Tempat Wisata

Pantai Perancak, pantai indah dengan tempat terbaik menikmati sunset di Jembrana

harga tiket: Bebas, Jam operasional: 24 jam, Alamat: Sirkuit Perancak, Perancak, Kec. Jembrana, Cab Jembrana, Bali; Bahan pengikat: verifikasi lokasi

Bali tidak pernah kehabisan pesona. Pesona alam dan budayanya yang kaya terus menarik wisatawan dari seluruh dunia. Di antara destinasi wisata populer yang selalu menyita perhatian, Pantai Perancak sepertinya bisa menjadi proposisi yang berharga. Pantai ini merupakan permata tersembunyi di pesisir barat pulau dengan segala pesonanya.

Berada di kawasan Desa Perancak, Jembrana, Bali, pantai ini merupakan surga yang jarang terjamah kebisingan pariwisata yang kerap mengisi pantai-pantai populer di pulau tersebut. Namun jika Anda meluangkan waktu untuk datang ke sini, Anda akan menemukan pesona eksotik yang tidak ada duanya.

Pengunjung yang datang tidak terlalu ramai, hanya beberapa wisatawan saja setiap harinya. Sedikit lebih ramai jika Anda datang ke sini pada hari libur nasional, akhir pekan atau hari libur nasional. Meski sepi, justru menjadi daya tarik bagi sebagian pengunjung. Mereka yang menginginkan nuansa damai lebih memilihnya daripada pantai lain.

Cek hotel murah di Jembrana Bali

Daya tarik Pantai Perancak

Alamat di Pantai PerancakFoto Lanang Laghawa di Google Maps

Meski Bali dikenal sebagai pulau seribu pantai, namun masing-masing memiliki pesona tersendiri. Pantai Perancak hanyalah satu dari ribuan pantai yang ada di kawasan ini. Tidak terlalu ramai, bahkan bisa dibilang sepi. Tetapi ketika berbicara tentang daya tarik, ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui.

✦ Keindahan Alam Pantai Perancak

Satu hal yang menarik dari mengunjungi pantai indah di Bali ini adalah keindahan alamnya. Tidak jauh berbeda dengan pantai pada umumnya, disini juga terdapat perairan yang jernih dan kebiruan. Gulungan ombak yang berfungsi sebagai penghias terlihat dari jauh. Tidak terlalu tinggi, sehingga tidak terlalu berbahaya.

Ombak di Pantai Perancak tidak tinggi dan biasanya pengunjung menggunakannya untuk jalan-jalan di pantai. Ombak yang menyentuh kaki menciptakan perasaan yang unik. Namun pantai ini tidak cocok untuk berenang karena banyak karang yang tersebar di sepanjang pantai.

Keindahan lain muncul dari pepohonan yang tumbuh subur di sekitar pantai. Warna hijau tersebut berasal dari banyaknya pepohonan yang berjejer begitu rapi seolah-olah berbaris untuk melindungi kawasan sekitar. Pantai ini memiliki pasir hitam yang sangat lembut, tidak seperti pantai pada umumnya yang berwarna putih dengan butiran yang sedikit lebih besar dan lebih kasar.

Private Tour: GWK, Uluwatu Sunset dan Makan Malam di Pantai Jimbaran

✦ Penangkaran penyu

Daya tarik selanjutnya di Pantai Perancak adalah adanya penangkaran penyu disana. Itu tidak langsung di pantai, tetapi sedikit lebih jauh. Namun jika beruntung Anda masih bisa melihat kura-kura lucu di pantai. Setidaknya Anda bisa mengunjungi penangkaran untuk melihat bentuk penyu dari dekat.

Di sini Anda bisa menyaksikan penyu mulai bertelur dan kemudian ditangkap oleh petugas. Telur tersebut kemudian dipanaskan dengan alat khusus hingga menetas. Setelah menetas, proses selanjutnya adalah merawatnya hingga cukup umur untuk dilepasliarkan ke alam liar. Anda juga bisa mengamati proses ini saat berada di pantai.

✦ Kegiatan di desa nelayan

Berbeda dengan pantai lain di Bali yang sudah resmi dinyatakan sebagai tempat wisata. Pantai Perancak sebenarnya hanya sebuah desa pesisir. Sebagian besar penduduk pesisir berprofesi sebagai nelayan. Ada banyak perahu yang berlabuh di pantai. Pandangan ini menggarisbawahi daya tarik yang dimilikinya.

Selain itu, Anda juga bisa menyaksikan aktivitas para nelayan di pantai. Kebanyakan dari mereka melaut pada malam hari dan kemudian kembali pada sore atau malam hari. Nelayan yang tidak melaut biasanya disibukkan dengan aktivitas sehari-hari. Ada yang membuat jaring, merenovasi perahu, atau hanya duduk santai mencari udara segar.

