Tempat Wisata

Pemandian Ken Dedes: harga tiket, foto, lokasi, fasilitas dan spot

Setiap kali Anda merasa lelah di tempat kerja atau hal-hal lain, pasti Anda memikirkan hiburan yang menyenangkan, baik itu berdua saja dengan keluarga atau teman-teman Anda. Namun tidak sedikit yang menyarankan untuk tidak pergi berlibur karena kebanyakan berpikir bahwa Anda selalu harus mengeluarkan banyak uang untuk berlibur. Ada berbagai jenis tempat wisata di dekat Anda yang tidak perlu mengeluarkan banyak biaya untuk menikmatinya. Apalagi jika Anda tinggal di Malang, sebuah kota di Jawa Timur. Anda tidak perlu berkendara jauh dari kota untuk beristirahat sejenak setelah seharian bekerja. Di Malang, ada beberapa tempat wisata yang bisa Anda kunjungi dengan biaya murah, seperti Pemandian Ken Dedes. Jika Anda membawa keluarga, teman atau bahkan pasangan, liburan Anda akan semakin menyenangkan.

Pemandian Ken Dedes merupakan salah satu tempat wisata menarik yang terletak di Jalan Kendedes, Desa Candirenggo, Kecamatan Singosari, Kabupaten Malang. Lokasinya hanya berjarak sekitar satu kilometer dari Candi Singosari. Tidak semua orang menyukai aktivitas yang banyak dan melelahkan saat liburan, seperti jalan-jalan, dll, dan hanya ingin bersenang-senang dan bersantai. Di pemandian ini tentunya Anda bisa menikmati airnya yang jernih dan hangat sambil mengamati pemandangan di sekitar Anda. Ini adalah kegiatan yang menyenangkan tetapi tidak menghabiskan banyak energi. Inilah mengapa pemandian Ken Dedes begitu populer di kalangan orang tua.

Sebagai salah satu tempat bersejarah di Malang, Kabupaten Singosari tidak lepas dari peninggalan-peninggalan yang tidak diragukan lagi berbau Kerajaan Singosari. Nah, salah satu tempat wisata yang juga menjadi saksi kejayaan Kerajaan Singosari adalah Pemandian Ken Dedes. Pemandian Ken Dedes merupakan tempat rekreasi menarik seluas kurang lebih 1,5 hektar. Properti wisata ini dikelola oleh Koperasi Pratama TNI AU (Primkop AU) Abdulrahman Saleh, Pakis. Pemandian ini memiliki tiga kolam renang yang bersih. Mulai dari kolam renang anak, kolam berukuran sedang hingga kolam untuk dewasa.

Namun, pemandian ini dipercaya sebagai tempat pemandian Putri Ken Dedes yang terkenal akan kecantikannya. Hal inilah yang membuat masyarakat percaya bahwa berendam di pemandian ini membuat awet muda. Konon pada masa Kerajaan Singhasari, terdapat sebuah taman indah yang kemudian dikenal dengan nama Taman Boboji. Di sanalah Ken Arok dan Ken Dedes yang saat itu menjabat Kaisar Tunggul Ametung, Akuwu Tumapel, pertama kali bertemu. Konon, saat itu Ken Arok terkesima melihat Ken Dedes turun dari kereta kuda. Apalagi saat kain yang menutupi kakinya terbuka, memperlihatkan betisnya. Namun sejauh ini belum bisa dipastikan di mana Boboji Park berada, karena tidak ada sumber yang bisa menjelaskannya. Sebenarnya ada bukit kecil di atas pemandian Ken Dedes dan ada sungai tak jauh dari pemandian tersebut. Namun, tidak jelas apakah itu pemandian Ken Dedes atau hanya kediaman putri tempat tinggal Ken Dedes sebagai putri.

Fasilitas Pemandian Ken Dedes

Dikelola oleh Koperasi Pratama Angkatan Udara (Primkop AU) Abdulrahman Saleh, Pakis, tempat wisata ini sudah memiliki beberapa fasilitas pendukung yang bisa Anda gunakan seperti:

– Masjid

Bagi Anda yang beragama Islam dan ingin melakukan ibadah sholat setelah adzan, Anda bisa langsung menuju mushola yang ada di tempat ini.

