama-nama pantai di Pulau Sumba berikut ini!

Pada umumnya orang terlebih dahulu meriset daftar destinasi wisata di kota tujuan mereka sebelum berlibur ke sana. Wisatawan yang ingin berlibur ke Pulau Sumba di Nusa Tenggara Timur perlu mengetahui nama-nama pantai indah yang ada di pulau cantik ini. Beberapa dari mereka adalah:

1. Pantai Tarimbang

Pantai TarimbangFoto: Google Maps/Griselda Merrie

Jika berbicara tentang keindahan pantai Pulau Sumba, kebanyakan orang langsung mencetuskan nama Pantai Tarimbang sebagai jawabannya. Wisata pantai di kawasan Tabundung ini memiliki ombak yang cukup besar menjadikannya spot yang bagus berselancar.

Selain berselancar (berselancar), wisata bahari juga sering dijadikan sebagai tempat snorkeling. Hal ini dikarenakan Pantai Tarimbang memiliki keindahan bawah laut yang menakjubkan. Bahkan, keindahan bawah laut ini juga bisa dilihat langsung saat pengunjung berada di permukaan pantai.

harga tiket: Bebas; Bahan pengikat: verifikasi lokasi
Alamat: Tarimbang, Kec. Tabundung, Kab. Sumba Timur, Nusa Tenggara Timur.

2. Pantai Peru

Pantai PeruFoto: Google Maps/Ika Prawesty Wulandari

Berbeda dengan Pantai Tarimbang yang berada di kawasan Tabundung, Pantai Pero berada di kawasan Kodi Sumba barat daya. Meski wilayahnya cukup jauh dari perkotaan, Pantai Pero masih mudah diakses. Salah satu keistimewaan dari wisata pantai ini adalah bagian hilir sungai tidak bermuara langsung ke laut.

Ini memisahkan bagian hilir sungai ini dari pantai berpasir putih, membuat hamparan pasir terlihat seperti jembatan dari jauh. Keunikan pasir putih yang terdapat di sini sering dimanfaatkan pengunjung Pekerjaan foto yang cukup unik.

harga tiket: Rp15.000; Bahan pengikat: verifikasi lokasi
Alamat: Pero Batang, Kec. Kodi, Kab. Sumba Barat Daya, Nusa Tenggara Timur.

3. Pantai Mendorak

Pantai MendorakFoto: Google Maps/Rino Tri Wiyoko

Tidak jauh dari Pantai Pero ada wisata pantai lain yang tak kalah indahnya yaitu Pantai Mendorak. Wisata bahari ini memiliki pantai pasir putih yang sangat lembut. Oleh karena itu, para orang tua tidak perlu khawatir anaknya terluka saat bermain di pasir putih ini.

Selain itu, Pantai Mendorak dianggap sebagai salah satu pantai terindah di Pulau Sumba, karena air lautnya yang masih sangat bersih dan keindahan alam bawah lautnya dapat dilihat dengan mata telanjang. Tentu pemandangan yang indah ini dapat memanjakan mata para pengunjung.

harga tiket: Rp50.000; Bahan pengikat: verifikasi lokasi
Alamat: Kalena Rongo, Kec. Kodi Utara, Kab. Sumba Barat Daya, Nusa Tenggara Timur.

4. Pantai Mananga Aba

Pantai Manangga AbaFoto: Google Maps/Kiang The

Dengan nama yang terdengar cukup unik, Pantai Mananga Aba kerap menarik perhatian wisatawan. Karena ombaknya yang tidak terlalu besar, wisata pantai ini sering dikunjungi oleh beberapa keluarga. Meski ombak di sini tidak sebesar pantai-pantai sebelumnya, namun wisata bahari ini tetap bisa dijadikan tempat berselancar.

harga tiket: Rp15.000; Bahan pengikat: verifikasi lokasi
Alamat: Karuni, Kec. Loura, Kab. Sumba Barat Daya, Nusa Tenggara Timur.

5. Pantai Marosi

Pantai MarsiFoto: Google Maps/The Sanubari

Pantai Marosi merupakan pantai di Sumba dengan akses jalan yang paling mudah. Oleh karena itu, tidak heran jika wisata bahari tidak pernah sepi, baik sedang berlibur maupun tidak. Pengunjung pantai cantik ini bisa mengagumi keindahan bebatuan yang menjorok ke laut secara langsung. Dengan begitu, pengalaman liburan bisa menjadi lebih tak terlupakan.

harga tiket: Bebas; Bahan pengikat: verifikasi lokasi
Alamat: Marosi, JL, Patiala Bawa, Kec. Lamboya, Kab. Sumba Barat, Nusa Tenggara Timur.

