Tempat Wisata

Gunung Api Purba Nglanggeran: Pemandangan, Lokasi dan HTM

Gunung Api Nglanggeran Purba menjadi salah satu tempat wisata yang wajib dicoba ketika berkunjung ke Jogja. Pasalnya, gunung ini cukup ramah bagi pemula. Pendaki hanya membutuhkan waktu antara satu hingga satu setengah jam untuk mencapai puncak gunung berapi yang sudah tidak aktif itu.

Didominasi tebing kapur yang berasal dari gunung berapi dasar laut, Gunung Nglanggeran memiliki tebing-tebing besar yang menjulang tinggi. Kawasan ini biasa digunakan sebagai jalur pejalan kaki bagi pengunjung dan tempat peristirahatan bagi warga.

Keindahan yang ditawarkan puncak Gunung Nglangeran tidak perlu diragukan lagi, karena keindahannya sungguh luar biasa. Saat Anda mendaki ke puncak gunung, Anda akan disuguhi pemandangan yang berkali-kali lipat lebih indah. Perbukitan berjajar, awan bergulung dan angin bertiup lembut.

daya tarik

Pegunungan bisa menjadi tempat untuk menghilangkan stres, rehat sejenak dari kehidupan sehari-hari, dan memanjakan diri dengan hal-hal yang Anda sukai. Oleh karena itu, tak heran jika banyak orang yang menggemari pendakian karena pesona yang ditawarkan puncaknya sungguh luar biasa.

1. Panorama alam yang indah

Sesampainya di puncak anda akan disuguhi pemandangan alam yang asri, asri dan menenangkan. Bukit-bukit di sekelilingnya tampak berjajar rapi. Hampir seluruh permukaan bukit ditumbuhi pepohonan hijau. Dari kejauhan pasti terlihat seperti batu berlumut.

Luasnya sawah dan ladang milik warga terlihat begitu sejuk. Bahkan dari atas sana terlihat rumah-rumah yang ditinggali warganya. Di malam hari pemandangannya semakin menarik. Pasalnya kota Jogja terlihat seperti lautan kunang-kunang.

2. Jalur pendakian yang mudah

Gunung Api Nglanggeran kuno menawarkan jalur pendakian yang relatif mudah dan cocok bahkan untuk pemula. Sebab, pihak pengelola sudah merencanakan jalur khusus pendakian. Baik jalan setapak maupun tangga tidak mengarah melalui gang sempit di antara bebatuan besar.

3. Monyet abu-abu

Jika beruntung, di awal pendakian menuju Gunung Nglanggeran, Anda akan melihat seekor kera abu-abu dan beberapa kera lainnya sedang nongkrong di sana. Mirip dengan hutan monyet di Ubud. Meski jarang terjadi, namun monyet-monyet tersebut kerap bersembunyi saat wisatawan datang.

4. Dekat dengan akomodasi

Tak jauh dari kawasan wisata Gunung Nglanggeran, mudah ditemukan akomodasi yang bisa disewa. Anda bisa menikmati Jogja lebih lama dan beristirahat sejenak. Harga yang ditawarkan cukup ramah di kantong dan memudahkan Anda memilih akomodasi yang Anda sukai.

Situs gunung api purba Nglanggeran

Gunung Purba Nglanggeran terletak di Nglanggeran Wetan, Kecamatan Patuk, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Jarak dari pusat kota kurang lebih 16 kilometer. Untuk mencapai tempat ini Anda memerlukan waktu 30 menit hingga satu jam.

Akses menuju kawasan pegunungan purba sendiri dinilai baik. Pendaki dapat melakukan perjalanan dengan nyaman. Karena sepeda motor, mobil, dan bus besar bisa mengakses tempat parkir yang tersedia.

Jalan yang bisa diambil

Untuk menuju lokasi Gunung Nglanggeran, Anda bisa memilih dua jalur berbeda. Keluar dari kota Wonosari, melewati Bundaran Sambipitu dan belok kanan menuju Dusun Bopung (Pusat Kerajinan Topeng).

Kemudian berkendara menuju desa Nglanggeran dan menempuh jarak 20 kilometer untuk mencapai tempat tersebut. Jika Anda dari kota Yogyakarta, Anda dapat mengambil jalan menuju Wonosari dan berkendara menuju Piyungan hingga tiba di Bukit Bintang Patuk.

Sesampainya di sana, belok kiri dari Radio GCD FM menuju Desa Ngoro-Oro sejauh tujuh kilometer. Kemudian berkendara menuju Desa Nglanggeran dan menempuh jarak 25 kilometer hingga bertemu dengan Pendopo Joglo Kalisong atau Gunung Nglanggeran.

