Tempat Wisata

Desa Sumedang Toga : Pemandangan, Alamat, Harga Tiket, Fasilitas

Di Desa Toga, tidak hanya disuguhkan pemandangan alam yang indah dan memukau mata, tetapi juga dibangun berbagai wahana yang membuat pengunjung merasa lebih nyaman. Tak heran jika destinasi ini selalu dipilih sebagai solusi refreshing dan refreshing bagi keluarga.

Karena terletak di atas bukit yang dikelilingi alam asri, udara di Desa Toga sangat sejuk meski di siang hari. Selain berwisata dan cuci mata, di sini kamu juga bisa mencari kuliner khas Sunda yang pasti bikin lidah bergoyang.

Daya Tarik Desa Toga

Berbeda dengan kawasan desa pada umumnya, Desa Wisata Toga terlihat lebih semarak dan menarik karena telah dibangun berbagai fasilitas dan wahana yang dapat menggoda semua orang.

Memasuki desa yang asri ini, Anda langsung disambut dengan sejuknya udara pegunungan dan panorama hijau yang mempesona. Selain itu, ada banyak tempat keren yang wajib dikunjungi.

Agar tidak penasaran, berikut adalah beberapa tempat wisata yang wajib diketahui di Desa Toga:

Panorama alam yang luar biasa

Berada di ketinggian 650 meter di atas permukaan laut, Desa Wisata Toga menawarkan nuansa perbukitan hijau yang menghadap ke sawah dan kota Sumedang, ciri khas Bumi Parahyangan.

Dengan motto “One Stop Adventure”, pengunjung dapat menikmati berbagai aktivitas seru di darat, laut, dan udara. Hal ini membuat momen liburan bersama orang tersayang semakin tak terlupakan.

Sejak dibangun di kawasan hutan lindung, kawasan di sekitar tempat wisata ini masih berupa hutan hijau yang membuat Desa Toga terlihat seperti desa terpencil di tengah hutan. Sehingga wisatawan dapat merasakan perasaan liburan pribadi.

Peralatan lengkap

Tidak dapat dipungkiri bahwa fasilitas yang tersedia menjadi salah satu prioritas saat merencanakan liburan keluarga dan lepas dari aktivitas yang melelahkan. Selain itu, jika membawa anak-anak pasti akan memilih destinasi dengan fasilitas yang lengkap untuk kenyamanan bersama.

Hal itulah yang akan Anda temukan di Kampung Toga, karena meski jauh dari hiruk pikuk kota, Anda akan menemukan semua yang dibutuhkan pengunjung di sini. Mulai dari penginapan, rumah makan, taman bermain, pendidikan dan lain sebagainya.

Konsep wisata yang unik

Desa Toga memiliki konsep yang cukup unik karena memadukan keindahan alam dengan unsur modern, memberikan kesan perpaduan antara alam dan ciptaan manusia.

Selain itu, nama yang terlampir juga memiliki arti tersendiri, karena toga adalah singkatan dari tanaman obat. Jadi ada kebun herbal di daerah ini. Bagi yang memiliki hobi di bidang pertanian, sangat disarankan untuk melakukan wisata edukasi di tempat ini.

Alamat dan rute menuju lokasi

Kampung Toga terletak di Jl. Potong Makam Nyak Dien, Gunung Puyuh, Sukajaya, Sumedang – Jawa Barat. Kawasan wisata ini meliputi area seluas 16,25 m2 dan terletak beberapa kilometer dari pusat kota Sumedang. Akses menuju lokasi relatif mudah dan dapat diakses dengan kendaraan bermotor.

Jika Anda datang dari arah Kota Sumedang atau Tugu Taman Endog, Anda perlu menempuh waktu 10 menit berkendara melalui Jl. menempuh jarak sekitar 3,7 km. Bandung – Palimanan – Gunung Puyuh Nangorak. Jadi, lokasi wisata searah dengan kompleks makam leluhur Sumedang yang terkenal itu.

Biaya masuk dan jam buka

Ingin liburan ke Desa Toga tapi belum yakin karena takut biaya masuknya terlalu mahal? Jangan khawatir, untuk masuk ke kawasan wisata utama Sumedang ini pengunjung hanya perlu membayar biaya sebesar Rp 5.000/orang. Sedangkan biaya parkir berkisar antara Rp2.000 hingga Rp5.000 per kendaraan.

