Tempat Wisata

Pantai Bulbul Toba – Atraksi, Aktivitas, Lokasi dan Harga Tiket

harga tiket: 5.000 Rp Jam operasional: 24 jam, Alamat: Lumban Bulbul, Kec. Balige, Cab.Toba, Sumatera Utara; Map: verifikasi lokasi

Ada banyak sekali tempat menarik di Provinsi Sumatera Utara yang wajib dikunjungi saat musim liburan. Ada berbagai keindahan yang sayang untuk dilewatkan begitu saja. Salah satu tempat wisata andalan di Sumatera Utara adalah Pantai Bulbul di Bupati Toba.

Pantai indah ini juga dikenal dengan nama Pantai Danau Toba Ancol. Pantai yang berair tawar ini terletak di tepi Danau Toba dan juga memiliki pantai berpasir putih.

Pantai Bulbul merupakan tempat yang cocok untuk berlibur bersama keluarga, sahabat dan orang tercinta. Berkunjung ke pantai tentunya bisa menjadi pengalaman liburan yang baru, seru dan menyenangkan. Pesona keindahan pantainya akan membuat wisatawan jatuh cinta. Apa saja yang menarik dari Pantai Bulbul ini? Simak ulasan berikut ini.

Atraksi yang ditawarkan Pantai Bulbul

Objek wisata Pantai BulbulFoto: Google Maps/Surya Lilik Sundari

✦ Cerita Pantai

Bisa dikatakan sejarah terbentuknya pantai ini cukup dramatis, karena pada tahun 2014 pantai yang indah ini belum ada, areal pengawasan masih dipenuhi semak belukar dan bambu serta masih menjadi tempat keramba dan jaring apung nelayan setempat. .

Namun saat itu para petani dan nelayan hidup dalam garis kemiskinan, banyak anak putus sekolah dan kekurangan gizi. Menghadapi keadaan tersebut, masyarakat setempat melakukan negosiasi untuk mencari jalan keluar dari kemiskinan mereka. Akhirnya diputuskan untuk mengubah kawasan pasir putih ini menjadi pantai.

Warga setempat bahkan rela membayar biaya sewa alat berat untuk membersihkan kawasan pantai. Dengan usaha warga sekitar dan dukungan pemerintah setempat, mereka bergotong royong membangun fasilitas demi kenyamanan pengunjung. Baru setelah kunjungan Presiden pada tahun 2016, nama Pantai Bulbul mulai populer.

✦ Hamparan pasir putih yang luas

Pantai mempesona ini menampilkan pantai pasir putih berkilau yang dikelilingi perbukitan dan pepohonan. Suasana asri sangat terasa di pantai ini sehingga sangat cocok dijadikan sebagai tempat refreshing atau bersantai.

✦ Air pantai yang segar

Air di pantai indah ini segar, tidak seperti kebanyakan pantai lain yang airnya asin. Hal ini disebabkan letak pantai yang berada di wilayah Danau Toba yang sangat luas. Oleh karena itu, pantai ini mendapat julukan Danau Toba Ancolnya. Ombak di pantai eksotik ini juga kebanyakan tenang.

✦ Banyak wahana permainan air

Pantai Bulbul yang indah ini merupakan salah satu tujuan wisata di Kabupaten Toba Samosir. Ada berbagai drive game menarik di sini yang disukai banyak orang. Mulai dari banana boat, boat, solu solu dan juga kapal yang disediakan pengelola. Wisatawan bisa menyewa untuk merasakan sensasi permainan yang ada.

✦ Tempat ramah anak

Bagi wisatawan yang membawa serta anaknya, pantai cantik ini bisa menjadi tempat bermain yang asyik. Tersedia berbagai wahana permainan anak seperti loncatan, ayunan dan lain-lain. Jika anak sedang bosan dan ingin melakukan aktivitas yang lebih seru, Anda bisa mengajaknya naik ATV.

✦ Wisma Rumah Warna

Bagi wisatawan yang berasal dari luar pulau Sumatera dan masih ingin menghabiskan waktu menjelajahi keindahan kota, bisa menginap di homestay yang disediakan warga pesisir.

