Tempat Wisata

Danau Matano di Sulawesi Selatan: Harga Tiket, Foto, Lokasi, Fasilitas dan Spot

Danau Matano di Provinsi Sulawesi Selatan merupakan salah satu tempat wisata alam menarik yang tidak boleh dilewatkan. Danau ini merupakan mata air jernih dengan kedalaman maksimal 590 meter. Tak heran danau ini menjadi salah satu yang terdalam di kawasan Asia Tenggara, peringkat ke-8. Pemandangan menakjubkan ditawarkan kepada setiap pengunjung yang memasuki tempat ini.

Tak heran jika tempat wisata tepi danau ini hampir selalu ramai dikunjungi wisatawan. Danau seluas 16.000 hektar ini bisa menjadi destinasi yang tepat bagi keluarga.

Lokasi Danau Matano

Danau MatanoDanau Matano Sumber: instagram.com/awy.munawir

Jika Anda berkunjung ke Sulawesi Selatan, jangan lewatkan Danau Matano. Danau Matano terletak di Sulawesi Selatan yang merupakan bagian dari Pegunungan Verbeek di Luwu Timur lebih tepatnya di Sorowako.

Biaya masuk ke Danau Matano

  1. Biaya masuk: Rp 10.000

(Diperbarui April 2023)

Jam operasional di Danau Matano

Danau eksotis ini menawarkan waktu berkunjung yang fleksibel. Jadi pengunjung bisa datang kapan saja. Danau ini buka 24 jam sehari. Dengan demikian, Anda dapat mengunjunginya secara individu atau dengan agen perjalanan.

Peta Danau Matano

Fasilitas di Danau Matano

Fasilitas di Danau MatanoSumber Danau Matano: instagram.com/ewink_ali

Sebagai salah satu danau yang menarik untuk dikunjungi, fasilitas yang ditawarkan tempat ini cukup memadai. Jadi pengunjung tidak perlu khawatir kesulitan mencari fasilitas standar. Pengunjung dapat mengelilingi danau dengan kano sewaan. Selain itu, ada juga pilihan lain seperti shelter, arung jeram, dll.

Bagi yang suka olah raga air, hal ini juga bisa dilakukan di danau ini. Misalnya dengan bermain banana boat dan rakit yang disewa penduduk setempat. Oleh karena itu, masyarakat setempat sebenarnya sudah mulai mengembangkan dan mengelola kawasan wisata ini. Hal ini akan membuat fasilitas yang ada untuk menunjang kegiatan wisata semakin lengkap.

Spot foto menarik di Danau Matano

Spot foto menarik di Danau MatanoDanau Matano Sumber: instagram.com/hidayattaaufik_95

Bagi yang menyukai wisata alam, Danau Matano akan memanjakan mata. Mengingat pemandangannya yang indah, tentu akan menimbulkan kesan tersendiri. Tak heran jika tak sulit menemukan spot foto menarik di tempat ini. Tempat wisata ini hampir selalu ramai, terutama di akhir pekan.

Sebelum mengunjungi tempat ini, sebaiknya kenali dulu beberapa spot foto menarik yang bisa diabadikan.

1. Pemandangan alam di sekitar danau

Spot foto pertama yang satu ini tidak boleh dilewatkan saat berkunjung ke Danau Matano. Ada beberapa spot foto disini yang tentunya tidak jauh dari danau. Di sekitar danau terdapat pantai berpasir putih yang unik.

Mata pun jadi lebih segar saat melihat Air Terjun Mata Buntu. Selain itu, pengunjung akan melihat tempat-tempat unik dan menarik lainnya. Misalnya dengan melihat Burabura atau mata air yang hidup di dekat danau.

2. Makam kuno suku Matano

Anda tidak akan menemukan spot foto menarik ini di tempat lain. Pengunjung dapat melihat secara langsung makam kuno suku Matano. Lebih tepatnya di Dusun Matano yang tak jauh dari danau ini. Wisata di danau ini tidak hanya menawarkan wisata alam. Sebaliknya, itu adalah kesan budaya yang tak terlupakan dari suku asli Matano.

3. Keliling danau dengan perahu katinting

Pada prinsipnya pengunjung dapat mengelilingi danau ini dengan berbagai kendaraan. Salah satunya adalah perahu katinting yang memungkinkan Anda menikmati pemandangan danau dari dekat. Perahu bisa disewa dari penduduk setempat yang mengelolanya.

4. Rongga tengkorak

Spot foto yang satu ini akan menawarkan pengalaman yang unik dan mistis. Namun, justru inilah yang menjadi daya tarik utama untuk berwisata di Danau Matano. Pengunjung bisa melihat adanya bebatuan papan di beberapa gua purba. Sisa-sisa sejarah dapat ditemukan di lubang gua. Diantaranya adalah tombak, parang dan perkakas kuningan.

Barang-barang tersebut sebenarnya sangat berguna bagi manusia pada zaman dahulu. Peninggalan sejarah diperkirakan berumur ribuan tahun.

5. Lihat ikan Buttini purba

Setiap objek wisata tentunya memiliki keunikan tersendiri. Termasuk Danau Matano yang bisa dinikmati lebih maksimal dengan perahu. Misalnya dengan perahu katinting yang merupakan salah satu perahu tradisional. Pengunjung tidak pernah bosan mengagumi keindahan dan pesona alam Danau Matano.

Selain itu, banyak juga hewan endemik di danau ini. Misalnya kepiting, siput, udang dan ikan. Menarik juga bahwa sebagian besar hewan endemik di Danau Matano tidak dapat ditemukan di tempat lain.

Akomodasi di dekat Danau Matano

Karena ini adalah salah satu danau dengan jumlah pengunjung yang tinggi, tidak sulit untuk mencari penginapan. Di sekitar danau terdapat berbagai jenis penginapan yang mudah ditemukan. Pengunjung yang ingin berwisata lebih lama di danau ini bisa menginap di villa, homestay atau hotel.

Beberapa contoh penginapan di sekitar danau ini adalah Matano Sunrise, Grand Mulia Hotel Sorowako dan Hotel Villa Matano Sorowako.

Itinerary ke Danau Matano

Itinerary ke Danau MatanoSumber Danau Matano: instagram.com/rachmatdp

Destinasi wisata yang satu ini bisa dicapai melalui jalur yang relatif mudah. Danau ini terletak di Desa Sorowako, Kabupaten Luwu Timur, Sulawesi Selatan. Akses menuju desa Sorowako bisa melalui jalur darat maupun udara.

Untuk jalur darat, silakan gunakan jalur bus Makassar – Sorowako dengan waktu tempuh kurang lebih 12 jam. Sedangkan jika memilih jalur udara, gunakan pesawat dari Bandara Sultan Hasanuddin Makassar. Di sana Anda perlu memilih tujuan ke Bandara Sorowako. Waktu tempuhnya cukup singkat sekitar 55 menit.

Danau Matano bisa menjadi tujuan wisata yang menarik di Sulawesi. Selain itu, pengelolaan menjadi semakin aktif dari pemerintah dan warga setempat.

Sekilas dan foto Danau Matano di Sulawesi Selatan

Potret Danau Matano yang sangat bagusDermaga di Danau MatanoLokasi Danau Matano berada di bawah bukitKeindahan Danau MatanoSpot foto di Danau MatanoBerlayar di Danau MatanoPotret keindahan Danau Matano

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button