Tempat Wisata

Leuwi Jurig: harga tiket, foto, lokasi, fasilitas dan spot

Garut yang terkenal dengan dodolnya kini merambah sektor pariwisata. Ya memang. Leuwi Jurig, Kolam Setan Grand Canyon yang kedua, adalah salah satunya. Berlokasi di Desa Bojong, Kecamatan Bungbulang, Kabupaten Garut, Jawa Barat, kawasan ini menjadi destinasi wisata yang fantastis. Bagaimana tidak, tempat ini diibaratkan surga di daerah yang terkenal dengan dodolnya.

Nama Leuwi Jurig berasal dari bahasa Sunda, bahasa daerah di wilayah Garut, yang berarti ‘kolam setan’. Jangan sampai nama komunitas ini tergoyahkan, karena memang “surga” Garut sangat-sangat indah dan dianggap pantas jika dibandingkan dengan Grand Canyon di luar negeri.

Area ini sangat cocok bagi Anda yang ingin menyegarkan pandangan karena area ini menawarkan pemandangan yang menakjubkan. Mau tahu seperti apa detail Grand Canyon kedua? Mari simak ulasan berikut ini. Lihat itu.

Perabot Leuwi Jurig

Karena kawasan ini masih tergolong baru maka pengembangan properti masih berpusat di sekitar sungai dengan tebing terjal di tepi sungai Leuwi Jurig yang memperlihatkan keindahan alamnya. Sementara itu, lebih banyak fasilitas sedang dibangun untuk mendukung kemajuan Grand Canyon kedua.

kecantikan Leuwi Jurig

Warna airnya memancarkan rona kehijauan yang sangat kontras dengan warna abu-abu bebatuan. Tidak banyak orang yang tahu tentang kawasan indah ini, jadi tidak heran jika Anda mungkin melihat segelintir orang atau hanya beberapa rombongan saat mengunjungi kawasan wisata ini.

Sungai sepanjang 500 meter yang diapit tebing curam membuat pemandangan di kawasan ini unik karena kita akan merasa seperti berada di luar negeri. Air yang mengalir di kawasan ini begitu jernih sehingga memantulkan perpaduan warna langit dan tebing di antaranya.

Area hunting foto di Leuwi Jurig

Bagi para fotografer, panorama sebuah destinasi wisata wajib dikunjungi demi hobi yang juga harus disalurkan. Termasuk medan sulit yang harus dilalui untuk mendapatkan dokumentasi seputar kawasan wisata Leuwi Jurig. Seperti yang sudah dijelaskan di atas, perpaduan antara pantulan warna langit dan tebing yang menerpa permukaan sungai merupakan sesuatu yang sangat unik dan memiliki kepuasan tersendiri saat difoto.

akses lokasi Arah Leuwi Jurig

Karena jauh dari kota, daerah ini sangat sulit diakses. Butuh perjalanan yang sangat panjang untuk sampai ke kawasan wisata ini. Jika anda ingin menuju kawasan wisata ini dari Bungbualang, tempat wisata Leuwi Jurig ini berada tidak jauh dari Jembatan Rumpit yang akan anda temukan setelah melewati pintu gerbang pertama kali.

Lebih tepatnya: pertama Anda harus pergi ke desa Bojong di kecamatan Bungbualang atau ke arah Sasak Rumpit, di mana Leuwi Jurig terletak tidak jauh dari sana. Sesampainya di Sasak Rumpit, Anda bisa langsung menghubungi warga setempat, mengingat akses menuju tempat wisata ini masih tergolong rumit dan belum ada petunjuk arah.

Tiket masuk Leuwi Jurig

  • Biaya masuk: Rp 5.000/orang

(Diperbarui Agustus 2023)

Jam buka Leuwi Jurig

  • Buka setiap hari dari jam 7 pagi hingga 6 sore

tips liburan ke Leuwi Jurig

Waktu terbaik untuk berlibur di kawasan wisata ini adalah pada pagi dan sore hari, saat musim kemarau dimulai. Karena jika anda ke sana saat musim hujan, medan yang anda lalui akan semakin sulit, jalan berbatu yang akan anda lewati akan semakin sulit untuk dilalui karena licin saat hujan, dan anda akan melewatkan momen tersebut, di dimana pantulan matahari dan tebing di depan sungai yang mengalir menjadi ciri khas kawasan wisata ini.

Kemudian menggunakan kendaraan pribadi berupa sepeda motor. Karena menuju ke sana dengan mobil masih sangat sulit. Sesampai di sana, selalu perhatikan etika dimanapun berada, asal jangan membuang sampah sembarangan dan selalu patuhi aturan yang berlaku di kawasan wisata. Terakhir, karena medan yang akan Anda lalui masih cukup sulit, sebaiknya kenakan alas kaki yang nyaman selama perjalanan.

Jika Amerika bisa bangga dengan Grand Canyon-nya, Indonesia akan bangga dengan Laut Setan ini, yang tidak ada duanya di Garut. Kawasan yang relatif baru ini mungkin menarik beberapa wisatawan yang pernah berkunjung ke kawasan Teufelssee ini. Meski tidak terlalu identik dengan yang ada di Amerika, Leuwi Jurig setidaknya memiliki ciri khas tersendiri dibandingkan dengan Grand Canyon di Amerika.

Mengunjungi kawasan ini akan lebih menarik jika Anda bisa sampai di sana pada siang hari. Pemandangan yang disajikan terlihat alami, sangat memikat dan sangat mempesona. Sinar matahari memantul di sungai yang jernih Leuwi Jurig dengan campuran tebing terjal abu-abu di tepi sungai.

Kawasan wisata ini sangat menyenangkan untuk dikunjungi bersama teman-teman Anda. Wisata ini bisa dijadikan retret saat Anda lelah dengan hiruk pikuk ibu kota. Jadi, tunggu apa lagi? Berencana untuk pergi segera

Galeri foto Leuwi Jurig

Potret Leuwi Jurig
Akses jalan menuju Leuwi Jurig
Potret pengunjung
Tempatkan foto di atas bebatuan
Keindahan Leuwi Jurig dengan dinding batu
Mandi di bawah aliran Leuwi Jurig

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button