Tempat Wisata

Air Terjun Cibaliung, Saksikan keindahan Air Terjun Bogor yang menakjubkan

Wisata alam di Bogor cukup luas dan mempesona. Curug Cibaliung merupakan salah satunya yang menawarkan keindahan alam berupa air terjun yang menakjubkan.

harga tiket: 10.000 Rp Jam operasional: 08.00-17.00 WIB, Alamat: Cibadak, Kec. Sukamuka, Kab.Bogor, Jawa Barat; Bahan pengikat: verifikasi lokasi

Liburan adalah kegiatan menyenangkan yang ingin dinikmati semua orang. Wisata alam biasanya dipilih karena pemandangannya yang seringkali bisa menghilangkan penat dari aktivitas sehari-hari. Salah satu tempat wisata alam bertema air terjun di Bogor adalah Air Terjun Cibaliung.

Di wisata air terjun yang indah ini masih terdapat aliran air dengan air terjun Leuwi Lieuk, Leuwi Cepet dan Leuwi Hejo. Sangat cocok sebagai destinasi akhir pekan yang menyegarkan karena memiliki suasana yang segar. Meski menawarkan pemandangan yang mempesona, namun sedikit orang yang mengetahui tentang air terjun yang satu ini.

Oleh karena itu, ulasan kali ini membahas Curug Cibaliung mulai dari atraksinya hingga aktivitas seru yang bisa dilakukan. Bogor adalah primadona wisata alam, jadi sayang jika dilewatkan air terjun yang memesona ini. Manajemen telah merancang fasilitas wisata alam ini dengan tepat.

Cek hotel murah di Banyumas

Atraksi yang ditawarkan Curug Cibaliung

Objek Wisata Air Terjun CibaliungFoto: Google Maps/Joni Fonda

Air terjun dengan air jernih berwarna biru kehijauan ini bak surga tersembunyi di Bogor. Wisatawan yang datang ke sini akan menemukan berbagai atraksi yang mungkin membuat mereka berpikir untuk kembali suatu hari nanti. Berikut beberapa daya tarik yang ditawarkan Air Terjun Cibaliung:

✦ Keajaiban alam yang menakjubkan

Keindahan alam wisata air terjun di Bogor ini sangat mempesona dan dapat menyegarkan kembali semangat Anda. Airnya yang sangat jernih berpadu dengan batu-batu berukuran berbeda di kolam-kolam alami yang terbentuk. Air terjun ini diapit oleh dinding batu setinggi sekitar 5 meter.

Bentuk tembok yang hampir melingkar menjadi daya tarik bagi wisatawan. Bentuk kolam alaminya juga sangat bagus, bahkan ada yang menganggap kolam itu buatan. Warna hijau mendominasi pemandangan dari air terjun karena dikelilingi pepohonan rindang.

✦ Banyak spot foto natural

Tak heran jika ada spot foto yang menjadi incaran wisatawan pada wisata air terjun ini. Hal ini dikarenakan pesona alam Air Terjun Cibaliung yang sangat menakjubkan. Sayang sekali mengunjungi tempat wisata yang indah tapi tidak mengabadikan momen, baik sendiri maupun bersama keluarga atau teman.

Kawasan ini berada di kawasan perbukitan sehingga menawarkan banyak spot foto yang keren. Foto-foto yang diambil kebanyakan menampilkan air terjun dengan latar pegunungan dan pepohonan rindang.

Zona Kupon 2000 Purbalingga

✦ Jalur trekking yang menyenangkan

Banyak wisatawan yang tertarik untuk mengunjungi wisata air terjun ini karena sudah terbayang trekking. Dimana sebagian wisatawan yang menyukai olahraga akan puas dengan kegiatan trekking. Di penghujung pendakian, tersaji keindahan air terjun yang semakin memukau wisatawan.

Meski jalur trekking cukup menantang, namun dianggap aman karena jalurnya dikelola. Untuk mencapai air terjun, wisatawan harus mendaki sekitar 20-30 menit. Tak perlu khawatir, di sepanjang wisata trekking terdapat berbagai stand makanan yang mengajak Anda berlama-lama.

Saat trekking, wisatawan akan menemukan hutan bambu dan pepohonan rindang. Di beberapa tempat mata disuguhi pemandangan perbukitan yang menakjubkan. Selain itu, terdapat jalan setapak melintasi sungai kecil dengan air yang jernih. Hal ini membuat aktivitas trekking menjadi lebih menyenangkan.

Alamat dan rute menuju Curug

Alamat Curug CibaliungFoto: Google Maps/Ignatius Ivan

Air Terjun Cibaliung terletak di Desa Wadung, Karang Tengah, Kecamatan Madang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Tempat wisata tersebut berada tidak jauh dari pusat kota Jakarta, Bandung dan Serang Banten. Banyak orang menyebut wisata air terjun ini Cibaliung Sentul karena berada di kawasan Sentul.

