Tempat Wisata

Danau Setu Patok: harga tiket, foto, lokasi, fasilitas dan spot

Kerja sudah menjadi kewajiban. Dan tahukah Anda bahwa sesibuk apa pun pekerjaan Anda, otak butuh liburan? Luangkan waktu sejenak untuk menikmati keindahan tempat wisata di sekitar Anda. Sejuk rasanya bila membayangkan suasana pegunungan, laut atau hijaunya sekeliling. Objek wisata yang bisa Anda kunjungi kali ini adalah Danau Setu Patok.

Danau Setu Patok terletak di Mundu, Cirebon, Jawa Barat. Tempat ini sering dipadati wisatawan pada hari kerja atau akhir pekan. Banyak orang yang lebih menyukai keindahan tempat wisata ini karena pesona keindahannya.

Fasilitas di Danau Setu Patok

Danau Setu Patok memiliki beberapa fasilitas untuk membuat liburan Anda semakin nyaman, seperti tempat parkir yang luas, mushola, kamar mandi/toilet umum dan penginapan. Di sisi lain, tempat wisata ini memiliki ciwalk atau kawasan wisata yang terletak di pinggir waduk.

Fasilitasnya meliputi kabin wisata, area outbond, bumi perkemahan, dan kolam renang. Ada juga trek ATV, area painball dan sebagainya. Anda juga bisa menemukan warung-warung kecil di sekitar lokasi tempat Anda bisa menikmati makanan saat berkunjung.

Sejarah Danau Setu Patok

Setu Patok adalah nama rumah tangga karena Setu Patok tidak hanya dapat mengairi sawah tetapi juga merupakan daya tarik wisata domestik. Namun, dulu ketika sering terjadi banjir, Sungai Naggela yang mengaliri Desa Setu sering tergenang air, dan Desa Setu dan sekitarnya juga terendam banjir. Ketika musim hujan tiba, masyarakat akan bersiap-siap karena mengetahui dengan pasti daerah tersebut akan tergenang air.

Hal ini menjadi perhatian seorang tokoh setempat, yakni seorang keturunan Luwung, Kiai Ento Rujitnala. Ia memikirkan keluhan masyarakat tentang gagal panen atau rumah yang rusak akibat banjir. Kiai Entol tidak hanya disegani, tetapi beliau dikenal dengan kesaktiannya. Oleh karena itu, dengan bantuan masyarakat, Kia Entol Rujitnala membangun bendungan untuk menampung luapan Sungai Nanggela.

Sayangnya, setelah bendungan selesai, warga Desa Setu tak luput dari bencana. Bendungan yang dibangun malah bocor atau jebol saat menyerap air sungai Nanggela. Kiai Entol masih harus berpikir keras apa yang bisa dilakukannya untuk membantu masyarakat sekitar.

Karena tekadnya yang besar untuk membantu masyarakat, akhirnya ia memutuskan untuk membangun kembali bendungan tersebut dan kemudian mengadakan sayembara. Siapapun yang mampu membangun bendungan yang kuat dan mencegah banjir di desa Setu akan dinikahkan dengan putrinya yang cantik Nyai Ratu Randulawang.

Mendengar sayembara itu, muncul seorang pemuda pemberani dan santun bernama Muqoyyim Seya. Dia menancapkan pancang ke setiap sudut bendungan dan menempelkan sepotong bahan bening. Dia meminta Kiai Entol untuk duduk bersamanya di bendungan dan berdoa memohon bantuan. Tidak butuh waktu lama bagi bendungan untuk berkembang menjadi bangunan stabil yang tampaknya mustahil untuk dihancurkan. Melihat hal itu, warga pun bergembira dan Kiai Muqoyyim menikahi putri Kiai Entol, Nyi Ratu Randulawang.

Berburu foto di Danau Setu Patok

Saat Anda mengunjungi Danau Setu Patok, jangan lupa untuk mengabadikan keindahannya. Luas area Ciwalk kurang lebih 30 hektar dan memiliki banyak wahana. Pesona tempat ini terletak pada sore hari, dimana pengunjung bisa menikmati pemandangan sunset yang indah. Pantulan cahaya keemasannya menyentuh air danau dengan latar belakang Gunung Ciremai membuat malam semakin istimewa.

Keunikan tempat ini juga terletak pada bukit yang berada di tengah genangan air. Saat musim hujan, danau ini dipenuhi air. Namun, pada musim kemarau, limpasan air berkurang. Anda bisa mengunjunginya karena disediakan perahu yang dikelola swasta. Berfotolah sepuasnya, namun jangan lupa untuk tetap aman karena tanjakannya sangat curam.

Danau Setu PatokSumber: Harga tiket Danau Setu Patok Google Maps

  • Biaya masuk: 0 IDR (gratis)
  • Biaya parkir motor: Rp 3.000
  • Biaya Parkir: Rp 5.000

(Diperbarui Juni 2023)

Jam buka Danau Setu Patok

Akses lokasi Danau Setu Patok

Jika Anda orang Cirebon, mungkin sudah tahu tentang tempat wisata ini dan tidak akan kesulitan menemukannya. Namun, sebagai pendatang baru, Anda harus memikirkan cara terbaik untuk sampai ke lokasi.

Anda bisa menggunakan mobil atau motor pribadi untuk berkeliling. Disarankan menggunakan kendaraan pribadi dan mencarinya melalui Google Maps karena sudah tertera dengan nama “Danau Setu Patok”. Bus melewati Perumnas Pamengkang, Kalijaga, Bandengan dan Beber. Rute bersepeda ini sangat bermanfaat.

Tips mengunjungi Danau Setu Patok

Menikmati liburan memang berbeda bagi setiap orang. Jika Anda suka berlibur sendirian, itu bukan hal yang buruk. Namun, jika Anda memiliki sekelompok teman dan menginap, sangat disarankan untuk memesan akomodasi terlebih dahulu. Lakukan perbandingan harga beberapa akomodasi yang ada. Jika Anda berencana untuk mengunjungi kota ini hanya dalam satu hari, persiapkan perbekalan Anda untuk menikmati pemandangan.

Rencanakan kunjungan Anda dengan tiba di tempat wisata tersebut pada sore hari untuk menikmati sunset. Jika ingin mendaki boot untuk mencapai bukit di tengah Danau Setu Patok, ajaklah teman-teman untuk mengabadikan keindahannya. Selalu perhatikan langkah Anda saat mencapai bukit karena turunnya cukup curam.

Indonesia memiliki keindahan di setiap sudut daerahnya. Kali ini dari Cirebon, Danau Setu Patok menawarkan pemandangan alam yang indah dan eksotik yang menjadi tempat wisata. Lingkari tanggal liburan Anda dari pekerjaan dan rencanakan bersama rekan-rekan Anda untuk merasakan betapa mempesonanya Danau Setu Patok.

Galeri Foto Danau Setu Patok

Danau Setu Patok
Keindahan Danau Setu Patok
Potret sawah di tepi danau
Fasilitas spot foto
Matahari terbenam di Danau Setu Patok

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button