Tempat Wisata

Pemandian Air Panas Songgoriti: harga tiket, foto, lokasi, fasilitas dan spot

Setiap kali Anda merasa lelah di tempat kerja atau hal-hal lain, pasti Anda memikirkan hiburan yang menyenangkan, baik itu berdua saja dengan keluarga atau teman-teman Anda. Namun tidak sedikit yang menyarankan untuk tidak pergi berlibur karena kebanyakan berpikir bahwa Anda selalu harus mengeluarkan banyak uang untuk liburan. Ada berbagai jenis tempat wisata di dekat Anda yang tidak perlu mengeluarkan banyak biaya untuk menikmatinya. Apalagi jika Anda tinggal di Batu, sebuah kota di Jawa Timur. Anda tidak perlu berkendara jauh dari kota untuk beristirahat sejenak setelah seharian bekerja. Di Batu ada beberapa tempat wisata yang bisa anda kunjungi dengan biaya murah, contohnya pemandian air panas Songgoriti.

Pemandian Air Panas Songgoriti adalah sebuah properti wisata laut di Desa Songgokerto, Kabupaten Batu, di lereng Gunung Panderman dan memiliki kolam air panas. Terdapat candi Songgoriti dan arca Ganesha sebagai peninggalan kerajaan Singosari dan zaman Belanda. Candi Songgoriti terletak di lembah yang memisahkan Gunung Arjuna dengan Gunung Kawi. Pura ini dibangun dengan sumber air panas yang dipercaya dapat menyembuhkan berbagai penyakit. Karena gaya arsitekturnya yang sederhana, candi ini dianggap sebagai candi tertua di Jawa Tengah dan desainnya mencerminkan Jawa Tengah.

Tempat wisata di Songgoriti ini dikelilingi pemandangan alam sehingga menawarkan udara yang segar dan sejuk. Objek ini sangat menarik bagi semua orang yang ingin berjalan-jalan dengan santai atau alami. Dan tentunya thermal spa yang paling banyak dicari di tempat ini oleh wisatawan adalah thermal spa itu sendiri. Dari mata air panas di bawah Candi Songgoroti, mengalir melalui pipa menuju pemandian. Konon mata air ini dahulu digunakan untuk menyucikan keris pusaka milik Prabu Sindoh, raja Kerajaan Singosari pada abad ke-5 Masehi.

Selain bisa menikmati kolam pemandian, Anda juga bisa memanfaatkan one way trip yang tersedia, ada juga taman yang mempesona dan Anda juga bisa berziarah ke makam Empu Supo dan Mbah Pathok yang memiliki sejarahnya sendiri. Jika Anda suka berbelanja, Anda juga bisa mengunjungi Pasar Wisata di Songgoriti yang menjual berbagai pernak-pernik dan oleh-oleh khas Malang. Ada juga danau yang pemandangannya bisa Anda nikmati dengan bersepeda air.

Fasilitas Pemandian Air Panas Songgoriti

Untuk fasilitasnya sendiri tidak perlu khawatir karena beberapa fasilitas penunjang telah disediakan untuk para wisatawan yang hadir seperti;

– Tempat peristirahatan umum

Salah satu fasilitas penting ini telah disediakan pihak pengelola sehingga Anda tidak perlu khawatir mencari toilet jika ingin buang air setelah berjam-jam berenang di kolam renang atau sekedar ingin membasuh bagian tubuh.

– Paviliun

Dengan menyediakan gazebo di lokasi ini, pengunjung dapat bersantai dan menikmati pemandangan sekitar pemandian yang ditanami berbagai tanaman dan pepohonan yang asri, sambil menikmati makanan ringan atau bekal yang dibawa dari rumah.

– Masjid

Rekreasi tidak boleh mengabaikan layanan doa. Beruntung, Anda bisa dengan mudah menemukan mushola di objek wisata ini jika ingin langsung salat.

– Kantin atau tempat makan

Bagi Anda yang lupa atau tidak sempat membawa bekal makanan dan minuman dari rumah, jangan khawatir karena Pemandian Air Panas Songgoriti sudah memiliki beberapa kantin yang menjual makanan dan minuman dengan harga terjangkau.

– Area parkir

Fasilitas parkir di tempat wisata ini juga cukup luas dan cukup untuk wisatawan dengan kendaraan bermotor.

Berburu foto di Pemandian Air Panas Songgoriti

Anda yang sangat menyukai seni fotografi bisa membawa kamera Anda, baik kamera ponsel atau kamera profesional, saat mengunjungi tempat wisata ini. Karena seperti yang sudah disebutkan di atas, Pemandian Air Panas Songgoriti tidak hanya memiliki kolam termal saja, tetapi juga beberapa kawasan menarik seperti candi atau makam bersejarah. Lanskap di lokasi ini juga sangat cocok sebagai target kamera. Dan jika Anda membawa kamera tahan air, Anda bisa mengabadikan banyak momen seru bersama keluarga atau teman sambil berendam di pemandian air panas. Kegiatan lain yang mungkin Anda pertimbangkan sebagai tujuan foto adalah mendaki sepeda air di sepanjang danau.

Baca Juga: Jatim Park 1, Berwisata di Berbagai Wahana Menarik

Akses jalan menuju Pemandian Air Panas Songgoriti

Untuk menuju ke tempat pemandian Tirta Nirwana Songgoriti ini terdapat beberapa arah. Lokasinya tepat di perempatan, perempatan Jalan Songgoriti dan Jalan Arumdalu, Batu. Jika Anda datang dari Alun-alun Kota Batu melalui Jalan Songgoriti, Anda dapat mencapainya dengan mengambil jalan Gajah Mada lurus hingga mencapai Jalan Trunojoyo. Kemudian lanjutkan ke Jalan Brig.M.Manan dan belok ke arah Jalan Songgoriti hingga menemukan perempatan dengan gapura bertuliskan ‘Pemandian Tirta Nirvana’.

Biaya masuk ke Pemandian Air Panas Songgoriti

  • Biaya masuk: Rp 20.000/orang

(Diperbarui Juni 2023)

Jam buka Pemandian Air Panas Songgoriti

Tips berlibur di Pemandian Air Panas Songgoriti

  • Pastikan kendaraan Anda dalam kondisi baik
  • Jangan lupa mengoleskan tabir surya sebelum mandi
  • Bawa baju ganti
  • Lebih baik bawa makanan dan minuman sendiri
  • Jangan dibuang

Galeri foto Pemandian Air Panas Songgoriti

Selamat datang di Pemandian Air Panas Songgoriti
Pemandian Songgoriti
tempat foto
Taman di wilayah Songgoriti
kolam pemandian
berburu foto

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button