Tempat Wisata

Stone Garden Citatah: Harga Tiket, Foto, Lokasi, Fasilitas dan Spot

Pikirkan sejenak Stone Garden Citatah. Ya, dari dua kata tersebut kita sudah bisa mengetahui bahwa tempat tersebut adalah gugusan bebatuan. Oleh karena itu disebut taman batu, lebih dikenal dengan taman batu. Kutipan taman batu, eksotis antik.

Rock Garden Citatah, atau taman batu, adalah dasar laut datar kuno yang diperkirakan oleh para ahli geofisika berumur 27 juta tahun. Penemuan ini dikuatkan dengan ditemukannya fosil hewan karang. Stone Garden terletak di ketinggian 700 meter di atas permukaan laut.

Wisata Stone Garden terletak di Desa Gunung Masigit, Desa Grimulya, Kecamatan Padalarang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat. Orang sering menyebutnya sebagai Cipatat Rock Garden atau Cipatat Geopark. Dari Padalarang sendiri, tempat ini hanya berjarak sekitar 5 km saja.

Fasilitas Stone Garden Citatah

Keindahan eksotis wisata Stone Garden tidak hanya menyuguhkan sejarah dan keindahan alamnya saja, namun juga berbagai fasilitas yang memadai untuk menjamin keamanan dan kenyamanan wisatawan yang berkunjung ke sana.

Standar seperti toilet umum dan tempat ibadah. Jadi anda tidak perlu khawatir untuk berwisata tanpa melupakan pencipta destinasi wisata alam Stone Garden.

Bahkan perusahaan katering sederhana pun tidak ketinggalan Kamu tahu. Mereka menyajikan berbagai jajanan dan makanan, serta berbagai oleh-oleh yang banyak diburu wisatawan untuk dijadikan oleh-oleh keluarga di kampung halaman.

Keindahan Taman Batu Citatah

Seperti pada umumnya, wisatawan yang berkunjung ke suatu destinasi wisata tidak lain adalah untuk menikmati keindahan tempat wisata tersebut. Taman batu itu sama. Di sana kita tidak hanya disuguhkan keindahan panorama batu kapur yang eksotik, tapi kita juga bisa belajar cerita dibalik wisata rock garden 27 juta tahun yang lalu.

Bukti-bukti sejarah yang masih jelas dan nyata, antara lain berbagai fosil hewan berupa terumbu karang tepat di puncak bukit, dapat membuktikan bahwa dataran tinggi Stone Garden dulunya berada di kawasan laut dangkal.

Melalui proses 27 juta tahun, kawasan ini juga menjadi berbatu, tempat karang hidup sebelumnya berkumpul dan mati membentuk batu kapur. Kawasan wisata alam seluas 2 hektar ini juga menyuguhkan keindahan alamnya. Pengunjung bisa menikmati sajian eksotis batugamping yang bentuknya tidak beraturan secara alami.

Rerumputan dan tanaman liar yang terlihat alami masih bisa dilihat di wilayah taman batu. Kebayang kan pemandangan wisata alam ini? Pemandangan luas perbukitan kapur berwarna putih dan coklat berpadu kontras dengan hijaunya areal pepohonan di sana.

Area hunting foto Stone Garden Citatah

Karena keunikan formasi batuan yang ada di rock garden, view unik ini sangat cocok untuk dipilih menjadi salah satu titik foto di sana. Letaknya yang nyaris membuat para pecinta foto ingin mengambil foto indah formasi batuan yang ada di kawasan Geopark ini.

Anda juga bisa melakukan prewedding disana, hasilnya tidak akan mengecewakan dan sangat cocok untuk melengkapi rencana pernikahan Anda. Setelah mengambil foto di siang hari, jangan pulang sampai kamera Anda siap untuk mengabadikan matahari terbenam.

Masuk ke lokasi Stone Garden Citatah

Jika ingin mengunjungi tempat wisata eksotik ini, rutenya tidak ribet. Anda yang berasal dari kota Jakarta bisa mengunjungi tempat wisata alam Stone Garden melalui jalan tol Padalarang yang selanjutnya menuju Padalarang-Cipatat dan Gunung Masigit.

Namun bagi anda yang berasal dari kota Bandung dapat melalui jalan tol Padalarang, melewati kota baru Parahyangan kemudian ikuti saja jalan menuju Cianjur dan bergabung dengan jalan tol Cipatat.

Biaya masuk ke Stone Garden Citatah

  • Biaya masuk untuk tiket domestik: Rp 5.000/orang
  • Harga tiket internasional: Rp 27.000/orang
  • Biaya Pre-Wedding: Rp 300.000
  • Biaya Model/Iklan: Rp300.000
  • Biaya tiket camping: Rp 20.000
  • Biaya parkir motor: Rp 5.000
  • Biaya parkir: Rp 7.000
  • Biaya parkir bus: Rp 30.000

(Diperbarui Agustus 2023)

Jam buka Stone Garden Citatah

  • Buka setiap hari dari jam 5.30 pagi hingga 6 sore

Tips liburan ke Citatah Stone Garden

Karena tempat ini masih dalam tahap pengelolaan, terutama dari segi aksesibilitas bagi wisatawan yang ingin berkunjung ke puncak bukit Pawon, pengunjung diminta untuk berhati-hati dalam perjalanan menuju puncak. Jalan yang dilalui disana hanyalah jalan setapak dengan sisi yang terjal, dimana kita harus memasuki kawasan hutan sepanjang 1,5 km.

Saran bagi anda yang ingin mengikuti Stone Garden Tour adalah anda perlu membekali diri dengan sepatu terlebih dahulu sebelum pergi ke tempat wisata ini. Sepatu yang dimaksud bukanlah high heels atau wedges karena medan yang sulit dan menanjak akan menghambat perjalanan Anda.

Lebih nyaman lagi jika perjalanan disertai dengan tongkat sebagai alat bantu. Karena letaknya paling atas, sangat disarankan agar Anda bepergian ke sana jika Anda bugar, cukup hidrasi, dan kenakan topi untuk melindungi kepala dari sinar matahari.

Dan jangan lupa membawa kamera untuk dokumentasi anda selama berwisata Taman batu Kutipan. Perjalanan panjang dengan sedikit usaha untuk sampai ke taman batu akan terbayar lunas saat kita mulai menelusuri kawasan wisata ini.

Galeri Foto Citatah Stone Garden

kutipan taman batu
akses jalan
puncak berbatu
Potret pemandangan dari Puncak Stone Garden
Fasilitas Peristirahatan Saung
Tempat foto terbaik di atas batu

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button