Tempat Wisata

Wayang Windu Panenjoan Bandung: Jam Buka, Atraksi dan HTM

Tempat wisata di Jawa Barat memang tidak pernah ada habisnya. Salah satu destinasi wisata estetika yang sedang viral akhir-akhir ini adalah Wayang Windu Panenjoan Bandung. Destinasi wisata alam ini memiliki keunikan berupa uap air PLTU yang naik ke atas sehingga tampak seperti tiang raksasa berwarna putih.

Destinasi wisata di Kabupaten Bandung ini menawarkan beragam atraksi yang membuatnya digemari masyarakat Bandung dan sekitarnya. Banyak orang memilih Wayang Windu sebagai tempat melepas penat dari pekerjaan sehari-hari.

Daya tarik boneka Panenjoan Windu

Wayang Windu Panenjoan Bandung sebenarnya adalah sebuah kebun teh yang berada di kawasan Pangalengan Kabupaten Bandung. Sejauh mata memandang, destinasi wisata ini memiliki daya tarik yang mempesona berkat taman hijau yang luas dengan latar belakang pegunungan.

1. Wisata alam di ketinggian

Wayang Windu Panenjoan atau WWP Sky Park sebenarnya adalah kebun teh. Sebab, tempat wisata ini berada di dataran tinggi dengan ketinggian 1800 mdpl.

Udara di lokasi wisata terasa sangat sejuk karena lokasinya yang berada di dataran tinggi dan hijaunya kebun teh di sekitarnya. Pemandangan alam di sekitar tempat wisata ini luar biasa indah dengan pegunungannya yang tinggi dan pepohonan khas pegunungan.

Wayang Windu Panenjoan Bandung cocok dikunjungi pada pagi dan sore hari karena udaranya sejuk dan nyaman untuk relaksasi. Anda juga bisa merasakan langsung bagaimana warna langit berubah saat matahari terbit dan terbenam.

2. Jembatan Ikonik di Kebun Teh

Salah satu tempat wisata paling terkenal di Wayang Windu Panenjoan adalah jembatan kayu ikonik yang membentang di sepanjang kebun teh. Jembatan ini menjadi spot foto paling populer yang dipilih wisatawan karena memiliki latar belakang yang Instagrammable.

Jembatan ini memiliki panjang sekitar 100 meter dan dikelilingi hamparan hijau daun teh segar. Jika Anda mengambil foto di jembatan ini pada pagi hari, Anda akan melihat kabut tipis di sekitar WWP.

3. Jalur untuk bersepeda

Bagi Anda yang senang bersepeda di jalur menantang, Wayang Windu Panenjoan mungkin bisa menjadi salah satu pilihan terbaik. Tempat ini sering digunakan untuk menjadi tuan rumah kejuaraan sepeda antar daerah terutama dari daerah Tangerang, Bogor, Bandung, Jakarta dan Bekasi.

Beberapa trek paling terkenal di WWP antara lain trek All Mountain (AM), trek Cross Country (XC), dan trek Mini Down Hill (DH). Total panjang rute adalah 15 km.

4. Carilah foto yang layak untuk Instagram

Daya tarik yang sepertinya menjadi keharusan di semua tempat wisata saat ini adalah spot foto. Wayang Windu Panenjoan memiliki beberapa spot foto memukau yang kerap diunggah pengunjung di media sosial.

Fotografi gratis di tempat ini, namun jika ramai dengan pengunjung, sebaiknya jangan menunggu terlalu lama karena takut antre. Tempat foto paling populer adalah:

  • Ujung jembatan kayu
  • Kayu yang didesain seperti bingkai atau jendela besar mengarah ke hamparan hijau kebun teh
  • Saung atau tenda untuk foto

5. Berkemah

Wayang Windu Panenjoan (WWP) merupakan destinasi wisata alam yang biasa dipilih sebagai tempat perkemahan. Pengelola menyediakan area khusus untuk mendirikan tenda dan berkemah di area tersebut.

