Tempat Wisata

Menara Air Tirtanadi: Harga Tiket, Foto, Lokasi, Fasilitas dan Spot

Setelah seharian bekerja selama berminggu-minggu, tentunya kita merasakan masa kebosanan dalam aktivitas sehari-hari yang tidak terganggu, baik yang berhubungan dengan pekerjaan maupun sekolah dan kuliah. Terkadang kita perlu menggunakan beberapa hari libur untuk menyegarkan diri dan melepaskan segala penat dan stress yang kita rasakan. Bagi anda yang tinggal di pulau sumatera khususnya sumatera utara tidak perlu jauh-jauh pergi ke luar pulau sumatra atau bahkan ke luar negeri untuk berlibur. Di Medan sendiri terdapat tempat wisata yang memiliki pesona yang indah dan bisa dikunjungi bersama keluarga atau teman. Salah satu tempat wisata yang tidak boleh Anda lewatkan di sana adalah Menara Air Tirtanadi.

Tidak ada salahnya untuk sesekali mengunjungi tempat bersejarah seperti tempat wisata ini saat berlibur, yaitu tepat di Jl. Panda, Ps. Baru, Kota Medan, Kota Medan, Sumatera Utara. Karena letaknya yang strategis, wisatawan yang berkunjung tidak perlu khawatir untuk mencarinya. Menara yang tingginya sekitar 42 meter dan berat 330 ton ini terlihat kokoh dari jauh di tengah kota Medan. Dan karena itu, Menara Air Tirtanadi menjadi ikon kota Medan.

Dulu, objek wisata Menara Air Tirtanadi tidak hanya berfungsi sebagai landmark, tetapi juga sangat bermanfaat untuk distribusi air bersih ke berbagai wilayah kota Medan. Namun seiring berjalannya waktu, menara air yang dibangun pada tahun 1908 itu tidak lagi mampu menyuplai air. Selain gaya arsitektur bangunannya yang menarik dan unik, menara ini juga menyimpan sejarah dari zaman penjajahan Belanda hingga saat ini.

Pembangunan menara ini juga tidak terlepas dari perkembangan perusahaan air milik pemerintah kolonial Belanda dengan nama NV. Water Leiding Maatschappij Ajer Beresih berbasis di Amsterdam, Belanda. Mungkin Anda sering mendengar istilah “air ledeng” dan “air bersih” sekarang, kedua istilah tersebut di atas sebenarnya berasal dari bahasa Belanda leiding dan ajer bersih.

Fasilitas di Menara Air Tirtanadi

Menara Air Tirtanadi saat berkabut

Sayangnya fasilitas di objek wisata Menara Air Tirtanadi ini masih terbilang kurang. Namun karena lokasinya yang strategis, Anda tidak perlu repot mencarinya di tempat lain. Beberapa fasilitas yang dapat Anda temukan di Menara Air Tirtanadi adalah:

– Paviliun

Sebagai taman telah dibuat di sekitar Menara Air Tirtanadi, beberapa pendopo dan bangku telah disediakan bagi pengunjung untuk digunakan untuk duduk dan bersantai dengan keluarga atau pasangan.

– Area parkir

Anda yang datang dengan kendaraan pribadi baik itu mobil atau motor tidak perlu khawatir dengan masalah parkir karena tersedia tempat parkir mobil.

– Penginapan atau hotel

Karena letak objek wisata ini berada di tengah kota, masalah akomodasi tidak perlu Anda khawatirkan karena di sekitar Menara Air Tirtanadi terdapat beberapa hotel atau penginapan dengan harga terjangkau.

– Bilik atau tempat makan

Jika Anda lapar atau haus sambil menikmati pemandangan di sekitar objek wisata Menara Air Tirtanadi, di sekitar situ juga terdapat beberapa rumah makan, warung atau tempat makan yang menawarkan masakan khas Medan. Jadi Anda tidak hanya bisa mengunjungi Menara Air Tirtanadi, tapi juga berwisata kuliner di sana.