6. Pantai Bwanna

Pantai BwanaFoto: Google Maps/Fariz Haikal

Melihat foto-foto yang beredar di internet, mungkin ada yang mengira wisata pantai ini tidak dilakukan di wilayah Indonesia. Padahal, keindahan alam ini bisa dinikmati di kawasan Kodi Balagar Sumba barat daya. Pantai Bwanna merupakan kebanggaan tersendiri bagi masyarakat Pulau Sumba.

Jika berbicara tentang pantai pulau Sumba, kebanyakan orang pasti tidak lupa menyebut nama pantai cantik ini. Banyak sekali aktivitas menarik yang bisa dilakukan di sini, seperti berenang di pantai, bermain pasir, menikmati pemandangan laut di bawah atap gazebo yang sejuk dan lain sebagainya.

harga tiket: Rp15.000; Bahan pengikat: verifikasi lokasi
Alamat: Panenggo Ede, Kec. Kodi Bangedo, Kab. Sumba Barat Daya, Nusa Tenggara Timur.

7. Pantai Londa Lima

Pantai Londa LimaFoto: Google Maps/Yanpieter Guest Ama

Pantai Londa Lima terletak di daerah Kutta, Kanatang, Sumba Timur, sehingga cukup jauh dari wisata pantai sebelumnya. Tetap saja, itu tidak layak untuk diabaikan. Pepohonan rindang yang mengelilingi pantai cantik ini menambah daya tariknya.

Tidak hanya berselancar Dan snorkelWisata pantai ini memungkinkan pengunjung untuk pergi memancing saat berlibur. Dengan begitu banyak pilihan, pengunjung tidak akan cepat bosan. Bahkan, pengunjung juga bisa membeli ikan segar yang ditangkap langsung oleh nelayan setempat di kawasan tersebut.

harga tiket: Rp4.000; Bahan pengikat: verifikasi lokasi
Alamat: Kuta, Kec. Kota Waingapu, Kab. Sumba Timur, Nusa Tenggara Timur.

8. Pantai Puru Kambera

Pantai Puru KamberaFoto: Google Maps/XsentriX GTR

Pantai berpasir di pantai cantik ini tidak sama dengan wisata pantai lainnya. Terdapat bebatuan unik di beberapa sisi yang membuatnya semakin terlihat cantik. Keberadaan batu unik ini juga bisa Pekerjaan foto cantik Instagramable. Tentunya dapat memenuhi kebutuhan anak muda saat ini.

Alasan lain mengapa Pantai Puru Kambera menjadi salah satu pantai eksotik di Sumba yang wajib dikunjungi adalah karena wisata laut ini memiliki ombak yang cukup tenang dan aman. Keindahan laut akan terlihat lebih indah lagi di sini pada malam hari.

harga tiket: Bebas; Bahan pengikat: verifikasi lokasi
Alamat: Mondu, Kec. Kanatang, Kab. Sumba Timur, Nusa Tenggara Timur.

9. Pantai Kawona

Pantai KawonaFoto: Google Maps/Devavani Atakelan

Suasana romantis sudah bisa dirasakan begitu tiba di pintu masuk Pantai Kawona. Oleh karena itu banyak pasangan yang menjadikan tempat wisata pantai yang indah ini bulan madu. Kelebihan lain dari Pantai Kawona adalah jaraknya yang sangat dekat dengan Bandara Tambolaka. Sebab, lokasinya bisa dibilang cukup strategis.

harga tiket: Rp15.000; Bahan pengikat: verifikasi lokasi
Alamat: Wee Londa, Kec. Kota Tambolaka, Kab. Sumba Barat Daya, Nusa Tenggara Timur.

10. Pantai Ratenggaro

pantai RatenggaroFoto: Google Maps/Irvan Ogi

Pesona alam wisata pantai ini sama sekali tidak kalah dengan pesona alam wisata pantai mancanegara. Ini juga yang menjadi alasan mengapa banyak turis mancanegara yang ingin berlibur ke sini. Nantinya pengunjung bisa memilih sendiri pemandangan liburan yang diinginkan, karena Pantai Ratenggaro menawarkan dua jenis background yang menarik.

harga tiket: Bebas; Bahan pengikat: verifikasi lokasi
Alamat: Umbu Ngedo, Kec. Kodi Bangedo, Kab. Sumba Barat Daya, Nusa Tenggara Timur.

Karena pantai yang direkomendasikan di Pulau Sumba ini sangat populer di kalangan wisatawan lokal dan mancanegara, disarankan untuk berkunjung pada hari kerja. Di sisi lain, orang yang berkunjung ke wisata pantai pulau Sumba ini saat liburan pasti mengharapkan keramaian yang tak terhindarkan.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Back to top button