Namun, untuk mendirikan tenda dan kemah, Anda harus melakukan konfirmasi dengan pengelola minimal 1 jam sebelum tiba di lokasi. Pengelola juga menyewakan perlengkapan camping jika tidak dibawa dari rumah. Untuk berkemah Anda perlu membayar Rp 20.000 per orang.

Rute menuju Wayang Windu Panenjoan Bandung

Wayang Windu di Pangalengan Bandung merupakan destinasi wisata yang baru resmi dibuka pada November 2019. Lokasi Wayang Windu berada di Desa Margamukti, Banjarsari, Pangalengan, Kabupaten Bandung.

Dikelola oleh pemerintah daerah Kertamanah, Pangalengan, tempat wisata ini terletak sekitar 65 km dari kota Bandung. Waktu yang dibutuhkan untuk sampai ke tempat wisata dari pusat kota sekitar 3 jam.

Dari pusat kota Bandung, Anda bisa mengambil rute melalui Dayeuh Kolot kemudian menuju Banjaran dan Cimaung. Terus berjalan hingga sampai di bundaran Pangalengan. Ikuti rambu ke Gerbang Penangkaran Rusa Kertamanah dan Kebun Teh Kertamanah.

Setelah melewati gerbang perkebunan teh, jalan yang sedikit berbatu dan terjal akan membawa Anda ke gerbang masuk Wayang Windu. Rute lain ketika Anda melewati pintu tol Ketapang adalah menuju ke arah Banjaran kemudian menuju ke arah Cimaung hingga tiba di bundaran Pangalengan.

Di Bundaran Pangalengan, ambil arah kiri hingga sampai di Wayang Windu. Rute selanjutnya yang bisa Anda tempuh adalah melalui tol Purbaleunyi, kemudian keluar melalui GTO Moh Toha dan ambil jalan yang belok kanan. Selanjutnya ambil jalan menuju daerah Pangalengan.

Harga Tiket Wayang Windu Panenjoan Pangalengan

Wayang Windu Panenjoan Bandung merupakan tempat wisata murah yang dikelola secara swadaya oleh masyarakat sekitar perkebunan teh. Oleh karena itu, harga tiket masuk ke tempat wisata ini sangat terjangkau. Biaya tiket dan parkir berikut berlaku:

  • Tiket masuk Wayang Windu per orang adalah Rp 10.000
  • Biaya Parkir: Rp 5.000
  • Biaya parkir motor: Rp 3.000
  • Sewa paviliun per dua jam seharga Rp 20.000 untuk lantai satu
  • Sewa paviliun per dua jam seharga Rp 30.000 untuk lantai dua
  • Sewa ATV untuk loop 1,2 km seharga Rp 50.000

Jam buka Wayang Windu

Tempat wisata Wayang Windu Pangalengan buka setiap hari dari hari Senin sampai Minggu. Jam buka Wayang Windu: 06.00-18.00

Banyak pengunjung yang berkemah di Wayang Windu dengan terlebih dahulu meminta izin kepada pengelola tempat wisata. Beberapa orang juga datang ke Wayang Windu saat subuh untuk melihat matahari terbit.

Fasilitas Wayang Windu

Agar pengunjung merasa nyaman di Wayang Windu Panenjoan, pihak pengelola telah menyiapkan beberapa fasilitas penunjang di kawasan tersebut.

1. Tempat parkir kendaraan luas dan aman

2. Masjid

3. Banyak toilet umum dan bersih

4. Paviliun untuk bersantai

5. Warung makan dan minum

Wayang Windu merupakan tempat wisata alam murah yang bisa menjadi alternatif tempat berlibur bagi warga Kabupaten Bandung dan sekitarnya. Hamparan kebun teh hijau yang mengelilingi Wayang Windu memberikan kesan sejuk dan indah dipandang mata.

Menutup

Wayang Windu Panenjoan Bandung merupakan destinasi wisata yang tepat bagi mereka yang ingin rehat sejenak dari kesibukan kota. Daya tarik utama tempat ini adalah pemandangannya yang indah sebagai latar foto. Difoto dari kejauhan, Wayang Windu tampak seperti rangkaian taman hijau.

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button