Tempat Wisata

Gunung Sibayak: Harga Tiket, Foto, Lokasi, Fasilitas dan Spot

Aktivitas atau pekerjaan yang intens yang Anda lakukan setiap hari seringkali menimbulkan rasa stres dan tekanan yang kuat dalam hidup Anda. Itulah mengapa liburan dianggap penting agar Anda bisa mengendurkan otot-otot tubuh dan menikmati keindahan alam ciptaan Yang Maha Kuasa Sekaligus melepaskan penat. Keadaan kota yang penuh dengan kemacetan lalu lintas dan polusi udara yang dapat membahayakan kesehatan. Sumatera Utara merupakan bagian dari pulau Sumatera yang bisa menjadi tujuan wisata yang tepat apalagi jika anda mencari objek wisata alam karena disana anda bisa menemukan banyak tempat wisata alam yang menakjubkan dan tentunya banyak tantangan termasuk topik yang akan kita bahas kali ini yaitu Gunung Sibayak . . Bagi Anda pecinta alam atau menyukai petualangan outdoor, kegiatan mendaki gunung bisa menjadi pilihan yang sangat cocok untuk menghabiskan waktu di akhir pekan.

Gunung Sibayak sendiri merupakan objek wisata yang lokasi tepatnya berada di Kabupaten Karo. Selain Gunung Sinabung yang terkenal di Pulau Sumatera, Gunung Sibayak juga tak kalah keren. Pesona panorama Gunung Sibayak memang tak terbantahkan. Sesampainya di sana, Anda akan disambut oleh pemandangan pepohonan hutan yang berhektar-hektar. Udara sejuk segera menggantikan udara tercemar di perkotaan. Setiap liburan atau akhir pekan, banyak anak muda yang datang untuk menaklukkan gunung ini.

Bagi Anda yang ingin mendaki, ada tiga jalur pendakian aman yang disediakan pengelola, yaitu:

1. Desa Roh – Terletak hanya sekitar 7 km dari Jalan Raya Medan – Berastagi, desa ini memiliki kondisi jalan yang bagus dan mudah dijangkau kendaraan bermotor, sehingga banyak pendaki yang memilih jalur ini. Di desa ini pendaki harus membayar biaya yang sangat murah yaitu Rp. 4.000/orang. Dari desa hantu Anda bisa langsung menuju pintu hutan.

2. Desa Rarang Uda – Terletak hanya 3km dari kota Berastagi, desa ini memiliki rute yang lebih panjang dari Desa Roh. Sepanjang jalan Anda juga akan disuguhi pemandangan pepohonan menjulang tinggi yang asri dan rindang.

3. Rute 53 – Jika Anda memiliki banyak pengalaman pendakian dan mencari lebih banyak tantangan, rute ini sangat cocok karena lebih sulit daripada dua rute lainnya. Kondisi kontur jalan yang terjal dan berkelok-kelok bisa memakan waktu sekitar 5 jam, dan jarak tempuh dari Kota Medan pada gilirannya adalah 54 km.

Jika Anda ingin mendaki sangat disarankan untuk memastikan bahwa semua persiapan dan perlengkapan sudah siap dan Anda memiliki tingkat stamina yang tepat.

Fasilitas di Gunung Sibayak

Fasilitas objek wisata Gunung Sibayak memang terbatas dan semuanya berada di desa-desa sekitar kawasan gunung ini. Beberapa fasilitas yang dapat Anda gunakan adalah:

– Area parkir

Anda tidak perlu khawatir masalah parkir karena sudah ada area yang dijaga di mana Anda dapat memarkir kendaraan bermotor Anda sebelum pendakian.

– Berdiri di pinggir jalan

Anda dapat menemukan beberapa warung atau toko di sekitar desa untuk membeli makanan ringan atau mie instan dan roti untuk bekal saat mendaki gunung bersama teman-teman.

– Masjid/Musala

Bagi Anda yang ingin salat terlebih dahulu sebelum mendaki, terdapat masjid atau mushola yang bisa Anda temukan di desa-desa sekitar Gunung Sibayak.

– Tempat peristirahatan umum

Sama seperti fasilitas lain yang disebutkan di atas, toilet umum bisa Anda temukan di desa-desa sekitar objek wisata Gunung Sibayak.

– Pos

Tentunya ada posko-posko yang disediakan pengelola bagi pendaki yang ingin istirahat sejenak.

Berburu foto di Gunung Sibayak

Berkunjung ke tempat wisata alam yang indah tidak akan lengkap rasanya jika Anda lupa membawa kamera. Saat berlibur wajib membawa kamera, baik itu ponsel atau kamera profesional yang memungkinkan Anda mengambil foto. Ada beberapa spot foto menarik di Gunung Sibayak yang bisa Anda dan keluarga gunakan. Misalnya, jika Anda berwisata ke sana, pemandangan desa sekitar yang indah dengan hamparan sawah yang terhampar akan menjadi subjek foto yang bagus. Selain itu, kamu juga bisa berfoto selfie atau mengajak teman untuk mengabadikan momen saat mendaki menyusuri jalan setapak. Jadi begitu sampai di puncak ada pemandangan menakjubkan yang menunggumu yaitu sunrise yang pastinya Instagrammable dan tidak boleh dilewatkan untuk diabadikan. Jangan lupa untuk mengunggah foto Anda di berbagai media sosial.

Bagaimana menuju ke Gunung Sibayak

• Melalui Udara : Sesampainya di Bandara Kuala Namu, Anda dapat langsung memulai perjalanan dengan kendaraan bermotor dengan rute Jl. melanjutkan. Jalan Tol Medan – Jl. Tol Belmera – Patumbak – Jl. Sisingamangaraja – Jl. Lintas Sumatera – Jl. Jamin Ginting – Jl. Barusjahe – Gunung Sibayak

• Melalui jalur laut : Sesampainya di pelabuhan Belawan, anda dapat langsung melanjutkan perjalanan dengan kendaraan bermotor melalui jalur : Jl. R. Pelabuhan-Jl. Tol Belmera – Patumbak – Jl. Sisingamangaraja – Jl. Lintas Sumatera – Jl. Jamin Ginting – Jl. Barusjahe – Gunung Sibayak

• Jalur darat: Dari pusat kota Anda tinggal mengikuti rute berikut: Jl. Guru Patimpus – Jl. Gatot Subroto – Jl. Iskandar Muda – Jl. Jamin Ginting – Jl. Barusjahe – Gunung Sibayak

Biaya masuk ke Gunung Sibayak

  • Biaya masuk: Rp 10.000

(Diperbarui Mei 2023)

Jam buka Gunung Sibayak

Peta Gunung Sibayak

Tips mengunjungi Gunung Sibayak

Jadikan liburan Anda dan keluarga di Gunung Sibayak lebih menyenangkan dan berkualitas. Berikut beberapa tips dari kami yang bisa Anda gunakan sebagai referensi liburan Anda:

  • Waktu terbaik mengunjungi Gunung Sibayak adalah saat liburan panjang.
  • Datanglah ke Gunung Sibayak bersama orang tersayang dan rasakan sensasi liburan yang tak terlupakan.
  • Bawa kamera dan cari foto terbaik dengan kamera terbaik.
  • Usahakan agar tubuh tetap dalam kondisi prima selama berlibur di Gunung Sibayak.

Galeri foto Gunung Sibayak

Gunung Sibayak di Sumatera Utarapotret puncak gunungTempatkan foto di atas bebatuanPotret Gunung Sibayak di pagi hariGunung Sibayak saat berkabutSunset di Gunung Sibayak

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button