– Toko hadiah

Liburan belum lengkap rasanya tanpa membawa oleh-oleh. Ada toko suvenir di dekat Menara Air Tirtanadi di mana Anda bisa membeli oleh-oleh untuk keluarga Anda di rumah.

Semoga kedepannya pemerintah daerah dapat membangun lebih banyak fasilitas untuk menarik lebih banyak wisatawan.

Berburu foto di menara air Tirtanadi

Saat Anda pergi berlibur, ke mana pun Anda pergi, Anda wajib membawa kamera, baik kamera digital maupun profesional, dan kamera ponsel. Dengan kamera ini, Anda pasti bisa mengabadikan berbagai momen yang muncul saat berlibur. Ke mana pun Anda pergi, barang yang perlu Anda bawa adalah kamera, baik kamera digital, profesional, maupun ponsel. Dengan kamera ini, Anda pasti bisa mengabadikan berbagai momen yang muncul saat menghabiskan waktu bersama keluarga di tempat wisata. Di Menara Air Tirtanadi misalnya, Anda bisa mengambil foto pemandangan yang tersaji di depan mata, mulai dari taman yang mengelilingi menara air, tempat Anda bisa berkeliling atau bermain bersama anak-anak, hingga bangunan dengan arsitektur kuno sekalipun. kendaraan bisa menjadi objek foto yang menarik dan estetik. Menara air juga bisa Anda jadikan sebagai background foto Anda bersama keluarga atau teman. Setelah itu, jangan lupa untuk mengunggah foto-foto Anda di berbagai media sosial agar lebih banyak orang yang mengetahui tempat wisata ini.

Bagaimana menuju ke Menara Air Tirtanadi

• Melalui Udara : Sesampainya di Bandara Kuala Namu, Anda dapat langsung memulai perjalanan dengan kendaraan bermotor dengan rute Jl. melanjutkan. Jalan Tol Medan – Jl. Tol Belmera – Patumbak – Jl. Sisingamangaraja – Jl. Rahmadsyah – Jl. Sutomo-Jl. Pandu – Menara Air Tirtanadi

• Melalui jalur laut : Sesampainya di pelabuhan Belawan, anda dapat langsung melanjutkan perjalanan dengan kendaraan bermotor melalui jalur : Jl. R. Pelabuhan-Jl. Tol Belmera – Tj. Mulia – Jl. Krakatau – Jl. MH Thamrin-Jl. Asia – Jl. Sutomo-Jl. Pandu – Menara Air Tirtanadi

• Jalur darat: Dari pusat kota Anda tinggal mengikuti rute berikut: Jl. Guru Patimpus – Jl. Gatot Subroto – Jl. Kapten Maulana Lubis – Jl. Imam Bonjol – Jl. Surabaya – Jl. Pandu – Menara Air Tirtanadi

Sunset di Menara Air Tirtanadi

Biaya masuk ke Menara Air Tirtanadi

  • Biaya masuk: 0 IDR (gratis)

(Diperbarui Mei 2023)

Jam Operasional Menara Air Tirtanadi

  • Buka setiap hari dari pukul 09.00 – 16.00

Peta lokasi Menara Air Tirtanadi

Tips mengunjungi Menara Air Tirtanadi

Jadikan liburan Anda dan keluarga semakin menyenangkan dan berkualitas di Menara Air Tirtanadi. Berikut beberapa tips dari kami yang bisa Anda gunakan sebagai referensi liburan Anda:

  • Waktu terbaik untuk mengunjungi Menara Air Tirtanadi adalah liburan yang lebih panjang.
  • Datanglah ke Menara Air Tirtanadi bersama orang tersayang dan dapatkan pengalaman liburan yang tak terlupakan.
  • Bawa kamera dan cari foto terbaik dengan kamera terbaik.
  • Usahakan tubuh tetap prima saat berlibur di Menara Air Tirtanadi.

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button