Tempat Wisata

Pemandangan Pronosutan, nikmati keajaiban alam sekaligus nikmati kuliner di Kulon Progo

harga tiket: 20.000 Rp Jam operasional: 24 jam, Alamat: Pronosutan, Kembang, Kec. Nanggulan, Taksi Kulon Progo, DI Yogyakarta; Bahan pengikat: verifikasi lokasi

Jika Anda bosan dengan destinasi wisata modern yang berkembang saat ini, Anda bisa memilih wisata alam. Tentu saja, pergi ke kawasan pegunungan atau air terjun adalah hal yang lumrah. Bagaimana dengan liburan di area persawahan hijau yang luas dan asri? Tentu akan menjadi pengalaman yang luar biasa saat mengunjungi persawahan di Kulon Progo.

Pronosutan View merupakan salah satu destinasi unik yang bisa dikunjungi. Areal persawahan ini dimiliki oleh warga yang sebagian besar berprofesi di bidang pertanian. Pemandangan yang bisa Anda alami di sini sebenarnya tidak jauh berbeda dengan sawah lainnya. Namun, karena negaranya sangat luas, tampilannya lebih menarik.

Promo hotel di Kulon Progo

Daya tarik yang dimiliki oleh Pronosutan View

Daya tarik sudut pandang pronosutanFoto oleh Yudo Tc di Google Maps

✦ Jalan beton membelah sawah

Tentunya jika berada di daerah lain masih kesulitan menemukan akses jalan yang bagus untuk berada di tengah area persawahan. Namun, hal tersebut tidak akan Anda rasakan jika menginap di kawasan wisata persawahan ini. Karena jalan setapak sudah tidak ditemukan dan sudah diganti jalan akses beton yang membelah sawah.

Jalan beton ini menjadi salah satu daya tarik sawah di Kulon Progo dibanding yang lain. Jika mudah dijangkau, tentu banyak pengunjung yang penasaran dan ingin mampir. Tidak hanya penduduk setempat, tetapi juga banyak pengunjung dari berbagai daerah mengunjungi kawasan wisata ini.

✦ Keindahan alam

Keindahan alam yang masih sangat alami sebenarnya bisa dirasakan dalam pemandangan pronosutan ini. Meski belum dikelola secara resmi, kawasan wisata ini sudah mampu menyuguhkan pemandangan yang luar biasa.

Anda bisa melihat pemandangan dengan latar belakang Perbukitan Menoreh yang sangat indah. Area ini sangat bagus untuk menyegarkan pikiran.

Wisata Jogja 1 Hari : Candi Borobudur, Svargabhumi, Sungai Mudal dan Pule Payung

✦ Kuliner Khas Kulon Progo

Saat menginap di kawasan wisata alam ini, Anda akan menemukan deretan warung yang menjajakan berbagai jenis masakan daerah yang sangat unik dan mungkin sulit ditemukan di daerah lain.

Hidangan lezat antara lain Banyu Bening Iwak Kalen, kopi Klotok, Geblek Pari Nanggulan dan kopi Ampirono yang sangat nikmat.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Pronosutan ViewFoto oleh Aji Kuncoro di Google Maps

Meski tergolong baru, kawasan wisata Pronosutan View sudah cukup dikenal. Yang gak mau ketinggalan bisa langsung ke Pronosutan, Kembang, Nanggulan dan Kulon Progo.

Dari pusat kota Yogyakarta, jarak yang ditempuh sekitar 20 km dengan waktu tempuh minimal 20-40 menit.

Jalan menuju tempat tujuan sangat nyaman dan aman serta dapat ditempuh dengan berbagai jenis kendaraan. Jika Anda tidak yakin menentukan rute yang benar, Anda dapat meminta bantuan Google Maps.

Langkah-langkahnya adalah memasukkan tujuan di menu pencarian dan menemukan rute terbaik.

Paket Wisata Jogja 1 Hari (Tumpeng Menoreh, Kebun Teh Nglinggo dan Lainnya)

Biaya masuk dan jam buka

Untuk menikmati keindahan Pronosutan View, Anda perlu membayar tiket masuk sebesar Rp20.000. Pastikan Anda sudah menyiapkan uang tunai sebelum memutuskan untuk mengunjungi kawasan wisata alam ini.

Selain itu, Anda juga bisa menyewa kendaraan dengan tarif Rp 15.000/jam untuk menjelajahi aktivitas di kawasan wisata.

