Tempat Wisata

Curug Batu Templek: harga tiket, foto, lokasi, fasilitas dan spot

Bandung, Jawa Barat tidak pernah memiliki tempat wisata yang cukup untuk ditawarkan. Salah satu tempat menarik yang wajib dikunjungi baik saat akhir pekan maupun liburan panjang adalah Curug Batu Templek. Air terjun ini sangat unik karena menawarkan pemandangan alam yang penuh dengan tebing bebatuan. Bagi Anda yang ingin sejenak menjauh dari hiruk pikuk kota, tempat ini adalah tujuan yang tepat.

Air terjun ini baru-baru ini menjadi sangat populer sebagai tempat liburan populer bagi penggemar bersepeda. Tak hanya warga Bandung yang berduyun-duyun ke air terjun ini, tapi juga wisatawan lokal maupun mancanegara. Mereka menjadikan lokasi air terjun ini sebagai salah satu tempat terindah instagramable.

Fasilitas di Curug Batu Templek

Curug Batu Templek merupakan tempat wisata yang populer dan baru ditemukan serta masih minim fasilitas wisata. Di area air terjun ini hanya terdapat tempat parkir dan warung yang bisa Anda gunakan untuk tempat makan dan minum. Ada juga toilet, mushola, dan saung untuk istirahat.

Keindahan air terjun batu Templek

Curug Batu Templek memiliki ketinggian 52 meter. Tentunya memiliki keindahan tersendiri yang berbeda dengan air terjun lainnya. Dilihat dari jauh, air terjun ini begitu eksotis dan menakjubkan. Selain itu aliran air dari air terjun ini sangat jernih dan bersih. Aliran airnya berasal dari sungai di atas dan terbagi menjadi beberapa aliran. Selama anda berada di air terjun ini, anda akan merasakan ketenangan dikelilingi oleh alam dan tentunya menikmati keindahan alam yang masih asri.

Keunikan Curug Batu Templek terletak pada lokasinya yang berada di tengah area penggalian batu. Panorama pemandangan alam dari tempat ini, terutama susunan dan warna tebing bebatuan yang kekuningan menjadi daya tarik tersendiri. Keberadaan bebatuan di Templek Curug Batu tidak lepas dari sejarah Cekungan Bandung Purba. Batuan di sini terbentuk jutaan tahun yang lalu.

Disebut candi batu karena sifat batunya yang menyerupai lempengan tipis. Penggunaan slate memberikan kesan natural pada rumah dan terlihat seperti menempel (stencil) pada dinding yang ditempelinya. Dinding batu ini memiliki karakter dan warna yang cocok untuk konsep hunian minimalis.

Pengunjung yang datang ke air terjun ini tidak hanya bisa menikmati keindahan alamnya, tetapi juga menaiki tebing yang tingginya mencapai 54 meter. Tebingnya tidak jauh dari air terjun. Biasanya banyak pengunjung yang datang ke sini dengan bersepeda sambil menikmati keindahan air terjun.

Berburu foto di Curug Batu Templek

Tempat terbaik dan paling menarik adalah Curug Batu Templek itu sendiri dengan air terjunlatar belakang Pegunungan yang dihiasi tebing bebatuan akan menjadi foto yang menarik. Pemandangan yang indah dan eksotis ini akan sangat sayang jika tidak Anda abadikan dengan kamera Anda. Jika Anda berfoto di sini, Anda seolah berada di pegunungan dengan tebing bebatuan yang menjulang tinggi. Spot foto di tempat ini juga sangat bagus untuk kamu yang mencari spot foto dengan suasana ekstrim dan sedikit kekerasan.

Biaya masuk ke Curug Batu Templek

  • Biaya masuk: Rp 10.000/orang
  • Biaya parkir motor: Rp 5.000
  • Biaya parkir: Rp 10.000
  • Biaya berkemah: Rp 20.000

(Diperbarui Agustus 2023)

Jam buka Templek Batu Curug

  • Buka setiap hari dari jam 5 pagi sampai 6 sore

Lokasi Akses menuju Curug Batu Templek

Air Terjun Batu Templek terletak di Desa Cisanggarung, Desa Cikadung, Kecamatan Cimenyan, Kabupaten Bandung. Meski lokasinya belum banyak diketahui, akses menuju air terjun ini mudah dicapai dengan kendaraan pribadi maupun angkutan umum.

Jika Anda datang dari arah kota Bandung, harap arahkan kendaraan Anda ke kawasan Pasir Impun yang berada di dekat Terminal Leuwi Panjang. Sesampainya di Pasir Impun, ikuti jalan sejauh 4 kilometer lalu lewati Jalan Cisanggarung. Lokasi Curug Batu Templek berada tepat di bawah Jalan Cisanggarung. Jadi sesampainya di Jalan Cisanggarung, tinggal jalan kaki ke dasar tebing yang terdapat pohon bambu dan sungai yang mengalir deras.

Tips Wisata di Curug Batu Templek

  • Hati-hati dengan barang-barang pribadi masing-masing.
  • Tidak disarankan menggunakan kendaraan roda empat karena akses jalannya curam, licin dan tanjakan. Sebaiknya gunakan kendaraan roda dua seperti sepeda motor atau sepeda.
  • Pastikan kebersihan dengan membuang sampah di lokasi yang telah disediakan oleh manajemen.

Jika Anda berada di Bandung dan ingin menikmati bersepeda santai sambil menikmati keindahan alam, Pura Curug Batu tidak boleh Anda lewatkan. Air terjun yang memancar di antara bebatuan tentu eksotis untuk dijelajahi.

Selain itu, ada juga tebing sebagai uji nyali yang bisa kamu panjat. Sangat cocok sebagai tempat untuk beristirahat dan melepas penat dari keseharian atau untuk bersepeda santai di akhir pekan. Tentunya akan menjadi pengalaman berwisata yang tak terlupakan bersama keluarga, kerabat dan sahabat Air Terjun Batu Templek Itu.

Galeri Foto Curug Batu Templek

Air Terjun Batu Templek
Batu di Curug
Akses jembatan ke Curug
Pesona dan keindahan air terjun
Potret pengunjung Templek Curug Batu

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button