Tempat Wisata

Curug Cigangsa: Harga Tiket, Foto, Lokasi, Fasilitas dan Spot

Ketika kita mencapai tujuan wisata, kita biasanya khawatir apakah perjalanan itu membosankan atau melelahkan. Nyatanya, perjalanan adalah cara bagi kita untuk mematikan. Penduduk Sukabumi dan sekitarnya tidak tahu segalanya tentang itu. Curug Cigangsa menjadi andalannya untuk melepaskan beban pikirannya dan meraih keindahan alamnya.

Air Terjun Cigangsa memiliki banyak nama lain, seperti “air terjun luhur”. Keunikan air terjun ini terletak pada tiga tingkatannya dan tercipta akibat gempa. Berikut ulasan lengkapnya untuk Anda.

Fasilitas di Curug Cigangsa

Sebenarnya fasilitas di tempat ini tidak terlalu banyak, namun Anda bisa puas jika memiliki tempat parkir mobil yang luas. Di sekitar lokasi terdapat beberapa warung dan Anda bisa menemukan sebuah batu besar yang sering dijadikan focal point untuk menikmati pemandangan air terjun. Fasilitas kebersihan juga mendukung tempat wisata.

Sejarah Air Terjun Cigangsa

Ya, nama lainnya adalah Curug Luhur. Air terjun ini memiliki tiga tingkatan dan diduga tercipta akibat gempa kuat yang menyebabkan tanah longsor. Aliran air di air terjun ini relatif kecil karena ditampung di hulu untuk keperluan irigasi dan untuk warga sekitar.

Keunikan yang didapat adalah Curug Ciganga memiliki dinding batu hitam sebagai dasar aliran air. Ada juga sebuah batu yang oleh penduduk setempat disebut Batu Masigit atau Batu Masjid. Anda bisa menikmati keindahan air terjun dari dua arah, yaitu dari atas dan dari bawah. Nama Gangsa sendiri diambil dari nama seseorang yaitu Eyang Gangsa. Selain itu, pada masa penjajahan Belanda, air terjun ini pernah menjadi tempat persembunyian para pejuang.

Berburu foto di Curug Cigangsa

Tidak perlu bingung untuk mendapatkan spot foto yang menarik karena disekitarnya juga terdapat pepohonan dan deretan air terjun yang menjadi background menarik jika ingin berfoto. Tapi jangan lupa bahwa keselamatan Anda adalah yang utama. Air Terjun Cigangsa memiliki ketinggian 30 meter dan bebatuan berbentuk unik.

Konon batuan ini terbentuk dari lahar yang membeku. Anda dapat mengambil foto dari atas dan bawah air terjun. Namun, harus berhati-hati saat berjalan di bebatuan, kondisinya licin.

Bawalah kamera andalan Anda, namun jangan sampai mempersulit perjalanan karena Anda akan melakukan perjalanan jauh. Jika Anda melihat medan, Anda dapat membawa peralatan kamera profesional, hanya akan sedikit lebih rumit.

Tiket masuk Air Terjun Cigangsa

  • Biaya masuk: Rp 5.000/orang

(Diperbarui Juni 2023)

Jam Buka Air Terjun Cigangsa

Lokasi Akses Air Terjun Cigangsa

Perjalanan menuju air terjun ini berjarak sekitar 110 km sebelah selatan kota Sukabumi di Jawa Barat atau 1 km dari kecamatan Surade. Dari Curug Cikaso jaraknya hanya 10 km dan perjalanan memakan waktu sekitar 30 menit. kamu dapat berjalan

Anda akan melewati medan yang cukup sulit karena hanya ada jalan setapak yang cukup menantang. Berhati-hatilah karena Anda juga harus menyeberangi sungai yang airnya cukup deras.

Anda bisa mencapai Air Terjun Cigangsa dengan melalui Tugu Kota Surade. Sulit untuk sampai ke sana karena tidak ada tanda atau petunjuk arah sama sekali. Selanjutnya, kendaraan akan berhenti dan parkir di rumah warga. Baru setelah itu Anda bisa menyusuri sawah dan menyeberangi sungai untuk menuju air terjun.

Anda dapat mencapai lokasi air terjun dalam waktu sekitar 10 menit. Anda bisa sampai ke puncak air terjun. Jika ingin menikmati keindahan dari bawah, terlebih dahulu harus menuruni tanjakan yang terjal dan kondisi jalan yang licin. Waktu yang dibutuhkan untuk turun sekitar 20 menit.

Tips mengunjungi Curug Cigangsa

Air Terjun Cigangsa memang indah, meski menempuh perjalanan yang cukup berat. Lihat tip berikut untuk digunakan saat Anda bersiap untuk pergi.

  • Pastikan tubuh Anda berenergi atau dalam keadaan sehat. Perjalanan ke Curug Cigangsa cukup sederhana, mudah dan sulit. Medannya memiliki banyak batu besar yang menyedot energi Anda.
  • Datanglah dengan rombongan karena perjalanan tidak akan membuat Anda lelah. Beristirahatlah saat Anda merasa lelah di sepanjang jalan dan tidak perlu memaksakan diri.
  • Bawalah perbekalan dan keperluan jika Anda membutuhkannya agar tidak memberatkan Anda selama perjalanan.
  • Kenakan pakaian hangat, nyaman, dan alas kaki yang sesuai untuk medan terjal menuju air terjun.
  • Kunjungi kami di awal musim kemarau. Tentu saja, itu membuat Anda lebih aman. Terakhir, keindahan air di air terjun ini hanya akan bertambah dibandingkan dengan musim hujan yang menggenangi air di tempat wisata.
  • Tanyakan penduduk setempat jika masih belum menemukan lokasi air terjun. Selain itu, pastikan kendaraan Anda terparkir dan aman di rumah warga.
  • Jaga keselamatan Anda sendiri terutama jika Anda berencana untuk mengambil foto karena jalan lokal juga licin. Jaga kebersihan tempat wisata dengan tidak membuang sampah.

Ini adalah beberapa tips yang mudah-mudahan akan membantu Anda memiliki liburan yang menyenangkan bersama keluarga Anda Air Terjun Cigangsa. Jangan lupa bagikan keseruan kunjungan Anda di media sosial agar semakin banyak orang yang bisa mengetahui keindahan air terjun ini. Semakin besar perhatian pemerintah dalam mengembangkan tempat wisata ini.

Galeri Foto Air Terjun Cigangsa

Air Terjun Cigangsa
Spot foto terbaik di Air Terjun Cigangsa
berburu foto
Keindahan Air Terjun Cigangsa

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button