Tempat Wisata

Air Terjun Telun Perentak: harga tiket, foto, lokasi, fasilitas dan spot

Banyak yang tidak tahu bahwa ada air terjun yang indah dan eksotis di Kabupaten Merangin. Sebagian besar air terjun tersembunyi di hutan lebat dan tidak mudah dijangkau. Ciri-cirinya pun beragam, namun yang pasti keindahan deretan air terjun di kawasan ini mampu memikat perhatian wisatawan. Salah satunya adalah Air Terjun Telun Perentak.

Panorama air terjun bertingkat yang berpadu dengan suasana alam yang lestari menjadi daya tarik tersendiri dari Air Terjun Telun Perentak. Bebatuan hitam besar tempat air mengalir dan pepohonan hijau di sekelilingnya menciptakan pemandangan yang eksotis. Tak heran jika banyak pengunjung yang rela datang ke tempat wisata ini, meski harus ekstra repot untuk sampai ke sana.

Air Terjun Telun Perentak

Secara administratif, Air Terjun Telun Perentak terletak di Kecamatan Pangkalan Jambu, Kabupaten Merangin, Jambi. Air terjun ini terletak sekitar 60 kilometer dari kota Bangkok dan dapat ditempuh hanya dalam waktu satu jam. Wisatawan juga bisa menggunakan mobil atau motor, namun setelah sampai di desa terdekat, perjalanan hanya bisa dilanjutkan dengan sepeda motor.

Jarak dari desa ke lokasi air terjun sekitar satu kilometer melalui jalan setapak. Wisata ini juga bisa ditempuh dengan berjalan kaki, jalan terkadang berlumpur saat hujan. Selama perjalanan ini, pengunjung akan ditemani suasana alam yang asri serta kicauan burung yang merdu.

Pesona Air Terjun Telun Perentak

Rasa lelah seketika hilang seketika saat kami tiba di lokasi air terjun yang terlihat jelas di depan mata air terjun berundak yang sangat indah. Suara air yang jatuh di bebatuan terdengar tenang, seolah memecah kesunyian hutan. Udara sejuk di sekitar air terjun juga memanjakan para pengunjung.

Dengan ketinggian mencapai 50 meter, Air Terjun Telun Perentak memang sangat unik dan berbeda. Berbeda dengan air terjun pada umumnya yang kepala pancurannya jatuh lurus ke bawah, air terjun ini justru mengalir lebih pelan karena kemiringan bebatuan yang berundak. Air jernih terlihat jelas menyapu bebatuan di sekitarnya.

Air Terjun Telun Perentak

Namun juga di sisi lain air terjun, airnya mengalir deras hingga terdengar suara gemuruh. Pengunjung juga dapat menikmati air terjun dengan berada tepat di atas air. Sensasi yang ditawarkan sangat mengasyikkan dan jernihnya air akan memberikan efek menyegarkan pada tubuh.

Pengunjung juga dapat memanjat bebatuan ini dan mencapai level yang berbeda. Kayu, rotan dan tebing batu bisa dijadikan pegangan agar tidak tergelincir. Tapi hati-hati sih, karena arus air terjunnya cukup deras di beberapa tempat, bisa mempengaruhi keseimbangan dan ada kemungkinan menjatuhkan badan.

Tak hanya bisa menikmati Air Terjun Telun Perentak dari bawah, wisatawan juga bisa menikmati panorama indah dari atas air terjun ini. Bagi yang takut melewati tebing batu, terdapat jalan setapak dan tangga untuk mendaki di samping air terjun. Begitu sampai di puncak, wisatawan dimanjakan dengan keindahan alam berupa hutan dengan pepohonan hijau.

Air Terjun Telun Perentak selalu ramai dikunjungi wisatawan saat akhir pekan dan hari libur. Air terjun ini tidak hanya dikenal warga Kabupaten Merangin saja dan banyak yang datang dari luar kota. Bukan tidak mungkin air terjun yang masih menjadi bagian dari Geopark Merangin ini akan menjadi salah satu destinasi andalan di Jambi ke depannya.

Kompleks air terjun Telun Perentak

Walaupun Air Terjun Telun Perentak cukup jauh dari keramaian, namun memiliki fasilitas yang cukup lengkap. Di sana wisatawan akan menemukan fasilitas seperti ruang ganti, toilet, rumah ibadah dan beberapa area tempat duduk yang dilengkapi dengan payung. Di sebelahnya juga terdapat bangunan mirip pendopo yang bisa digunakan untuk beristirahat.