Harga tiket gunung api purba Nglanggeran

Wisatawan yang ingin mendaki bisa merogoh kocek sebesar Rp15.000 pada siang hari dan Rp20.000 pada malam hari. Selain itu, setiap pengunjung yang membawa kendaraan wajib membayar biaya parkir sebesar Rp 2.000 untuk sepeda motor dan Rp 5.000 untuk mobil.

Jam operasional

Pemerintah Gunung Nglanggeran tidak memberlakukan jam operasional khusus bagi wisatawan. Oleh karena itu, Anda bisa datang kapan saja dan menikmati keindahan alam Yogyakarta dari puncak Puncak Nglanggeran.

Aktivitas di Gunung Api Purba Nglanggeran

Gunung Nglanggeran menawarkan panorama indah yang tidak pernah terpikirkan oleh Anda. Dari atas bisa menikmati persawahan, rumah warga, waduk dan deretan bebatuan. Anda juga bisa melakukan banyak aktivitas menarik dari Gunung Nglanggeran.

1. Mendaki gunung

Pengunjung selalu bersemangat ketika datang ke sini. Pasalnya jalur pendakian di Gunung Nglanggeran tidak terlalu sulit. Anda hanya membutuhkan waktu sekitar satu jam hingga satu setengah jam untuk mencapai puncak barat Gunung Nglanggeran.

Perjalanan dapat dilakukan secara mandiri atau dengan pemandu. Jika Anda membutuhkan pemandu, harap informasikan kepada petugas tiket di kantor informasi. Mereka akan membantu Anda mencapai puncak dan memberi Anda beberapa saran sebelum pendakian dimulai.

2. Menikmati matahari terbit dan terbenam

Menurut pengelola, Gunung Nglanggeran merupakan tempat terbaik untuk menyaksikan matahari terbit. Anda bisa menikmati pemandangan tersebut dengan memulai pendakian pada pukul 5 pagi WIB agar tidak melewatkan momen tersebut. Pastikan memakai alas kaki yang nyaman agar tidak mengganggu pendakian.

Selain itu perjalanan matahari juga tampak indah dari puncak Gunung Nglanggeran hingga peristirahatannya. Tepat di atas kepala kita, langit bermandikan warna jingga. Anda bisa menikmati matahari terbenam dengan duduk santai di lantai atas. Namun, jangan lupa membawa senter untuk turun.

3. Berkemah

Bahkan di gunung api purba Nglanggeran, pengelola menyediakan tempat perkemahan dimana wisatawan bisa mendirikan tenda. Namun disarankan untuk membawa perlengkapan camping dari rumah karena pihak pengelola tidak membuka persewaan perlengkapan camping.

4. Keluar

Apakah Anda ingin merasakan perasaan lebih dekat dengan alam? Anda bisa membeli paket sekali jalan dan menghabiskan beberapa jam di kawasan Gunung Nglanggeran. Dengan membayar Rp130.000 per orang, wisatawan bisa menikmati tantangan alam yang memacu adrenalin.

5. Berburu Foto

Aktivitas yang tidak boleh dilakukan tanpa liburan, tentu saja fotografi. Entah itu mengabadikan momen bersama orang tercinta atau mengambil beberapa foto dari puncak Nglanggeran. Dari atas sana Anda dapat mengambil foto alam dan formasi batuan yang menakjubkan.

6. Menerbangkan drone

Bagi seorang konten kreator, panorama yang ditawarkan Gunung Nglanggeran bagaikan harta karun yang baru ditemukan. Dari atas, Anda bisa menerbangkan drone untuk mengabadikan keindahan di sini. Dijamin, pemandangan alam yang Anda terima akan berkali-kali lipat lebih indah.

Fasilitas tersedia

Fasilitas yang disediakan pihak administrasi sudah cukup untuk menunjang aktivitas pengunjung. Semuanya tersedia mulai dari tempat parkir, toilet, musala, restoran, outbond, tempat perkemahan, toko oleh-oleh, pusat informasi hingga pos kesehatan yang lengkap.

Menutup

Gunung api purba Nglanggeran patut dicoba bagi Anda yang baru pertama kali mendakinya. Pasalnya, durasi pendakian yang relatif singkat bisa menjadi pemanasan pertama yang menyenangkan. Pendakian menuju puncak dengan panorama alam yang indah dijamin sepadan.

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button