Tempat Wisata

Desa Sembalun Lawang: Harga Tiket, Foto, Lokasi, Fasilitas dan Spot

Desa Sembalun Lawang merupakan salah satu desa atau desa wisata yang ada di Lombok. Pulau Lombok sendiri dikenal sebagai pulau yang memiliki begitu banyak pesona alam dan budaya yang dijaga ketat oleh masyarakat disana. Menjadi kawasan agrowisata dan agribisnis, tak heran jika Lombok memiliki nuansa yang berbeda dengan pulau-pulau lain di Indonesia yang tidak dicap sebagai pulau wisata. Dengan meningkatnya jumlah wisatawan, berbagai fasilitas wisata dibangun, termasuk vila, rumah liburan, penginapan, hotel, bungalow, homestay, dan hostel ramah lingkungan.

Desa Sembalun Lawang

Bahkan lebih mudah untuk memesan hari ini karena Anda dapat memesan melalui Agoda dan TripAdvisor. Desa Sembalun Lawang tidak hanya menjadi tempat wisata, tetapi juga berfungsi sebagai penginapan bagi wisatawan yang berkunjung. Desa ini juga merupakan salah satu jalur pendakian menuju Gunung Rinjani. Di sekitarnya terdapat Perbukitan Bawak Nao dan Kawah Plawangan. Oleh karena itu, menjadikan desa ini sebagai penginapan adalah pilihan yang tepat karena dekat dengan beberapa destinasi wisata. Desa ini tidak hanya menarik dari dalam, tetapi jika Anda naik ke atas, Anda dapat melihat bahwa desa ini dikelilingi oleh sawah dan pegunungan yang indah.

Pemandangan Desa Sembalun Lawang :

1. Pelajari lebih lanjut tentang Sembalun

Areal Sembalun tidak sempit tapi agak luas. Ketinggiannya mencapai 2000 m dpl. Memiliki luas 217,08 km2 dan mencakup seluruh kabupaten. Sementara itu, kawasan Desa Sembalun Lawang pernah menjadi lokasi Sembalun Challenge 2019 Komunitas Sepeda Lombok. Ada juga CDC (Community Development Center) yang memperkenalkan budaya di Lombok. Acara lain juga diadakan di area ini.

2. Memiliki panorama alam yang indah

Bisa dibilang desa ini cukup kecil dibandingkan dengan desa lain di kecamatan yang sama. Dikenal sebagai desa wisata dengan ketinggian 1.156 m, pemandangan desa ini cukup memukau. Selain itu, desa ini juga menjadi titik awal bagi para pendaki gunung yang ingin mendaki Gunung Rinjani yang berketinggian 3.726 mdpl. Di sekitar desa terdapat bukit-bukit tinggi, dari jauh terlihat gunung Rinjani yang tinggi. Anda bisa saja pergi ke bukit terdekat untuk mengambil foto karena pemandangan desa dari dataran tinggi sangat indah.

3. Lokasi asli calon Penakluk Gunung Rinjani

Ada beberapa titik awal untuk menuju puncak Rinjani, salah satunya desa Sembalun Lawang. Ada pos komando di desa yang disebut Pusat Informasi Rinjani (RIC). Pos ini merupakan pos informasi sekaligus cara mendaftar sebelum mendaki. Ada juga rest area untuk pendaki karena ada beberapa host family dan porter yang cukup handal. Penduduk setempat dikenal memiliki fisik yang kuat karena terbiasa dengan lingkungannya. Mereka berperan sebagai pemandu gunung dan juru masak yang bersedia mengantarkan para pendaki gunung ke Gunung Rinjani dan juga ke Danau Segara Anak.

4. Budaya yang kental

Desa ini juga dikenal sebagai salah satu desa budaya di Lombok. Karena itu, budaya yang berlaku di sini masih dipertahankan oleh penduduk setempat. Ada 7 rumah yang dianggap sebagai cikal bakal perkembangan warga desa di sana. Di sana Anda bisa melihat rumah-rumah adat desa Blek. Ada juga kebun yang dibudidayakan oleh penduduk setempat. Mulai dari strawberry, jeruk, pepaya, apel, jambu biji dan lain sebagainya. Selain buah, ada juga sayuran.

5. Memiliki tempat wisata alam

Di dalam desa ini terdapat beberapa tempat wisata alam lainnya yang layak untuk dikunjungi seperti Air Terjun Mangku Sakti, Bukit Pergasingan dan Taman Wisata Pusuk Sembalun. Selain itu, pemandangan di sana sangat indah, meski bukan termasuk tempat wisata.

Fasilitas Desa Sembalun Lawang:

Lokasinya berada di desa, bukan desa yang tidak ada penduduknya, melainkan desa yang banyak penduduknya yang ramah. Di sana juga terdapat banyak bangunan, dan berbicara tentang fasilitas, Anda tidak perlu khawatir karena terdapat fasilitas yang sering dibutuhkan oleh wisatawan, seperti kamar mandi, toilet, penginapan, jaringan telepon seluler, tempat parkir, kios makanan, dan seterusnya.

Tiket Masuk Desa Sembalun Lawang

  • Biaya masuk: Rp 20.000
  • Biaya parkir motor: Rp 10.000

(Diperbarui Mei 2023)

Jam buka Desa Sembalun Lawang:

Lokasi dan Rute Desa Sembalun Lawang :

Lokasinya sendiri tepat berada di Sembalun Lawang, Sembalun, Kabupaten Lombok Timur, NTB. Dari Mataram membutuhkan waktu yang cukup lama yakni 4 jam. Tapi sekali lagi, pemandangan Gunung Rinjani bisa dinikmati dari jauh. Bahkan, banyak wisatawan yang mulai berfoto sejak menuju ke dusun ini. Rutenya sendiri cukup mulus, namun terdapat belokan dan ruas dengan hutan dan ladang. Jalan menuju desa Sembalun sendiri cukup sederhana dan mudah ditemukan, anda bisa menggunakan google maps anda. Di pintu masuk Desa Sembalun, tanyakan kepada penduduk setempat di mana Dusun Lawang berada.

Desa Sembalun Lawang tidak hanya menjadi tempat pendakian atau penginapan bagi wisatawan, namun juga menawarkan pemandangan yang indah sehingga setiap wisatawan yang datang pasti mencari pemandangan yang indah.

Peta Desa Sembalun Lawang

Tips Mengunjungi Desa Sembalun Lawang

Jadikan liburan Anda dan keluarga semakin menyenangkan dan berkelas di Desa Sembalun Lawang. Berikut adalah beberapa tips dari kami untuk digunakan sebagai referensi liburan:

  • Waktu terbaik untuk mengunjungi Desa Sembalun Lawang adalah liburan panjang.
  • Datanglah ke Desa Sembalun Lawang bersama orang tersayang dan rasakan sensasi liburan yang tak terlupakan.
  • Gunakan jasa biro perjalanan untuk liburan nyaman dan bebas stres di Desa Sembalun Lawang.
  • Bawa kamera dan cari foto terbaik dengan kamera terbaik.
  • Usahakan agar tubuh tetap prima saat berlibur di Desa Sembalun Lawang.

Galeri Foto Desa Sembalun Lawang

Desa Sembalun LawangDesa Sembalun Lawang Sumber : instagram.com/iwan.sh/Desa Sembalun LawangDesa Sembalun Lawang Sumber : instagram.com/iwan.sh/bukit di pinggiran desaKebun Strawberry di Desa Sembalun LawangDanau Segara Anak di Desa Sembalun LawangBerkemah di Desa Hill AtasDesa Sembalun Lawang berkabut

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button