Tempat Wisata

Pura Penataran Agung Kilisuci: harga tiket, foto, lokasi, fasilitas dan spot

Apakah Anda ingin mengunjungi suatu tempat bersama teman atau keluarga tetapi belum yakin ke mana harus pergi? Coba kunjungi salah satu tempat wisata itu yaitu Pura Penataran Agung Kilsuci. Candi ini terletak di dekat Museum Airlangga, lebih tepatnya di Jl. Gua Selomangleng No. 52 Pojok Mojoroto, Kota Kediri, sekitar 6 kilometer sebelah barat kota Kediri. Pura ini memiliki pesona yang sangat menarik, sehingga jika anda berada di Kediri namun tidak sempat mengunjungi Pura Penataran Agung Kilisuci sangat disayangkan.

Nama akhir candi ini tentu saja berasal dari nama Dewi Kilisuci, nama lain dari Dewi Sanggramawijaya dan anak sulung Raja Airlangga, pewaris tahta kerajaan Kahuripan. Namun, Dewi Kilisuci menolak tawaran itu, lebih memilih menjadi pertapa di Gua Selomangleng, yang tak jauh dari Pura Penataran Agung Kilisuci, sekitar 200 meter di ujung jalan.

Fasilitas dan akomodasi di Objek Wisata Pura Penataran Agung Kilisuci

Tempat wisata ini juga memiliki fasilitas penunjang yang cukup baik dibandingkan dengan tempat rekreasi lainnya. Fasilitas tersebut bertujuan agar wisatawan merasa nyaman saat berkunjung ke objek wisata ini. Tempat ibadah telah disediakan bagi pengunjung yang ingin menunaikan kewajibannya. Karena candi ini tidak jauh dari Museum Airlangga dan Gua Selomangleng, tempat peristirahatan bagi pengunjung yang ingin beristirahat dan melepas penat juga tidak jauh dari situs candi.

Ada juga tempat parkir untuk kendaraan roda dua dan empat. Jadi Anda tidak perlu lagi khawatir untuk mencari tempat parkir. Tak ketinggalan toilet yang tersedia bagi pengunjung yang ingin buang air kecil dan besar, meski jauh dari kawasan objek wisata. Kenapa begitu? Karena Pura Penataran Agung Kilisuci merupakan tempat suci. Selain bisa berwisata religi, kamu juga bisa berfoto ria bersama teman atau keluarga saat ke sini karena ada beberapa di antaranya. Pekerjaan yang menarik perhatian pengunjung. Percuma jika tidak mengabadikan momen bersama di Pura Penataran Agung Kilisuci.

Berburu Foto Kekinian di Obyek Wisata Pura Penataran Agung Kilisuci

Jika anda ingin mengunjungi objek wisata Pura Penataran Agung Kilisuci bersama teman atau keluarga dan ingin berfoto disana, ada beberapa hal yang harus anda ketahui. Pekerjaan Ambil foto untuk membuat foto Anda terlihat keren nantinya. Anda bisa berfoto di sekitar gapura di area candi atau di sisi lainnya tercelaDan tengah Mandala itu jaba dari kuil. Namun pada saat berlangsungnya kegiatan ibadah, disarankan untuk tidak mengambil foto agar tidak mengganggu warga yang sedang melaksanakan ibadah dan juga untuk menghormati kegiatan tersebut.

Anda juga bisa mengambil foto pengunjung yang sedang bersantai di sekitar objek wisata, namun harus mendapatkan izin terlebih dahulu. Karena mungkin tidak nyaman jika diam-diam memotret mereka. Jika Anda belum pernah mengunjungi tempat wisata ini, ada baiknya segera menyiapkan segala rencana atau bekal untuk berlibur ke sini. Liburan Anda bersama keluarga atau teman pasti akan lebih menyenangkan.

Baca Juga: Keunikan Wisata Budaya di Pura Agung Amerta Bhuana

Akses jalan menuju lokasi Pura Penataran Agung Kilisuci

Tentunya bagi anda yang ingin mengunjungi objek wisata ini perlu mengetahui lokasi dan akses jalan menuju ke Pura Penataran Agung Kilisuci. Jangan sampai tersesat jika ingin mengunjungi tempat wisata ini karena akan membuang waktu anda. Jalan menuju objek wisata ini wajib anda ketahui dengan baik karena sebenarnya akses jalan menuju Pura Penataran Agung Kilisuci cukup mudah. Saat Anda berada di Kediri, melalui Jl. Kh. Wakhid Hasyim merupakan rute atau cara tercepat untuk menuju lokasi Pura Penataran Agung Kilisuci. Lihat peta di bawah ini untuk lebih jelasnya:

Atau bisa juga melalui Jl. Selomangleng dan Kediri-Pare merupakan jalur atau jalur alternatif. Anda dapat menggunakan kendaraan roda dua atau empat atau kendaraan umum untuk menuju Pura Penataran Agung Kilisuci. Jika menggunakan transportasi umum, Anda bisa berhenti di halte terdekat kemudian melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki. Jalan kaki bukan hanya lebih hemat, tapi juga bisa membuat tubuh lebih sehat, bukan?

Biaya masuk ke Pura Penataran Agung Kilisuci

  • Biaya masuk: 0 IDR (gratis)

(Diperbarui Agustus 2023)

Jam Buka Wisata Pura Penataran Agung Kilisuci

Tips Liburan di Pura Penataran Agung Kilisuci

Jika Anda sudah setuju untuk datang ke sini bersama teman atau keluarga, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Yang pertama adalah anda diminta untuk tidak meninggalkan sampah berserakan di area objek wisata ini untuk menghormati petugas yang bekerja dan menjaga keindahan objek wisata tersebut. Jangan lupa siapkan kamera atau ponsel dengan baterai yang terisi penuh jika diperlukan berburu foto-foto selama di sini.

Anda juga dapat menyiapkan makanan atau minuman sebelum kunjungan Anda dan diminta untuk menjaga sikap dan bahasa Anda selama Anda tinggal. Namun yang terpenting jangan lupa untuk berdoa dan memohon keselamatan selama dalam perjalanan atau di Pura Penataran Agung Kilisuci.

Demikian ulasan singkat mengenai tempat wisata tersebut Pura Penataran Agung Kilisuci, indahnya wisata religi di tempat ibadah. Jangan lupa terapkan tips di atas. Semoga artikel ini bermanfaat dan selamat berlibur!

Galeri Foto Pura Agung Kilisuci

Potret Pura Agung Kilisuci
Potret candi di sebuah acara
pintu masuk candi
Suasana di dalam candi
Patung dewi
Potret candi di malam hari

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button