Tempat Wisata

Pantai Candidasa Karangasem – Objek Wisata, Aktivitas, Lokasi dan Harga Tiket

harga tiket: Bebas, Jam operasional: 24 jam, Alamat: Dasa, Kec. Manggis, Cab.Karangasem, Bali; Map: Verifikasi lokasi

Pantai Candidasa merupakan destinasi bahari yang wajib dikunjungi di Karangasem, Bali. Terdapat perpaduan pasir putih dan abu-abu serta bebatuan karang yang menghiasi pinggir pantai dan membuatnya sangat indah. Selain itu, adanya laguna air tawar menambah keindahan pantai.

Di sekitar pantai terdapat kawasan pemukiman bernama Candi Dasa yang didirikan pada abad ke-12. Konon tempat di depan pantai ini bernama Teluk Kehen atau Cilidasa. Disebut Cilidasa karena di sekitar laguna terdapat Pura Cilidasa yang artinya “Semua Anak”. Di dalamnya terdapat patung dewi kesuburan Hariti yang dikelilingi 10 patung anak-anak.

Pantai Candidasa tidak hanya menyuguhkan pemandangan yang mempesona namun juga keindahan bawah laut yang mempesona. Pantai ini sangat cocok bagi para penyelam, pecinta diving dan snorkeling. Ombaknya yang tidak terlalu besar, air laut yang jernih, dan terumbu karang di bawah lautnya membuat pengunjung terpesona dengan keindahan alam bawah lautnya.

Objek wisata yang ditawarkan Pantai Candidasa

Objek wisata Pantai CandidasaFoto: Google Maps/Apriz Ajah

Berbeda dengan pantai-pantai di Bali pada umumnya, pantai ini masih tergolong masih alami karena jarang dikunjungi wisatawan mancanegara. Namun pantai ini tak kalah menariknya, keindahannya pun bak surga dunia. Pengunjung disuguhi pemandangan laguna air tawar dan terumbu karang di bawah air laut.

✦ Memiliki tiga pulau

Pantai Candidasa Bali memiliki nuansa berbeda dengan tiga pulau di lepas pantainya. Ketiga pulau tersebut bernama Gili Biaha, Gili Tepekong dan Gili Mimpang. Di pinggir pulau, pemandangan bawah lautnya sangat menawan, bahkan jika melihat air laut dari atas, banyak terlihat terumbu karang dan ikan hias yang berenang di sela-selanya.

Lokasi pulau ini berjarak sekitar 200 meter dari bibir pantai. Dengan luas sekitar 3 hektar. Banyak terdapat tanaman hijau dan pohon kelapa di pulau ini. Terdapat juga kumpulan kera dan tempat bersarangnya penyu.

✦ Pemandangan matahari terbenam dan matahari terbit yang indah

Seperti halnya pantai pada umumnya, pengunjung bisa menikmati pemandangan matahari terbenam dan matahari terbit pada sore dan dini hari. Dengan laguna hijau yang mengelilingi pantai Candidasa yang melengkapi warna oranye dan aksesoris laguna sebagai dekorasi.

Selain itu, ketenangan yang ditawarkan pantai ini membantu pengunjung untuk lebih rileks dan menikmati liburan.

✦ Taman bermain selancar

Pantai ini memiliki ombak yang tidak terlalu besar dan sangat cocok bagi para peselancar pemula. Namun di pertengahan tahun ombaknya semakin besar sehingga cocok bagi para peselancar untuk menantang adrenalinnya.

Selain itu, jernihnya air pantai membuat para peselancar senang karena juga bisa melihat ikan-ikan berenang di bawahnya.

✦ Tempat wisata lainnya

Hal menarik lainnya di dekat kawasan pantai ini adalah pengunjung juga bisa bersenang-senang dan berfoto di Taman Tirta Gangga dan Taman Sukasada Ujung. Jadi pengunjung tidak akan kehabisan hotspot untuk berfoto karena terdapat spot-spot indah di setiap tempat.

✦ Danau buatan

Terdapat sebuah danau buatan bernama Lotus Lagoon di pinggir Pantai Candidasa. Danau ini ditumbuhi tanaman teratai dan terdapat ikan hias air tawar. Danau ini sangat indah untuk menikmati matahari terbenam.

✦ Ada sebuah kuil

Daya tarik pantai ini menjadi ciri khas dari nama pantai ini. Dimana terdapat sebuah pura dengan patung dewi kesuburan di tengahnya dan dikelilingi oleh 10 patung anak-anak.

Alamat dan rute menuju pantai

Objek wisata di Pantai CandidasaFoto: Google Maps/Olya Luvetau

Pantai ini terletak di kawasan Bali Timur yang letaknya sangat strategis. Pemandangan yang ditawarkan adalah lautan biru yang dihiasi tiga pulau lepas, danau buatan penuh bunga teratai, dan taman di dekat pantai. Pengunjung bisa menikmati pantai ini kapan saja karena buka 24 jam setiap harinya.

Pantai Candidasa terletak di Provinsi Bali, tepatnya di Desa Dasa, Kecamatan Manggis, Kabupaten Karangasem. Pengunjung harus menempuh jarak 83 km dan waktu tempuh 3 jam dari Kota Denpasar. Ada berbagai rute yang bisa diambil pengunjung. Menemukan tempatnya juga cukup mudah karena terdapat tanda-tanda di sudut jalan.

Rute terdekat dari Bandara Ngurah Rai, lalu Jalan By Pass Ngurah Rai ke Jalan Raya Ulakan Karangasem dan cari Jalan Raya Manggis.

Sesampainya di sana, cari saja Jalan Raya Candidasa Sengkidu dan lokasinya akan segera tiba. Jika pengunjung mengalami kesulitan, gunakan Goggle Maps untuk membantu mereka menemukan jalan menuju tujuan Anda.

