Tempat Wisata

Candi Simbatan: Harga Tiket, Foto, Lokasi, Fasilitas dan Spot

Setelah seharian bekerja, sekolah, dan kampus, tak ada salahnya berlibur beberapa hari, baik bersama keluarga, pasangan, atau sendiri. Menikmati pemandangan alam yang indah tentunya dapat membuat Anda merasa segar kembali dan menghilangkan stres dan tekanan yang Anda rasakan dalam kehidupan sehari-hari. Liburan juga bisa membuat Anda merasa lebih energik dan siap menghadapi kesibukan selanjutnya. Bagi Anda yang berada di Jawa Timur tidak perlu jauh-jauh untuk berwisata karena Anda bisa mengunjungi salah satu tempat wisata di Magelang.

Candi Simbatan merupakan salah satu tempat wisata sejarah yang terletak di Desa Simbatan di Kecamatan Nguntoronadi, sekitar 17 km sebelah timur Kota Magetan. Pura ini menjadi salah satu icon dan kebanggaan warga sekitar dan sering dijadikan sebagai tempat acara adat atau sebagai tempat wisata bagi warga sekitar sana dan di kabupaten sekitar Magetan. Di pura ini juga terdapat arca Dewi Sri dalam genangan air. Saat ada acara, air di sekitar arca ditumpahkan agar arca Dewi Sri dapat terlihat.

Sejak tahun 1813, patung Dewi Sri ini rutin dibersihkan oleh warga setempat pada siang hari pada setiap Jumat Pahing bulan Muharram setiap tahunnya. Dari tahun 1933 hingga 1942 dibuat mata air bersih di patung Dewi Sri, tepat di dada kiri dan kanan. Sebagian besar wisatawan dari luar Magetan menggunakan air ini untuk mengobati berbagai macam penyakit. Hal ini juga menjadi kepercayaan warga sekitar dan menjadi salah satu daya tarik utama tempat ini.

Ritual membersihkan pura dengan mengalirkan air di sekitar areal yang dipenuhi air untuk menenggelamkan arca sudah rutin dilakukan sejak nenek moyang kerajaan Majapahit. Warga percaya bahwa ini adalah titik awal bencana. Ritual ini dilakukan setiap Jumat Pahing di bulan Syuro. Puncak acaranya adalah Tarian Ikan dengan lagu wajib Orange Blossom yang dinyanyikan oleh 2 Sindes yang telah dipersiapkan.

Di tempat wisata ini Anda juga bisa melihat pemandangan alam seperti rawa-rawa alami yang dikelilingi genangan air yang menambah daya tarik pemandangan. Jadi jika anda sedang mencari tempat wisata yang tidak hanya memiliki pemandangan indah namun juga memiliki rasa sejarah yang bisa anda pelajari, anda bisa mengajak anak atau keluarga anda untuk datang ke Candi Simbatan. Tidak ada salahnya jika sesekali kita menjumpai sebuah tempat peninggalan sejarah yang tak kalah menariknya dengan tempat wisata lainnya.

Fasilitas di Candi Simbatan

Meski tidak banyak, namun ada beberapa fasilitas yang bisa Anda temukan di tempat wisata bersejarah ini, antara lain:

– Paviliun

Anda yang ingin bersantai sambil menikmati pemandangan sekitar bisa duduk di gazebo yang tersedia di sana dan mencicipi bekal yang Anda bawa atau beli dari penjual lokal.

– Area parkir

Bagi anda yang datang menggunakan kendaraan umum tidak perlu khawatir tidak dapat menemukan tempat parkir, karena tersedia juga tempat parkir yang cukup luas untuk kendaraan bermotor, sehingga anda tidak perlu repot mencari tempat parkir untuk kendaraan anda. Biayanya juga sangat murah.

– Kamar mandi umum

Salah satu fasilitas penting ini juga tersedia di Candi Simbatan, jadi Anda tidak perlu khawatir mencari toilet umum karena tersedia beberapa yang bisa Anda gunakan.

– Bilik atau tempat makan

Di luar Candi Simbatan, jika sudah puas melihat pemandangan, Anda bisa menikmati makanan yang dijual di sana oleh penduduk setempat dengan harga yang sangat terjangkau.

Berburu foto di Candi Simbatan

Bagi anda yang suka berfoto dengan pemandangan sejarah dan alam, tempat ini sangat cocok untuk anda karena disini anda bisa melihat pemandangan yang menarik seperti candi bersejarah dan juga patung Dewi Sri. Panorama alam yang asri dan hijau di sekitar candi ini juga bisa menjadi sasaran jepretan kamera Anda. Anda bisa menggunakannya sebagai background untuk berfoto bersama teman atau keluarga, atau bahkan berfoto selfie. Jangan lupa untuk mengupload foto-foto yang anda ambil disana ke berbagai media sosial anda, karena dengan begitu anda secara tidak langsung telah memperkenalkan tempat wisata ini kepada banyak orang.

Baca Juga: Taman Rekreasi Selecta, Menyaksikan Indahnya Keajaiban Taman Bunga

Akses jalan menuju Candi Simbatan

Jika anda ingin berwisata ke Candi Simbatan, anda bisa menggunakan kendaraan pribadi seperti mobil pribadi atau sepeda motor. Anda bahkan bisa menyewa kendaraan yang banyak tersedia di kota Magelang. Harga bervariasi tergantung jenis dan merek kendaraan yang diminta. Selain itu, perjalanan menuju Candi Simbatan tidak terlalu lama dan hanya berjarak sekitar 17 km dari pusat kota. Anda yang tidak memiliki transportasi sendiri bisa sampai ke sana dengan relatif murah menggunakan transportasi umum.

Biaya masuk ke Candi Simbatan

  • Biaya masuk: 0 IDR (gratis)

(Diperbarui Juni 2023)

Jam buka Candi Simbatan

  • Buka setiap hari dari jam 8 pagi sampai jam 5 sore

Tips liburan di Candi Simbatan

  • Pastikan kendaraan Anda dalam kondisi baik
  • Jangan lupa bawa bekal sendiri dari rumah
  • Jangan mencemari lingkungan
  • Jagalah kebersihan

Galeri Foto Candi Simbatan

Candi Simbatan di Magetan
Taman bunga
tempat bermain anak-anak
Patung Kala
Pertirtaan Dewi Sri

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button