Tempat Wisata

Air Terjun Bogor Nangka: lokasi, fasilitas dan tempat wisata

Bogor tidak hanya menyajikan tempat wisata yang Instagramable, tetapi juga memiliki tempat untuk menikmati alam yang indah dan cocok sebagai tujuan akhir pekan, seperti Curug Nangka. Wisata di kaki Gunung Salak ini menyuguhkan pesona eksotik air terjun yang dikelilingi hutan pinus.

Udaranya sangat sejuk dan memiliki suhu 20 hingga 22 derajat Celcius. Lokasinya berada di kawasan Ciapus sehingga sangat mudah dijangkau dengan kendaraan umum. Wisatawan dapat menikmati suara gemericik air yang menenangkan berpadu dengan nuansa alam.

Daya tarik Air Terjun Nangka Bogor yang menawan

Banyak orang memilih wisata air karena dapat menyegarkan badan dan pikiran. Mengunjungi Curug Nangka bisa menjadi alternatif wisata karena tempatnya yang tidak terlalu jauh dari kota. Rasa segar dengan nuansa alam dapat dinikmati dengan leluasa.

Kelembaban di kawasan wisata eksotik ini cukup tinggi sehingga terasa sejuk dan menyegarkan. Beberapa atraksi yang ditawarkannya antara lain sebagai berikut.

1. Keindahan air terjun

Air terjun di tempat wisata yang indah ini terlihat sangat menyegarkan karena bebatuan yang terciprat air mengikuti aliran sungai. Pesonanya yang eksotis dan menyegarkan memungkinkan wisatawan merasakan perasaan alami yang menenangkan pikiran.

Di titik ini terdapat tiga air terjun dengan ketinggian yang berbeda. Pertama ada Curug Kaung yang berada di puncak dengan ketinggian 17 meter. Di tengahnya terdapat air terjun mini yang tingginya sekitar 2 meter.

Sedangkan Curug Nangka berada di bagian bawah dan memiliki ketinggian sekitar 17 meter. Di bagian bawah air terjun terdapat kolam dengan air yang digunakan untuk mandi. Di kawasan beberapa sungai juga terdapat kolam-kolam yang banyak digunakan untuk wisata.

Keindahan air terjun menjadi daya tarik tersendiri yang sangat memikat. Air terjun ini berada di tengah dua tebing dengan pepohonan yang mengelilingi anak sungai sehingga terlihat sangat cantik. Air dan udaranya jernih dan karenanya merupakan tempat terbaik untuk bersantai.

Air terjun sedalam lutut orang dewasa ini sering dijadikan tempat pemandian. Debit airnya cukup deras dan memiliki suara yang menenangkan.

2. Tempat berenang

Air terjun eksotis ini memiliki kolam alami di bagian bawahnya sehingga sering digunakan wisatawan untuk berenang. Beberapa jeram yang membentuk kolam menarik perhatian dan bisa dijadikan tempat bermain air.

Basah-basah di tengah guyuran air terjun alami tentu sangat mengasyikkan. Kedalaman kolam relatif aman, menjadikannya tempat yang nyaman untuk berenang.

Tingginya kira-kira setinggi lutut orang dewasa. Jadi jika mengajak anak-anak harus diawasi oleh orang tuanya saat berenang atau bermain di air.

Berenang di tempat ini tidak hanya menyegarkan tetapi juga dapat memberikan ketenangan karena airnya yang jernih. Anda juga bisa berenang sambil berfoto di kolam renang.

3. Jalur untuk hiking

Selanjutnya pesona Air Terjun Curug Nangka yang mempesona. Lingkungan sekitar yang didominasi pepohonan rindang juga sangat menarik untuk dijelajahi.

Dari posisi gapura menuju air terjun jaraknya sekitar 700 meter yang harus ditempuh dengan berjalan kaki. Jalan yang harus dilalui berkelok-kelok dan menanjak.

Meski hanya berupa jalan setapak, jalur ini didesain nyaman bagi wisatawan trekking. Di sepanjang jalur pendakian Anda bisa melihat pohon-pohon pinus yang menjulang tinggi berjejer rapi.

Jika Anda melihat ke sisi lain, Anda dapat menikmati pemandangan pegunungan dan sawah yang indah. Tanpa disadari sudah berjalan cukup jauh, air terjun sudah terlihat di depan mata.

