Tempat Wisata

Pulau Liwungan Banten: Harga Tiket, Foto, Lokasi, Fasilitas dan Spot

Banten memang provinsi yang menawarkan banyak wisata bahari. Salah satunya adalah Pulau Liwungan. Pulau tak berpenghuni ini merupakan salah satu pulau di Selat Sunda.

Saat berkunjung ke Pulau Liwungan, wisatawan akan melihat pantai berpasir putih di sisi kanan pulau. Selain itu, pulau ini memiliki laut dengan air yang jernih dan tampilan yang cantik.

Lokasi Pulau Liwungan

Pulau LiwunganPulau Liwungan Sumber: instagram.com/tanjunglesung_

Pulau Liwungan terletak di Kecamatan Panimbang, Kabupaten Pandeglang, lebih tepatnya di Desa Citeureup, Provinsi Banten. Lokasi cukup mudah dijangkau baik menggunakan google maps atau tidak.

Akses ke Pulau Liwungan

Foto tempat wisata Pulau LiwunganPulau Liwungan Sumber: instagram.com/lila_chandra_rosita

Jika Anda ingin mengunjungi Pulau Liwungan, ada beberapa cara untuk menuju ke sana. Berikut penjelasannya.

1. Penggunaan kendaraan pribadi

Jika wisatawan datang dengan kendaraan pribadi, maka perlu mengikuti pintu keluar tol Serang Timur kemudian melanjutkan perjalanan ke Pandeglang, Menes, Labuan dan melewati Panimbang.

Kemudian calon wisatawan masuk ke kawasan pantai Tanjung Lesung, dilanjutkan ke Pasar Citereup dan menuju ke Pantai Cipanon. Di Pantai Cipanon, wisatawan bisa naik perahu motor untuk menyeberang ke Pulau Liwungan.

2. Menggunakan kendaraan umum dari Terminal Pakupatan Serang

Rute kedua bisa ditempuh dengan angkutan umum dari Terminal Pakupatan Serang. Dari terminal naik Bus Damri jurusan Cibaliung Sumur lalu turun di Pasar Citereup.

Dari pasar Citereup, wisatawan menuju pinggir laut Cipanon. Untuk menuju Pulau Liwunan dari pantai Cipanon, wisatawan bisa menggunakan perahu motor.

3. Gunakan kendaraan umum dari Jakarta, Bandung, Bogor dan sekitarnya

Jika wisatawan memulai perjalanannya dari Jakarta dan sekitarnya dengan angkutan umum, naik angkutan umum jurusan Labuan, kemudian dilanjutkan jurusan Cibaliung Sumur dengan angkutan Isuzu, lalu turun di pasar Citereup.

Seperti jalur lainnya, begitu sampai di Pasar Citereup, Anda akan melanjutkan perjalanan ke Pantai Cipanon. Kemudian transfer dari pantai ke Pulau Liwunan dengan perahu motor.

Biaya masuk ke Pulau Liwungan

Selain membawa tiket masuk, wisatawan juga perlu menyiapkan biaya tambahan untuk hal-hal berikut saat berkunjung ke Pulau Liwunan.

  • Harga tiket masuk ke Pulau Liwungan adalah Rp 10.000 per orang
  • Harga sewa perahu Rp 150.000 per orang (perahu bisa menampung 10 penumpang)
  • Biaya parkir sepeda motor di Kampung Nelayan Cipanon Rp 3.000
  • Biaya parkir mobil di Kampung Nelayan Cipanon adalah Rp 10.000

Waktu operasi Pulau Liwungan

Wisata Pulau Liwungan buka 24 jam setiap hari. Sehingga wisatawan bisa berkunjung secara fleksibel. Namun disarankan untuk berkunjung pada siang hari, karena pada malam hari suasana pulau ini terkesan sepi.

Peta lokasi Pulau Liwungan

Fasilitas di Pulau Liwungan

Fasilitas merupakan aspek penting yang harus diperhatikan saat memilih tujuan wisata. Di Pulau Liwungan, fasilitas penunjang kegiatan wisata cukup lengkap dan bisa dimanfaatkan wisatawan.