Biaya masuk wisata laut

Untuk sampai ke Pantai Candidasa, pengunjung tidak perlu mengeluarkan biaya apapun. Begitu pula dengan tiket masuk ke pantai ini. Pengunjung hanya perlu membayar biaya parkir. Anda hanya akan dikenakan biaya sebesar Rp3.000 untuk sepeda motor dan Rp5.000 untuk mobil.

Lokasi pantai ini berada di pinggir jalan utama. Oleh karena itu sangat cocok dijadikan tempat istirahat di penginapan atau hotel. Pengunjung tidak perlu khawatir karena tersedia area parkir khusus untuk sepeda motor, mobil, dan bus.

Aktivitas seru yang bisa dilakukan

Biaya masuk Wisata Pantai CandidasaFoto: Google Maps/Sri Kusasi

Seperti halnya pantai pada umumnya, banyak hal menarik yang bisa dilakukan di Pantai Candidasa Bali. Namun, ada beberapa hal yang berbeda. Berikut aktivitas menarik yang bisa dilakukan di pantai ini:

1. Naik kapal selam Odyssey Bali

Kegiatan pertama bagi pengunjung adalah menaiki kapal selam Odyssey Submarine Bali. Kapal selam memungkinkan pengunjung mengagumi keindahan bawah laut pantai eksotis ini.

Jika tidak, pengunjung dapat mengambil foto selfie sebanyak yang mereka mau. Untuk menaiki kapal ini, Anda hanya perlu merogoh kocek sebesar Rp75.000 hingga 100.000,- tergantung berapa lama waktu yang Anda perlukan untuk menjelajahi kawasan laut.

2. Berselancar

Pengunjung bisa berlatih selancar di Pantai Candidasa. Arus ombaknya tidak terlalu besar, sehingga pemula pun bisa mempelajarinya. Keamanan terjamin dan selalu diawasi oleh penjaga pantai.

3. Menyelam

Kegiatan inilah yang paling digemari pengunjung, yaitu menyelam. Keindahan alam bawah laut yang tak bisa diungkapkan dengan kata-kata, membangkitkan rasa penasaran banyak orang. Penyelam selalu aman karena dijaga dan diawasi oleh penjaga atau ahlinya.

4. Bersepeda

Anda dapat menikmati bersepeda di sepanjang jalan pantai. Selama berolahraga Anda akan disuguhi pemandangan indah Pantai Candidasa. Kebanyakan pengunjung melakukan hal ini saat fajar hingga menjelang matahari terbit.

5. Berjemur dan bersantai

Aktivitas lain yang biasa dilakukan wisatawan adalah berjemur. Wisatawan kerap berjemur sambil menikmati pemandangan langit dan hamparan laut biru yang tak berujung. Sambil menikmati segarnya es krim kelapa muda dan minuman segar lainnya.

6. Menikmati pemandangan matahari terbit dan terbenam

Wisatawan dapat menikmati pemandangan matahari terbenam dan matahari terbit yang menakjubkan. Pengunjung dapat menikmati pantai dan tepi danau bersama teman, keluarga, dan orang tercinta.

7. Naik kapal

Wisatawan yang ingin menjelajah laut bisa naik perahu yang disediakan. Biasanya perahu ini ditujukan bagi para penyelam yang menyelam di tiga pulau kecil di pesisir pantai.

8. Di sekitar pantai

Pengunjung juga dapat menjelajahi Pantai Candidasa tanpa harus berjalan kaki karena tersedia sepeda quad yang dapat disewa. Mengendarai sepeda motor ATV sambil berkendara di pinggir pantai pasti akan membawa kesenangan yang tiada habisnya.

9. Pelajari cara menanam terumbu karang

Karena merupakan wilayah yang banyak terumbu karang, maka Penjaga Pantai membudidayakan terumbu karang agar ekosistemnya selalu terjaga. Pengunjung dapat belajar dan mencoba cara mengelola terumbu karang yang baik.

10. Ambil foto

Anda pastinya tidak boleh melewatkan kegiatan ini. Pengunjung bebas mengambil foto dimana saja selama tidak mengganggu orang lain atau merugikan lingkungan sekitar. Bisa foto di pinggir pantai, di bawah air laut, di danau dan dekat tanaman.

Fasilitas yang tersedia di kawasan pantai

Fasilitas di Pantai CandidasaFoto: Google Maps/Agas Maha Astra

Terdapat banyak fasilitas untuk memenuhi kebutuhan pengunjung. Fasilitas tersebut dimaksudkan untuk meningkatkan kenyamanan wisatawan. Meski belum begitu dikenal di kalangan wisatawan mancanegara, namun Pantai Candidasa memiliki fasilitas yang cukup lengkap.

Fasilitas tersebut antara lain papan selancar, pakaian dan perlengkapan selam, sepeda motor ATV, kapal selam, perahu atau kapal laut, kursi berjemur, permainan anak, dll. Selain itu juga terdapat fasilitas penunjang seperti penginapan dan hotel, tempat parkir, toilet umum, pendopo bambu relaksasi. tempat, dll.

Pengunjung dapat menikmati berbagai fasilitas tersebut. Harga tergantung pada durasi dan jenis fasilitas. Fasilitas lainnya adalah kios-kios wisata yang menjual berbagai oleh-oleh khas pantai. Anda tidak perlu khawatir mencari oleh-oleh untuk dibawa pulang.

Itulah beberapa objek wisata, tempat, aktivitas yang dapat dilakukan serta fasilitas pendukung di Pantai Candidasa Karangasem. Pengunjung hanya bisa menikmati semua itu di pantai hits Bali. Anda dapat mengunjungi wisata ini dengan kendaraan pribadi maupun bus.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Back to top button