Namun perlu diperhatikan bahwa biaya masuk tersebut belum termasuk biaya penggunaan berbagai fasilitas yang tersedia. Informasinya ada di bawah ini:

  • Kolam renang: Rp 20.000/orang
  • Paralayang : Rp 150.000 – Rp 250.000 / paket
  • Pemesanan Leshan: Rp 25.000/jam
  • Reservasi di kolam: Rp 250.000/saung
  • Harga Cottage/Villa : 350.000 – 4.500.000 IDR

Dari segi jam operasional, Desa Toga Sumedang buka mulai pukul 08.00 WIB hingga pukul 23.00 (setiap hari). Namun, dengan menginap di vila di kawasan ini Anda akan memiliki akses 24/7 ke semua wahana dan fasilitas yang tersedia sebanyak yang Anda suka.

aktivitas yang menyenangkan

Selama berkunjung ke Desa Toga, Anda bisa melakukan berbagai aktivitas seru. Mulai dari hunting foto atau sekedar bersantai hingga menginap di villa.

Jika Anda berencana untuk mengunjungi Desa Toga bersama keluarga, beberapa kegiatan berikut tidak boleh Anda lewatkan:

1. Menikmati wisata air

Kampung Toga memiliki kawasan taman air dengan kolam renang dan paviliun yang sangat estetis. Oleh karena itu, sayang sekali jika Anda berkunjung ke kawasan ini tanpa memanfaatkan wahana wisata air yang ditawarkan. Jika Anda tidak bisa berenang dengan baik, jangan khawatir. Anda bisa saja bermain di kolam air yang dangkal.

2. Cobalah paralayang

Bagi Anda yang menyukai wahana mainstream, Anda bisa mencoba olahraga paralayang dari atas bukit. Meski harus merogoh kocek yang tidak sedikit untuk paralayang, Anda pasti tidak akan menyesal karena bisa menikmati keindahan alam yang menakjubkan.

3. Alami keindahan alam

Karena desa Toga terletak di atas bukit, wisatawan dapat menikmati pemandangan alam yang menakjubkan tanpa terhalang. Saat mendaki ke puncak, Anda bisa melihat kota Sumedang dan sawah hijau para petani di bawah. Sementara di kejauhan terlihat gunung yang menjulang tinggi.

4. Menginap di Cottage/Villa

Di Desa Wisata Toga terdapat puluhan vila dan cottage dengan berbagai tipe dan kisaran harga. Jika Anda datang bersama keluarga, Anda dapat memilih untuk tinggal di sini dan menikmati waktu bersama keluarga. Jadi, setelah seharian menjelajah dan menjajal berbagai wahana yang ada, Anda bisa tenang.

5. Wisata Kuliner

Tidak akan sulit menemukan rumah makan, kafe, dan rumah makan di sekitar Desa Toga. Pada umumnya tempat-tempat tersebut menawarkan makanan khas sunda dengan harga yang relatif murah. Tentu Anda akan senang menikmati makanan lezat ditemani pemandangan pegunungan yang indah.

Perabot

Desa Toga telah berjalan dengan baik dan memiliki fasilitas yang lengkap termasuk berbagai permainan yang dapat dicoba oleh wisatawan antara lain sebagai berikut:

  • Kolam renang untuk anak dan dewasa
  • restoran Sunda
  • toilet dan kamar mandi
  • tempat memancing
  • tempat istirahat
  • Saung dan Leshan
  • area parkir
  • villa
  • keluar

Menutup

Mengajak keluarga berlibur menjadi pilihan terbaik untuk menikmati waktu dan kebersamaan bersama orang tersayang. Namun, agar liburan terasa lebih tak terlupakan, ada baiknya memilih destinasi yang tak hanya menyuguhkan panorama indah, tapi juga bisa dinikmati oleh anak-anak.

Jika Anda tinggal di dekat Kabupaten Sumedang, disarankan mengunjungi Kampung Toga sebagai pilihan liburan terbaik. Selain suasananya yang asri, fasilitas dan wahana untuk anak-anak dan dewasa di kawasan ini juga sangat lengkap.

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button