Sayangnya, jalan menuju lokasi air terjun kini banyak yang rusak. Jika cuaca tidak mendukung, jalan ini berlumpur dan banyak air. Kalaupun wisatawan merasa lapar tidak masalah, karena tidak jauh dari air terjun terdapat warung yang menjajakan makanan.

Baca juga: Air Terjun Telalang Jaya, keajaiban air terjun tujuh tingkat dengan kolam alami

Bagi wisatawan yang berasal dari luar daerah dan ingin menginap, bisa mencari hotel di Kota Bangkok. Jika Anda berwisata ke Air Terjun Telun Perentak, mungkin ini bisa menjadi alternatif untuk mengisi akhir pekan Anda. Berikut adalah beberapa kegiatan yang menyenangkan untuk dicoba saat mengunjungi air terjun.

Menikmati keindahan air terjun

Saat berada di air terjun yang satu itu, Anda bisa menikmati panorama alam tidak hanya dari bawah, tapi juga dari atas. Datang dari bawah, Anda akan disuguhi air yang jernih dan segar di air terjun ini. Anda bisa berenang dan bermain air sesuka hati dan merasakan indahnya suasana alam sekitar.

Mereka yang berjiwa petualang juga harus mencoba mendaki ke puncak air terjun. Pilihannya ada dua, yakni lewat tangga atau naik bebatuan. Pemandangan dari atas air terjun juga tak kalah indah, dengan pepohonan yang rindang dan derasnya air yang jatuh dari ketinggian 50 meter menanti Anda.

berburu foto

Banyak juga wisatawan yang datang ke Air Terjun Telun Perentak untuk berfoto dengan background air terjun tersebut. Mulai dari anak kecil hingga orang dewasa sepertinya tidak ingin kehilangan momen indah dan ingin mengabadikannya dalam sebuah foto. Anda juga bisa berfoto selfie di air terjun ini. Ada banyak tempat, seperti di atas air terjun atau di bebatuan besar tempat air mengalir.

Air terjun ini juga bisa dijadikan lokasi pemotretan prewedding. Keindahan air terjun akan membuat foto prewedding semakin berkesan. Tidak jarang banyak fotografer panorama alam yang datang. Jika ingin hasil foto yang lebih menawan, Anda bisa membawa drone dan mengambil gambar dari udara.

berkemah

Jika Anda suka berkemah di luar ruangan, Anda juga bisa mencoba bermalam di dekat air terjun eksotis ini. Namun, Anda harus membawa tenda sendiri dan jangan lupa untuk mendapatkan izin dari penjaga air terjun. Anda bisa mengajak beberapa teman atau kerabat dan menikmati kebersamaan di dekat Air Terjun Telun Perentak. Tentu saja, itu akan menjadi pengalaman baru yang mungkin akan Anda ingat seumur hidup.

Baca juga: 235 Tempat Wisata di Jambi Paling Menarik dan Wajib Dikunjungi

Biaya masuk ke Air Terjun Telun Perentak

Belum ada informasi mengenai harga tiket masuk Air Terjun Telun Perentak, namun Anda bisa menyiapkan sejumlah uang untuk biaya masuk dan parkir jika berkunjung ke tempat wisata yang satu ini.

Jam buka Air Terjun Telun Perentak

Saat ini belum ada informasi yang jelas mengenai jam buka Wisata Air Terjun Telun Perentak. Tempat wisata ini bisa Anda kunjungi dari pagi hingga sore hari untuk menikmati liburan bersama orang tersayang.

Tips Wisata ke Air Terjun Telun Perentak

  • Periksa kondisi cuaca sebelum Anda pergi dan jangan datang jika cuaca tidak mendukung.
  • Gunakan kendaraan roda dua untuk memudahkan akses ke air terjun.
  • Gunakan pakaian, sepatu, atau alas kaki yang nyaman agar Anda tidak mengalami masalah di sepanjang jalan.
  • Jangan lupa membawa baju ganti karena rugi jika tidak bisa menikmati segarnya air di air terjun ini.
  • Setiap wisatawan wajib menjaga kebersihan dan dilarang membuang sampah sembarangan.
  • Ikut menjaga keindahan dan kelestarian air terjun serta tidak merusak fasilitas yang ada di dalamnya.

Galeri foto Air Terjun Telun Perentak

Air Terjun Telun Perentak
Potret pengunjung di air terjun
Spot foto di bawah air terjun
Berburu foto romantis
Keindahan Air Terjun Telun Perentak

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button