Tempat Wisata

Danau Talang di Solok: harga tiket, foto, lokasi, fasilitas dan spot

Potensi tempat wisata di Solok memang tidak bisa dipungkiri. Daerah ini dikenal luas karena pemandangan alamnya yang indah. Danau Talang merupakan salah satu sumber daya alam yang diolah menjadi objek wisata. Daerah ini memiliki potensi alam yang luar biasa. Ditambah organisasi dan manajemen yang baik dari pihak pemerintah dan penduduk setempat.

Danau Talang juga mulai populer dan menjadi tujuan wisata. Danau eksotis ini perlahan menjadi tujuan wisata populer. Banyak spot foto yang Instagramable. Anda juga dapat mengambil foto dan mengunggahnya ke media sosial favorit Anda.

Lokasi di Danau Talang

Danau TalangDanau Talang Sumber: instagram.com/hullgatess

Salah satu tempat wisata unggulan Solok terletak di Kabupaten Solok Provinsi Sumatera Barat, lebih tepatnya di Kecamatan Danau Kembar, di Kanagarian Kampung Batu Dalam. Telaga ini berada tidak jauh dari tempat wisata lain yang sebelumnya dikenal luas. Misalnya Kebun Teh Alahan Panjang, Danau Kembar dan Gunung Talang.

Biaya masuk ke Danau Talang

  1. Biaya masuk: Rp 15.000

(Diperbarui April 2023)

Jam operasional di Danau Talang

Danau ini dapat dikunjungi oleh wisatawan lokal maupun mancanegara setiap saat. Artinya Danau Talang sebenarnya buka 24/7, jadi lebih leluasa dalam berkunjung.

Peta Danau Talang

Kegiatan menarik di Talangsee

Kegiatan menarik di TalangseeDanau Talang Sumber: instagram.com/dhicky.arya07

Meski danau ini masih dalam tahap pengembangan, namun ada banyak kegiatan menarik yang bisa dilakukan. Jadi mengunjungi danau ini tidak akan membosankan. Lalu apa saja aktivitas menarik yang bisa dilakukan di danau cantik ini?

1. Jelajahi danau

Penduduk setempat menyediakan perahu kecil yang bisa disewa wisatawan. Kendaraan tradisional ini memungkinkan Anda menjelajahi danau yang masih asli ini. Banyak tempat menarik yang bisa ditemukan selama menjelajahi danau ini.

2. Memancing

Cukup banyak pengunjung yang hobi memancing melakukan aktivitas di Danau Talang ini. Namun, perlu diingat bahwa tidak ada persewaan peralatan memancing di sekitar danau. Oleh karena itu, pengunjung harus membawa alat tangkap sendiri.

Saat itu Anda bisa menunggu ikan tersangkut di kail sambil menikmati pemandangan danau yang indah. Pastikan juga Anda menyeruput secangkir kopi panas agar momen santai ini semakin sempurna.

3. Berkemah

Danau ini adalah salah satu tempat perkemahan paling populer. Pada dasarnya kawasan danau sangat ideal untuk berkemah karena memiliki akses air yang mudah. Tidak perlu khawatir tidak mendapatkan tempat, ada banyak tempat perkemahan yang bisa ditemukan. Diketahui, telaga ini mampu menampung banyak pengunjung yang memang sudah berencana untuk berkemah.

4. Berburu foto keren

Di saat media sosial sudah tidak asing lagi, mengunggah foto keren sepertinya sudah menjadi kebutuhan. Nah, kamu bisa lebih eksis dengan berfoto di sekitar danau ini. Tak heran Danau Talang dijadikan spot foto yang keren untuk diunggah ke media sosial.

Sejarah Danau Talang

Sejarah Danau TalangDanau Talang Sumber: instagram.com/okecaaann

Keindahan Danau Talang awalnya merupakan danau vulkanik. Letusan gunung berapi terjadi di masa lalu, akhirnya membentuk kawah. Seiring waktu, kawah tersebut membentuk danau yang eksotis.

Sebagai perbandingan, Danau Talang seperti anak kandung Gunung Talang. Seperti diketahui, Gunung Talang masih merupakan gunung berapi aktif. Letusan tersebut menciptakan dua kawah besar yang saat ini menjadi danau yang paling banyak dikunjungi.

Gunung Talang sendiri pernah beberapa kali meletus, periode pertama pada tahun 1833 hingga 2007. Kemudian letusan kembali terjadi pada periode 2005 hingga 2017. Saat itu, gunung tersebut dalam keadaan siaga.

Danau itu sendiri berada di ketinggian 1.500 meter di atas permukaan laut. Sedangkan Gunung Talang lebih tinggi yakni 2.597 mdpl. Oleh karena itu, tak heran jika kawasan sekitar danau dimanfaatkan sebagai lahan produktif untuk perkebunan. Tanahnya sangat subur, sehingga banyak penduduk setempat menggunakannya untuk bercocok tanam yang mereka butuhkan.

Itinerary ke Danau Talang

Danau vulkanik ini memiliki itinerary yang bisa ditempuh dari Kota Padang. Jika Anda berada di kota ini, tujuan Anda selanjutnya adalah kota Solok. Begitu sampai, lanjutkan perjalanan melalui Alahan Panjang. Waktu tempuh yang dibutuhkan dari Kota Padang menuju danau cantik ini sekitar 68,6 kilometer.

Tips Liburan ke Danau Talang

Tips Liburan ke Danau TalangDanau Talang Sumber: instagram.com/danielmeyza

Sebelum Anda pergi berlibur, penting untuk mengetahui persiapan yang berbeda. Apalagi jika tujuan wisata yang ingin dikunjungi cukup jauh. Juga jika Anda ingin mengunjungi danau ini, berikut adalah beberapa tips yang direkomendasikan.

  • Persiapkan beberapa hal yang tidak boleh ketinggalan yaitu logistik dan obat-obatan.
  • Jangan lupa siapkan kameramu karena kamu bisa menemukan banyak hal menarik di sana.
  • Pastikan keamanan dan kenyamanan selalu menjadi prioritas utama saat Anda tiba di tempat tujuan.
  • Disarankan membawa jaket untuk tetap berada di luar saat cuaca dingin.
  • Jika Anda berencana untuk pergi berkemah, persiapkan peralatan yang diperlukan dengan baik.
  • Setiap pengunjung bertanggung jawab atas ketertiban, kebersihan dan kenyamanan tempat wisata.
  • Hindari kegiatan yang berpotensi merusak alam.
  • Ikuti semua protokol keselamatan perjalanan yang ada.
  • Pastikan Anda selalu membuang sampah pada tempat yang telah disediakan pengelola.

Banyaknya tren perjalanan di mata publik mungkin membuat Anda bingung. Tak perlu khawatir, memilih destinasi bertema alam selalu mengasyikkan. Danau Talang mungkin menjadi daftar berikutnya untuk dikunjungi ketika musim liburan tiba.

Perlahan tapi pasti, danau ini semakin memikat hati para wisatawan. Terutama bagi mereka yang menyukai perasaan sejuk alam.

Sekilas dan foto Danau Talang di Sumatera Barat

Pemandangan Danau Talang di SolokBebatuan di tepi Danau TalangSpot foto terbaik di Danau TalangAkses jalan menuju Danau TalangSpot foto dengan background Danau Talang

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button