Kawasan ini cukup mudah dijangkau dan letaknya cukup strategis sehingga tidak akan merepotkan Anda jika ingin istirahat akhir pekan. Akses jalan menuju wisata juga mudah. Lebih disarankan menggunakan kendaraan di atas 110cc, dan wisatawan bisa memanfaatkan persewaan Pajero di kawasan tersebut. Destinasi alam ini berjarak sekitar 32 km dari pusat kota.

Kupon Funworld Moro Banyumas

Biaya masuk wisata alam

Wisata Air Terjun Hits ini berlangsung di kawasan rangkaian air terjun. Oleh karena itu, ada beberapa tiket yang harus dibayar oleh wisatawan. Harga tiket masuk Curug Cibaliung adalah Rp 10.000 per orang. Sebelum membayar tiket masuk, wisatawan perlu membayar tiket masuk kawasan air terjun.

Tarif masuk kawasan air terjun sekitar Rp 10.000-15.000. Biaya lain yang harus dikenakan adalah parkir. Ini adalah Rp 5.000 untuk parkir sepeda motor dan Rp 15.000 untuk parkir mobil. Bagi wisatawan yang ingin bermain air bisa menggunakan persewaan pelampung dan penitipan barang seharga Rp 20.000 per buah.

Seluruh rangkaian air terjun di sekitar wisata dapat dikunjungi setiap hari. Jam buka tontonan mulai pukul 08.00 hingga 17.00 WIB.

Kegiatan seru untuk dilakukan

Aktivitas seru di Curug CibaliungFoto: Google Maps/Randy Wibisana

Berlibur di wisata air terjun, Anda tidak hanya bisa menikmati pemandangan alam, tetapi juga melakukan berbagai aktivitas yang menyenangkan. Berikut beberapa aktivitas yang bisa dilakukan wisatawan saat berkunjung ke Curug Cibaliung:

1. Berenang atau bermain air

Hampir semua objek wisata berupa air terjun pasti bisa digunakan untuk berenang atau sekedar bermain air. Kegiatan inilah yang menjadi tujuan saat seseorang berkunjung ke air terjun. Karena air terjun biasanya memiliki air alami yang segar dan di bawahnya terdapat kolam alami yang bisa digunakan untuk mandi.

Airnya yang tenang dan lokasinya yang berada di perbukitan membuat bermain air atau berenang semakin menyenangkan. Kedalaman kolam di Wisata Curug Cibaliung sangat bervariasi, sehingga aman bahkan untuk orang yang tidak bisa berenang sekalipun.

2. Berkemah di Curug Cibaliung

Bagi pecinta camping, Curug Cibaliung merupakan tempat yang ideal untuk berkemah. Wisatawan bisa mendirikan tenda di pinggir air terjun, dekat kolam alami atau di tengah hutan lebat. Menikmati malam dikelilingi alam dengan suara air terjun yang mengalir dan suasana yang damai akan menjadikan pengalaman berkemah yang tak terlupakan.

3. Piknik

Wisata alam bertema air terjun ini merupakan tempat yang ideal untuk piknik bersama keluarga dan teman. Area di sekitar air terjun dilengkapi dengan fasilitas piknik seperti meja, bangku, dan area bermain. Jadi wisatawan bisa membawa makanan dan perlengkapan piknik untuk menikmati waktu yang menyenangkan dan pemandangan alam yang menakjubkan.

4. Berburu foto

Tentu, hunting foto merupakan kegiatan yang tidak boleh dilewatkan dan sangat menyenangkan. Seperti yang sudah dijelaskan, wisata alam yang mempesona ini menawarkan banyak spot foto. Hampir setiap sudutnya bisa dijadikan spot foto yang instagramable.

Fasilitas yang tersedia di kawasan Curug

Lampiran Air Terjun CibaliungFoto: Google Maps/Rangga Saputra

Fasilitas yang disediakan oleh pemerintah setempat untuk menunjang berbagai kegiatan wisata antara lain :

  • penitipan barang
  • area parkir
  • Warung makan
  • tempat peristirahatan umum
  • kamar mandi
  • tempat perkemahan
  • ruang sholat

Curug Cibaliung merupakan surga tersembunyi yang menawarkan pesona alam luar biasa dan beragam aktivitas menyenangkan. Bagi pecinta alam atau mereka yang mencari kedamaian dan keindahan, tempat ini akan menawarkan pengalaman yang tak terlupakan. Selain itu, berlibur di wisata alam yang satu ini tidak akan membebani dompet karena harganya yang terjangkau.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Back to top button