– Tempat peristirahatan umum

Tentu saja, toilet umum adalah suatu keharusan, terutama jika wisata melibatkan mandi. Ada juga beberapa ruang ganti di toilet tempat Anda bisa berganti pakaian.

– Penyewaan ban/baju renang

Tenang jika Anda lupa membawa baju renang atau tidak bisa berenang. Sudah ada tempat di mana Anda bisa menyewa ban dan/atau baju renang sebelum berenang.

– Kantin

Di Pemandian Ken Dedes Anda juga akan menemukan kantin atau food court tempat Anda dapat membeli makanan dan minuman dengan harga yang cukup terjangkau.

– Area parkir

Jika anda datang dengan kendaraan pribadi tidak perlu khawatir, sudah tersedia tempat parkir yang cukup dan cukup luas.

– Paviliun

Anda yang tidak ingin istirahat bisa bersantai dan menunggu di beberapa paviliun yang ada.

Berburu foto di Pemandian Ken Dedes

Anda yang sangat menyukai seni fotografi bisa membawa kamera Anda, baik kamera ponsel atau kamera profesional, saat mengunjungi tempat wisata ini. Sebab, seperti yang sudah disebutkan di atas, Pemandian Ken Dedes tidak hanya memiliki kolam termal, tetapi juga beberapa area menarik seperti kereta mini, ayunan, dan panggung hiburan. Lanskap di lokasi ini juga sangat cocok sebagai target kamera. Dan jika Anda membawa kamera tahan air, Anda bisa mengabadikan banyak momen seru bersama keluarga atau teman sambil berendam di pemandian air panas. Aktivitas yang mungkin bisa Anda pertimbangkan sebagai tujuan foto lainnya adalah menonton pertunjukan yang berlangsung di panggung hiburan.

Baca juga: Pemandian Air Panas Cangar, Jalan-jalan sambil Mandi Sauna di Alam Terbuka

Akses jalan menuju Pemandian Ken Dedes

Untuk menuju Pemandian Ken Dedes, Anda bisa mengikuti jalur menuju Candi Singosari. Dari kota Malang, arahkan kendaraan Anda menuju jalan Malang-Surabaya hingga menemukan Pasar Singosari/Candi Singosari. Lokasi pemandian ini berjarak sekitar 1 km sebelah barat candi. Anda juga bisa naik minibus dengan kode SKL jurusan Singosari-Ketangi-Landingari dari Terminal Malang dan turun di depan Pasar Singosari. Atau jika pengunjung bisa menggunakan angkutan kota jalur Glugur-Langlang-Arjosari (GLA) atau jalur Lawang-Arjosari (LA) dari Terminal Arjosari. Dari sini Anda bisa berjalan kaki atau naik ojek ke pelabuhan.

Biaya masuk ke Pemandian Ken Dedes

  • Biaya masuk: Rp 10.000/orang

(Diperbarui Juni 2023)

Jam buka Pemandian Ken Dedes

  • Buka setiap hari dari jam 8 pagi sampai jam 5 sore

Tips liburan di Pemandian Ken Dedes

Jadikan liburan Anda dan keluarga semakin menyenangkan dan berkualitas di Pemandian Ken Dedes. Berikut beberapa tips dari kami yang bisa Anda gunakan sebagai referensi liburan Anda:

  • Waktu terbaik mengunjungi Pemandian Ken Dedes adalah saat liburan panjang.
  • Ajak orang-orang tercinta ke Pemandian Ken Dedes untuk pengalaman liburan yang tak terlupakan.
  • Gunakan jasa agen perjalanan untuk liburan yang nyaman dan bebas stres di Pemandian Ken Dedes.
  • Bawa kamera dan cari foto terbaik dengan kamera terbaik.
  • Cobalah untuk menjaga tubuh Anda dalam kondisi prima selama liburan Anda di Pemandian Ken Dedes.

Galeri foto Baden Ken Dede

Pemandian Ken Dede
mandi pancuran
Kolam renang di Pemandian Ken Dedes
Spot foto di pinggir kolam teratai
Perabot
Berenang di Pemandian Ken Dedes

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button