Kegiatan yang menarik

Aktivitas Seru Pronosutan ViewFoto oleh Har Yadie di Google Maps

1. Mengejar sunset dan sunrise

Salah satu aktivitas yang banyak dicari wisatawan adalah menyaksikan sunset dan sunrise. Untuk menemukan fenomena alam ini, Anda harus datang pada pukul 05:00 WIB sebelum matahari terbit dan pukul 15:00 WIB sebelum matahari terbenam. Pemandangan warna jingga sunset dan sunrise selalu dikenang.

Momen di Pronosutan View ini wajib dinikmati dan diabadikan dengan lensa kamera. Anda bisa mengambil foto bergaya siluet dengan latar belakang sinar matahari yang menyejukkan mata. Jika Anda ingin merasakan momen terbaik, Anda harus mempersiapkan waktu terbaik untuk berkunjung. Jangan pernah telat atau terlambat jika tidak ingin ketinggalan.

2. Lihat tampilan pra panen di Pronosutan View

Waktu terbaik untuk mengunjungi kawasan wisata Pronosutan adalah menjelang musim panen karena padi sudah besar dan hijau. Waktu terbaik adalah ketika datang 2-3 minggu sampai 2,5 bulan setelah tanam padi. Sawah yang menjulang tinggi dan menghijau tentu saja mampu memaksimalkan pemandangan.

Untuk areal ini, operasi penanaman biasanya dilakukan tiga kali, dua di antaranya ditanami padi dan satu lagi operasi tanam dengan palawija. Bulan-bulan terbaik untuk berkunjung adalah bulan-bulan saat sawah ditanami padi, yaitu antara Maret, Juli, dan Agustus. Ketika sawah ditanami tanaman, pemandangan yang muncul tidak terlalu indah.

3. Abadikan momen

Karena areanya yang sangat luas, lensa kamera tentunya tidak cukup untuk menangkap keseluruhan area dengan sempurna. Oleh karena itu, Anda dapat menggunakan drone untuk merasakan keindahan dan kehijauan alam yang sempurna dari semua sisi. Anda bisa mengambilnya dari titik di tengah jalan beton di sawah ini.

Foto-foto yang terlestarikan tidak hanya memperlihatkan keindahan persawahan tetapi juga Bukit Menoreh yang menjadi latar belakang kawasan persawahan ini. Jika Anda tidak memiliki drone, Anda masih bisa memaksimalkan penggunaan kamera. Hasil yang diberikan juga tidak kalah menarik, menawarkan visi yang lebih jelas dan realistis.

4. Pelajari budaya lokal

Tak hanya menikmati pemandangan alam Pronosutan View, Anda juga bisa mengunjungi beberapa desa wisata terdekat, seperti Desa Ngepring dan Desa Suroteleng.

Saat anda berkunjung ke desa ini anda akan menyaksikan berbagai kegiatan masyarakat yang masih sangat tradisional dan anda bisa belajar tentang tradisi dan budaya.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas Pronosutan ViewFoto oleh Har Yadie di Google Maps

Meski belum dikelola secara resmi, kawasan wisata Pronosutan View sudah menawarkan fasilitas yang cukup untuk memenuhi kebutuhan pengunjung. Anda tidak perlu khawatir lagi soal parkir, karena telah disediakan area yang cukup luas untuk menampung kendaraan pengunjung. Selain itu, Anda juga tidak akan kesulitan menemukan toilet umum.

Toilet di kawasan wisata ini sangat bersih dan terawat sehingga nyaman digunakan pengunjung. Agar liburan Anda semakin seru, Anda bisa menyewa kendaraan berupa sepeda untuk menjelajahi sawah yang luas ini. Aku lelah berjalan-jalan. Anda dapat beristirahat dan menikmati pemandangan.

Sebagai pendamping, Anda berkesempatan untuk membeli berbagai hidangan atau minuman dari warung terdekat. Menikmati pemandangan sambil minum kopi tentu sangat menyenangkan. Bisa dikatakan Pronosutan View memiliki potensi untuk menopang pariwisata di Kulon Progo karena keunikan bentang alamnya.

Tentunya menghabiskan waktu di sawah menjadi pilihan terbaik bagi Anda yang bosan dengan kehidupan sehari-hari. Bisa dipastikan pikiran akan segar kembali, sehingga bisa memaksimalkan aktivitasnya di kemudian hari. Jangan lewatkan kesempatan untuk menikmati pemandangan hijau luas area persawahan ini.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Back to top button