✦ Pondok istirahat

Letak pantai yang cukup luas ini tentu akan membuat pengunjung betah saat mengelilinginya. Bosan bermain air dan pasir di pinggir pantai, pengunjung bisa mengistirahatkan badan di gubuk-gubuk yang disediakan warga. Di penginapan ini Anda juga bisa memesan makanan atau minuman sekaligus.

✦ Matahari terbenam yang menakjubkan

Daya tarik Pantai Bulbul selanjutnya adalah keindahan matahari terbenamnya. Sore hari sekitar pukul 15.00 hingga 18.00. Ombak pantai yang kecil namun memanjang menambah daya tarik lanskap yang ada. Menyaksikan matahari terbenam bisa menjadi salah satu momen terbaik untuk melepas penat setelah seharian bekerja keras.

Alamat dan rute menuju pantai

Alamat Pantai Bulbul TobaFoto: Google Maps/Andi Putra

Alamat Pantai Bulbul berada di kawasan Danau Toba, lebih tepatnya di wilayah Kabupaten Toba Samosir, Sumatera Utara. Masuk ke wilayah Kecamatan Balige. Pantainya tidak terlalu jauh dari Bandara Silangit. Wisatawan hanya membutuhkan waktu sekitar 30 menit untuk melihat keindahan Pantai Ancol di Danau Tobas.

Jika sebelumnya wisatawan datang dari Kota Parapat, pantai ini dapat ditempuh dengan mobil dalam waktu sekitar 1,5 jam. Dapat diakses dengan kendaraan pribadi atau angkutan umum seperti angkutan umum.

Jarak pantai menawan ini dari Kota Balige, pusat kota Toba Samosir sekitar 3,7 km dan dapat ditempuh dengan kendaraan pribadi hanya dalam waktu 10-20 menit.

Rute dari Akita Balige melalui Jalan Hutabulu Mejan, langsung menuju Jalan Serma Muda. Setelah sampai perempatan, ambil jalan menuju Sibolahotang untuk menuju kawasan Pantai Bulbul.

Wisatawan bisa datang ke sini kapan saja karena pantai cantik ini buka 24 jam sehari. Bagi wisatawan yang datang dari luar kota dan datang pada malam hari, bisa menginap di homestay yang tersedia di dekat pantai.

Biaya masuk wisata laut

Biaya masuk Pantai Bulbul sangat terjangkau, hanya Rp 5.000 per orang. Sementara itu, biaya lain mungkin berlaku, seperti B. Biaya parkir kendaraan berkisar antara Rp 5.000 sampai Rp 10.000 tergantung jenis kendaraan dan harinya.

Jika wisatawan ingin merasakan sensasi naik air, dikenakan biaya tambahan selain biaya masuk. Misalnya harga sewa naik perahu sekitar Rp 10.000 hingga 30.000. Harganya mungkin berbeda-beda tergantung jenis perahu yang disewa.

Untuk permainan banana boat harga sewanya Rp 40.000 per orang pada hari Senin sampai Jumat dan Rp 100.000 per orang pada akhir pekan dan hari libur. Harga sewa lebih tinggi pada hari libur karena banyak orang ingin mengunjungi fitur air ini dan juga ingin naik.

Kegiatan seru untuk dilakukan

Aktivitas di Pantai Bulbul TobaFoto: Google Maps/Geng Charlie

1. Berenang

Tidak lengkap rasanya jika ke tempat wisata air tapi tidak berenang. Enaknya berenang di pantai cantik ini adalah tubuh tidak akan terasa lengket karena merupakan air tawar yang bisa digunakan dalam kehidupan sehari-hari.

Anak-anak juga bisa berenang di Pantai Bulbul. Jangan khawatir tentang keamanan karena tempat wisata juga memiliki persewaan pelampung yang dapat digunakan pengunjung.

2. Bersantai sambil menyaksikan matahari terbenam

Aktivitas bersantai menjadi aktivitas utama di pantai eksotis ini. Waktu paling nyaman untuk bersantai sambil menyaksikan matahari adalah pada pagi hari sebelum matahari terbit dan sore hari setelah matahari terbenam. Agar kegiatan bersantai semakin menyenangkan, pengunjung dapat menyewa tikar dengan harga sekitar Rp 15.000.