Di Pulau Liwungan dilengkapi dengan toilet dan kamar mandi untuk menyiram, sentinel pulau, warung kecil, saung dan pendopo, tempat perkemahan, dermaga, Pekerjaan memancing dan lain-lain Pekerjaan bermain.

Kegiatan yang bisa dilakukan di Pulau Liwungan

Kegiatan yang bisa dilakukan di Pulau LiwunganPulau Liwungan Sumber: instagram.com/holy29holy

Sebagian besar wisatawan pasti akan melakukan aktivitas saat mengunjungi tempat-tempat wisata. Karena Pulau Liwungan adalah wisata berkonsep alam, berikut beberapa hal yang dapat dilakukan saat berkunjung.

1. Menikmati keindahan pulau

Tentunya hal pertama yang dilakukan saat berkunjung ke Pulau Liwungan adalah menikmati keindahan alamnya. Di banyak sisi pulau dapat dinikmati keindahannya, yaitu lautnya yang jernih, pasir putihnya yang mempesona dan lain sebagainya.

Nikmati keindahan pulau dengan berjalan-jalan di sekitar kawasan pulau atau sekedar duduk-duduk di paviliun yang banyak terdapat di sana. Menikmati keindahan pantai menjadi semakin tak terlupakan jika dinikmati bersama keluarga atau teman.

2. Menyelam

Kegiatan menarik lainnya adalah menyelam. Kegiatan ini bisa dilakukan bagi wisatawan yang tertarik dengan aktivitas bawah laut. Di bawah laut Pulau Liwungan terdapat terumbu karang yang dihiasi ikan-ikan kecil yang cantik

Namun, jika Anda ingin menyelam, pastikan Anda sudah membawa peralatan selam dari rumah. Selain itu, wisatawan diimbau untuk berhati-hati dan dilarang merusak terumbu karang yang tumbuh di dasar perairan.

3. Memancing

Bagi wisatawan yang hobi memancing, kegiatan ini juga bisa dilakukan di Pulau Liwungan. Administrasi mengizinkan wisatawan untuk memancing di laut. Pastikan juga Anda membawa perlengkapan memancing jika berencana memancing di pulau ini.

4. Bermain pasir

Tentunya jika Anda berwisata bersama keluarga dan membawa serta anak-anak, bermain pasir menjadi kegiatan yang menyenangkan. Bermain pasir tidak hanya mendorong kreativitas anak, tetapi juga mendekatkan mereka dengan alam.

Pasir di Pulau Liwungan berwarna putih dan cukup luas untuk tempat bermain. Sehingga aman dan cocok untuk anak-anak bermain di sana.

5. Menikmati matahari terbenam

Selain hal-hal di atas, tentunya salah satu hiburan favorit para wisatawan adalah menikmati sunset di sebuah pulau. Saat sore tiba, sunset akan terlihat sangat indah dari pulau ini. Warnanya yang jingga kemerahan membuat suasana pulau ini semakin hangat.

6. Foto – foto

Hal yang wajib dilakukan wisatawan saat berkunjung ke tempat baru adalah berfoto. ada banyak Pekerjaan yang bisa diabadikan di Pulau Liwungan Pekerjaan Pantai, Pekerjaan menarik dan Pekerjaan ketika matahari terbenam datang

Demikianlah pembahasan singkat tentang Pulau Liwungan. Menarik kan? Apa yang kamu tunggu? Segera tambahkan Pulau Liwungan ke daftar liburan Anda selanjutnya.

Gambar dan foto pulau Liwungan di Banten

Selamat datang di Pulau Liwungan.Pulau kecil tapi sangat indahDermaga Desa Nelayan di Pulau LiwungKeindahan Pantai Pulau LiwungKeindahan laut di Pulau LiwungSpot foto di Pulau Liwung, Banten

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button