4. Lokasi Foto Instagramable

Setiap kali Anda pergi berlibur, fotografi adalah suatu keharusan. Setiap momen perlu diabadikan agar lebih berkesan. Wisata eksotis ini menawarkan berbagai spot foto Instagrammable yang siap memanjakan wisatawan.

Ada banyak ruang hijau dengan pemandangan mempesona yang bisa dijadikan background foto keren. Pemandangan indah ini pasti akan menarik untuk dibagikan di situs media sosial.

Anda bisa berfoto dengan latar belakang hutan pinus, air terjun, gunung, dan sawah yang terbentang luas. Terlihat sangat menarik untuk mengabadikan semua lokasi di tempat.

5. Perkemahan

Pengalaman yang bisa dinikmati saat mengunjungi air terjun sangat beragam. Anda dan rekan bisa mencoba berkemah untuk merasakan keindahan pesona air terjun di malam hari. Perkemahan ini tidak jauh dari lokasi air terjun.

Wisatawan yang ingin menginap akan dikenakan biaya sekitar Rp35.000 per malam. Untuk pelajar, biayanya adalah Rp 22.500 per malam. Sementara turis asing membayar Rp 105.000 per malam. Pilihan akomodasi sangat lengkap, mulai dari toilet, shelter, dll.

Perkemahan Curug Nangka sangat populer. Wisatawan bisa merasakan sensasi menghabiskan malam dengan nuansa alam yang sejuk. Bangun pagi disambut dengan udara segar.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Tempat wisata eksotik ini dikelola dengan baik dan menawarkan fasilitas yang memadai untuk memberikan kenyamanan kepada para wisatawan. Alhasil, Air Terjun Bogor Nangka semakin populer dan sering dikunjungi.

Fasilitas yang tersedia antara lain kamar kecil, ruang ganti, pos jaga, pondok kerja, area tempat duduk, ruang informasi, dll. Ada juga warung makan di sekitar air terjun. Jadi setelah selesai bermain air, Anda bisa menikmati berbagai sajian kuliner yang lezat.

Makanan khas Sunda tersedia dalam berbagai pilihan menu. Ada juga tempat parkir mobil yang berjarak 200 meter dari gerbang.

Anda juga bisa menemukan penjual souvenir seperti aksesoris dan kaos di sana. Akses jalan beraspal dan cukup rata dan lebar cukup untuk dua mobil berpapasan.

Fitur tamasya

Air Terjun Nangka Bogor terletak di kawasan Taman Nasional Halimun Salak. Tempat wisata seluas 17 hektar ini menawarkan pengalaman berpetualang yang seru di alam yang indah. Wilayahnya meliputi Desa Sukajadi dan Gunung Malang di Ciapus.

Dari kota Bogor, perjalanan memakan waktu sekitar 45-60 menit. Akses jalan relatif baik sehingga mudah dilalui. Rambu-rambu dipasang di sepanjang jalan agar lebih mudah dijangkau dengan kendaraan.

Biaya masuk

Wisatawan harus membayar tiket masuk untuk menikmati kesegaran di kawasan air terjun. Harga tiketnya cukup terjangkau. Jika Anda datang dengan rombongan, bahkan ada harga khusus. Obyek wisata eksotis ini buka mulai pukul 07.00 hingga 17.00 WIB.

Datanglah lebih awal agar Anda bisa lebih menghargai keindahan air terjun dan sekitarnya. Berbagai fasilitas umum di lokasi sudah termasuk dalam tiket masuk, sehingga bisa digunakan dengan bebas.

Pastikan untuk memakai sepatu yang nyaman agar berjalan-jalan terasa nyaman. Anda dapat mengetahui harga tiket masuk menggunakan informasi berikut.

Jenis tiket

harga tiket

hari dalam seminggu

akhir pekan

Kelompok mahasiswa domestik

20.000 Rp

22.000 Rp

kelompok mahasiswa internasional

105.000 Rp

305.000 Rp

Wisatawan Domestik

22.000 Rp

32.000 Rp

Turis Internasional

305.000 Rp

450.000 Rp

Curug Nangka bisa menjadi tujuan wisata yang tepat untuk akhir pekan. Dengan suasana alam yang menyegarkan, perasaan stress dan penat dapat dihilangkan sehingga pikiran menjadi lebih segar dan siap untuk beraktivitas kembali nantinya.

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button