Private Tour di Uluwatu: GWK, Pantai Melasti, Pura Luhur Uluwatu

Alamat, lokasi rute dan tiket masuk

Fasilitas di Pantai PerancakFoto Lanang Laghawa di Google Maps

Menemukan Pantai Perancak tidak terlalu sulit karena banyak objek wisata dan pantai di sekitarnya. Jarak ke pusat kota juga tidak terlalu jauh, hanya sekitar 7 kilometer dari Alun-Alun Kota Negara. Jarak tersebut dapat Anda tempuh dengan kendaraan bermotor dengan kecepatan rata-rata dalam waktu kurang dari 15 menit.

Secara administratif, pantai eksotis di Bali ini terletak di Desa Perancak, Kecamatan Jembrana, Kabupaten Jembrana, Bali. Saat keluar dari pusat kota, harap melewati Jalan Dr. Sutomo lalu pergi ke Jalan Danau Buyan. Lanjutkan perjalanan menuju makam Wali Pitu Bali. Jaraknya sekitar 1 kilometer.

Kemudian Anda bisa mengambil petunjuk arah ke Jalan Pulau Jawa dan ikuti jalur utama. Pantai Perancak berada tidak jauh dari wisata hutan mangrove yang akan Anda lewati selama perjalanan. Silahkan mampir jika perlu, karena jaraknya hanya sekitar 1,5 kilometer. Rambu-rambu saat ini masih minim, sebaiknya tanya warga sekitar jika masih bingung.

Anda tidak perlu membayar banyak uang untuk mengunjungi pantai indah di Bali ini. Anda tidak perlu menabung di muka seperti saat mengunjungi pantai lain. Alasannya karena tidak ada tiket di sini, artinya gratis. Anda juga bisa datang kapan saja karena buka 24 jam sehari.

Kegiatan yang menarik

Aktivitas di Pantai PerancakFoto oleh Mitaka Bali di Google Maps

Meski gratis, Anda bisa bersenang-senang saat berkunjung ke Pantai Perancak. Ada banyak aktivitas menarik yang bisa dilakukan, hampir seperti pantai pada umumnya. Namun, berenang tidak diperlukan karena kondisi alam tidak cocok untuk kegiatan ini.

1. Bermain air di pantai

Tidak cocok untuk berenang bukan berarti tidak bisa bermain air. Pengunjung yang datang ke sini biasanya mendekati tepian Pantai Perancak untuk merasakan datangnya ombak. Anda juga bisa bermain air sambil menunggu ombak datang. Namun tetap perhatikan keselamatan, karena gelombang tinggi tidak jarang terjadi.

2. Jalan-jalan di pantai Perancak

Pemandangan pantai perancak sangat indah dan mempesona dan tidak kalah dengan pantai pada umumnya. Ada banyak hal yang bisa dilakukan untuk menikmati keindahan alam ini. Anda bisa duduk di bawah semak atau berjalan-jalan di pantai. Pantai ini luas dan panjang dan juga cocok untuk olahraga santai.

3. Menunggu sunset yang indah

Seperti kebanyakan pantai di Bali, pantai yang satu ini menawarkan panorama alam yang indah. Apalagi jika yang Anda maksud bukan pesona sunset. Pantas untuk ditunggu keindahan cahaya jingga yang perlahan meredup ke dalam kegelapan. Apalagi saat cuaca cerah dimana awan biru dan awan menggantung menambah pesona.

4. Memancing

Pantai Perancak tidak hanya dijadikan sebagai destinasi wisata bahari tetapi juga banyak dikunjungi oleh para pemancing dari berbagai daerah. Sebagian besar penduduk setempat ingin mencari ikan dengan cara lain selain jaring. Anda yang senang memancing pasti tidak boleh melewatkan menemukan sesuatu di sini. Anda tidak perlu khawatir tentang umpan karena ada toko yang menjualnya di sekitar pantai.

5. Berburu spot foto

Tidak lengkap rasanya jika berlibur tanpa mengabadikan momen tersebut. Tidak ada spot foto khusus di pantai eksotik ini. Namun Anda bisa menggunakan keindahan alam di sekitar lokasi sebagai latar foto. Contohnya adalah latar belakang laut lepas yang dihiasi ombak dan pasir hitam. Selain itu, Anda bisa mendesain perahu nelayan sebagai spot foto.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Daya tarik Pantai PerancakFoto oleh Anis Permana di Google Maps

Fasilitas di Pantai Perancak tidak begitu lengkap karena bukan merupakan objek wisata resmi. Tempat ini tidak memiliki manajer atau manajer. Namun, untuk memanfaatkan fasilitas parkir, Anda bisa menitipkan kendaraan di area yang tersedia. Ada juga warung yang menawarkan sebagian besar menu makanan laut.

Tak sulit menemukan pantai di Bali yang memiliki keindahan alam nyaris sempurna. Salah satu dari banyak tempat untuk dipertimbangkan adalah Pantai Perancak. Jika ingin mendapatkan kesan liburan yang tenang dan damai, pantai ini menjadi pilihan pertama. Kondisinya sangat bersih, udaranya bagus, sehingga cocok untuk penyembuhan dan relaksasi.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Back to top button