3. Mainkan Pasir Putih

Aktivitas seru selanjutnya adalah bermain di pasir putih. Pantai ini tidak berada di pinggir pantai melainkan di pinggir danau namun memiliki pasir putih di sekeliling tepiannya. Cobalah bermain pasir dengan memahat bentuk dari objek yang ada.

4. Naik perahu atau kano

Menyewa perahu atau kano harganya sekitar Rp 10.000-30.000, namun wisatawan akan puas jika bisa berkeliling pantai. Sampan ini dilengkapi dengan jaket pelampung untuk penumpangnya, sehingga lebih aman. Harga tersebut tergantung dari ukuran kapal yang digunakan dan durasi perjalanan yang diinginkan.

5. Naik banana boat

Aktivitas menarik selanjutnya yang bisa dilakukan wisatawan adalah menaiki banana boat. Untuk mengemudikan kendaraan ini harus menggunakan pelampung yang telah disiapkan sebelumnya dan juga terdapat batasan usia bagi anak-anak yang belum diperbolehkan untuk menaikinya.

6. Naik ATV di pantai

Aktivitas seru lainnya yang bisa Anda lakukan di Pantai Bulbul adalah naik ATV untuk menjelajahi pantai. Kegiatan mengendarai ATV ini pasti akan memberikan pengalaman tersendiri bagi anak-anak. ATV tersedia untuk orang dewasa dan anak-anak. Pengunjung bebas mengendarai ATV ini menyusuri pantai selama tidak merugikan pengunjung lainnya.

7. Bermain di taman bermain

Pantai cantik ini memiliki kawasan ramah anak yaitu taman bermain. Banyak sekali permainan yang bisa dimainkan oleh anak seperti ayunan, perosotan, jungkat-jungkit dan lain-lain. Wisatawan yang membawa anak-anak bisa menyaksikan anaknya bermain sambil memandangi indahnya pantai.

8. Jangan lewatkan foto selfie

Selain banyaknya wahana permainan yang bisa Anda ikuti, pantai eksotis ini juga menawarkan spot foto yang menarik bagi pengunjung. Ada berbagai spot foto, seperti background foto berbingkai hati berhias bunga-bunga cantik.

9. Olahraga

Para pecinta olahraga tentunya akan sangat senang jika diajak ke Pantai Bulbul, karena tempatnya yang masih asri, dengan ombak yang tenang dan juga kondisi cuaca yang tidak begitu panas. Olahraga pantai seperti voli, jogging atau lari bisa dilakukan di pantai cantik ini.

10. Cari oleh-oleh khas Batak

Pantai ini juga menjadi tempat mencari oleh-oleh bagi para wisatawan, khususnya wisatawan yang datang dari luar Sumatera Utara. Berbagai oleh-oleh khas tersedia mulai dari kain tenun, produk fashion dan aksesoris hingga makanan khas.

Fasilitas yang tersedia di area pantai

Biaya masuk untuk Wisata Pantai BulbulFoto: Google Maps/reza maulana

Sebagai destinasi wisata keluarga populer di Sumatera Utara, pihak pengelola telah menyediakan berbagai fasilitas demi kenyamanan pengunjung. Fasilitas yang tersedia seperti tempat parkir dan toilet untuk buang air kecil dan siram.

Fasilitas yang tidak kalah pentingnya di Pantai Bulbul adalah tempat persewaan seperti pelampung dan tikar. Fasilitas bermainnya juga cukup lengkap, ada banana boat, kano, perahu dan perahu. Untuk memenuhi kebutuhan perut para pengunjung, warga sekitar juga menyediakan pondok-pondok kecil sebagai rest area dan warung makan.

Yang tak kalah penting dan selalu dicari wisatawan saat berlibur di suatu daerah adalah akomodasi. Ada sejumlah penginapan homestay yang disediakan oleh penduduk setempat. Harga sewanya sangat terjangkau dan bisa disesuaikan dengan budget Anda.

Tertarik mengunjungi Pantai Bulbul di Balige, Kabupaten Toba. Wisatawan tidak hanya bisa menikmati pantai, tetapi juga menjelajahi keindahan Danau Toba yang mempesona. Rasakan serunya liburan di Sumatera Utara. Tips liburan agar lebih menyenangkan: datanglah pada saat cuaca bagus dan pada hari kerja, bukan pada hari libur atau akhir pekan, agar biaya yang dikeluarkan lebih hemat.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Back to top button